RUPA-RUPA
2 Maret 2017

International Women’s Day 2017: #BeBoldForChange

Yuk, cari tahu fakta seputar hari spesial ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Apakah Mama tahu bahwa setiap tanggal 8 Maret dunia memperingati International Women's Day (IWD) atau yang dikenal juga dengan Hari Perempuan Internasional? Hari besar ini awalnya diadakan untuk memperingati keberhasilan kaum wanita dalam bidang ekonomi, politik dan sosial.

Gagasan mengenai perayaan ini sudah ada sejak tanggal 28 Februari 1909 di Amerika Serikat. Namun, seiring berjalannya waktu, dan semakin banyaknya gerakan serupa di negara-negara lain di seluruh dunia, maka pada tahun 1975 PBB mulai merayakan IWD setiap 8 Maret.

Tahun ini IWD mengangkat tema #BeBoldForChange. Ini adalah panggilan untuk semua wanita di dunia untuk bisa aktif berbicara dan melakukan perubahan untuk membuat dunia lebih terbuka terhadap kesetaraan gender. Jadi, selama seminggu penuh Mama bisa ikut berpartisipasi untuk membuat IWD lebih bergema, dengan cara memposting apapun yang bersifat memuliakan sosok wanita. Jangan lupa untuk menggunakan beberapa hestek ini: #MakeItHappen #womensday #IWD2017 #internationalwomensday #beboldforchange.

Fakta Seru Seputar Perayaan IWD

  1. Meskipun awalnya IWD ini lebih identik dengan gerakan sosial, ekonomi dan politik, namun seiring berjalannya waktu perayaannya berubah, lho. Di beberapa negara, mereka merayakan hari ini dengan menunjukkan rasa sayangnya kepada para wanita. Semacam gabungan antara Valentine's Day dan Mother's Day.
  2. Ada banyak negara yang menjadikan IWD sebagai hari libur nasional, yaitu China (hanya untuk wanita), Mongolia. Vietnam, Afgahanistan, Ukraina, Rusia dan Laos.
  3. Di Italia, Rusia dan Albania, para pria memberikan bunga yellow mimosa dan cokelat kepada wanita sebagai simbol perayaan IWD.
  4. Di Taiwan, pemerintahnya mengeluarkan survey tahunan untuk mengetahui ukuran pinggang para penduduk wanita. Pemerintah Taiwan juga mengingatkan para wanita mengenai berat badan dan hubungannya dengan kesehatan.
  5. Di negara-negara Eropa Timur ibu bekerja akan mendapatkan hadiah dari anak buahnya. Anak sekolah pun membawakan hadiah untuk guru wanita mereka.
  6. Pada perayaan IWD ke-100, perusahaan penerbangan Air India dan Air France melakukan kampanye “female-only crews” untuk beberapa penerbangan. Pada tahun 2010, Air India memiliki 22 orang pilot wanita. Sementara itu Air France mengatakan kalau 7% dari 4.200 pilotnya adalah wanita.
  7. Tema tahun ini #BeBoldForChange adalah kelanjutan dari Women's March yang diadakan di Washington DC, 21 Januari 2017 sebagai protes saat inagurasi Presiden Donald Trump.

Wah, ternyata banyak IWD ini dirayakan besar-besaran di banyak negara ya, Ma. Nah, apakah Mama sudah punya rencana seru untuk merayakannya? Yuk, berbagi cerita di halaman komen di bawah ini.

<ARK>

Artikel Terkait