RESEP
28 Mei 2018

Inspirasi Menu Buka Puasa : Sup Miso

Kuahnya pas untuk santapan buka puasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Mama penggemar sup jepang yang satu ini? Sup miso adalah sup berbahan dasar dashi, yaitu kaldu hasil rebusan rumput laut yang dikeringkan dan serutan ikan cakalang. Sup ini biasanya diisi dengan masakan laut dan sayur-sayuran, tidak lupa tofu yang lembut untuk memanjakan lidah Mama.

Miso sendiri adalah bumbu Jepang hasil fermentasi beras atau kacang kedelai yang sering digunakan sebagai bumbu masakan Negeri Sakura itu.

Untungnya, sekarang miso bisa ditemukan di toko-toko swalayan dalam kemasan yang praktis. Jadi, tidak perlu khawatir kalau Mama ingin menjadikan sup miso sebagai menu buka puasa kali ini. Apalagi di Jepang, sup ini berfungsi sebagai penyeimbang protein dan garam sehingga pas dimakan setelah berjam-jam puasa.

Baca Juga : 5 Makanan Penuh Nutrisi Super

Bahan Dashi:

  • 1 liter air
  • 2 inci rumput laut kering
  • 150 gram ikan cakalang, serut

Bahan Sup Miso:

  • 400 gram udang, kupas kulit dan kepalanya lalu rebus selama 15 menit
  • 400 gram tofu atau tahu sutra
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 sendok makan bumbu miso

Cara Membuat:

1. Tahap pertama - membuat dashi:

Sediakan panci, campurkan air dengan rumput laut kering ke dalamnya, lalu masak hingga mendidih. Tambahkan ikan cakalang, diamkan kembali sampai air mendidih. Jika sudah, saring air kaldu untuk kuah sup miso.

2. Tahap kedua - membuat sup miso:
Masukkan kembali kaldu dashi ke dalam panci. Tambahkan miso dan udang, lalu aduk hingga tercampur rata.
Potong tofu menjadi kotak-kotak kecil (sesuaikan selera). Setelah itu, letakkan tahu dan daun bawang dalam mangkuk. Tuangkan kaldu dashi ke dalam mangkuk.
Sup miso siap dihidangkan dengan nasi putih hangat.

Tidak hanya udang, Mama bisa menggunakan cumi, jamur, kentang, lobak, dan sayuran lainnya ke dalam sup miso. Kira-kira sup miso seperti apa yang Mama suka?

(DAN)

Artikel Terkait