FASHION & BEAUTY
31 Juli 2020

Iritasi karena Makeup, Ini Penyebabnya Moms

Moms, ketahui penyebab iritasi karena makeup yang bisa membahayakan kesehatan kulit.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Makeup yang Moms gunakan dalam berbagai acara digunakan untuk mempercantik dan membuat tampilan menjadi menarik. Tetapi, ada risiko terjadinya iritasi karena makeup.

Menurut DermNet NZ, pada dasarnya makeup tidak boleh mengandung bahan obat aktif apa pun yang bisa memengaruhi struktur atau fungsi kulit. Artinya, makeup yang digunakan harus memenuhi persyaratan yang ada.

Lantas, bagaimana apabila Moms mengalami iritasi setelah menggunakan produk makeup tertentu, seperti bedak, lipstik atau bahkan maskara?

Reaksi kulit pada makeup memang bisa berbeda-beda. Nah, sebaiknya simak penjelasan berikut ini. Terpenting adalah, segera hentikan pemakaian makeup yang membuat kulit menjadi iritasi.

Baca Juga: Waspada, 4 Makeup Ini Berbahaya untuk Ibu Hamil

Gejala Iritasi Karena Makeup

penyebab iritasi karena makeup

Foto: Orami Photo Stock

Pada dasarnya, iritasi karena makeup masuk ke dalam kategori dermatitis kontak. Pada jangka pendek, kondisinya disebut dermatitis kontak iritan, tapi bisa juga berkembang menjadi dermatitis kontak alergi.

Dilansir dari Cleveland Clinic, reaksi iritan dapat terjadi setelah paparan tunggal atau setelah paparan berulang dari waktu ke waktu, sedangkan dibutuhkan paparan bahan kimia yang sama untuk berkembang menjadi alergi.

Gejala yang dapat terlihat, seperti bercak gatal dan terasa menyengat, muncul ruam merah, serta muncul lepuh.

Reaksinya juga macam-macam, bisa muncul dalam beberapa menit atau beberapa jam setelah terpapar. Tentunya apabila semakin kuat iritasi, maka semakin cepat reaksi yang muncul.

Baca Juga: Iritasi Kulit karena Parfum, Apa Sebabnya?

Penyebab Iritasi Karena Makeup

Moms, ketahui beberapa penyebab iritasi karena makeup yang bisa terjadi, yaitu

1. Perhatikan Kandungan Makeup

Iritasi karena Makeup, Ini Penyebabnya Moms-2.jpg

Foto: freepik.com

Pernah merasakan gatal pada mata setelah seharian memakai eyeshadow? Atau muncul ruam merah setelah memakai produk foundation tertentu?

Nah, coba perhatikan kandungan yang terdapat dalam produk-produk makeup tertentu. Jika muncul reaksi iritasi secara langsung, maka bisa jadi kandungan di dalamnya memang menjadi pemicu alergen.

Jika makeup mengandung bahan logam seperti nikel dan kobalt atau bahan pengawet seperti paraben dan methylisothiazolinone, maka juga termasuk ke dalam daftar alergen.

Bila produknya juga mengandung bahan wewangian tertentu, dapat memicu iritasi pada kulit. Hal ini semakin berisiko apabila Moms memiliki kulit sensitif.

Baca Juga: Apa Dampak Memakai Sunscreen yang Sudah Kedaluwarsa?

2. Makeup yang Kedaluwarsa

Iritasi karena Makeup, Ini Penyebabnya Moms-3.jpg

Foto: freepik.com

Makeup yang sudah kedaluwarsa atau expired sebaiknya tidak digunakan lagi, ya, Moms! Ini bisa menjadi penyebab iritasi karena makeup. Seiring bertambahnya usia, bahan-bahan di dalam produk makeup juga mulai rusak.

Terutama untuk beberapa produk yang berbentuk krim, gel atau bubuk, maka bisa berisiko alami kontaminasi setelah dibuka. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya iritasi kulit jika tetap dipakai.

“Usia produk makeup sangat berpengaruh. Hal lain yang juga mulai terjadi seperti bahan pengawet yang mulai rusak, sehingga bisa memunculkan banyak bakteri,” ungkap Jessica Mae, pendiri dan direktur kreatif untuk WarPaint International Beauty Agency di Minneapolis, mengutip The Healthy.

3. Sistem Kekebalan Tubuh Jadi Sensitif

Iritasi karena Makeup, Ini Penyebabnya Moms-4.jpg

Foto: freepik.com

Pernahkah Moms mengalami iritasi karena lipstik tertentu, padahal beberapa bulan sebelumnya tidak mengalami masalah apa pun?

Nah, hal semacam ini juga bisa terjadi karena sensitivitas kita pada produk tersebut mungkin berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Dampaknya, muncul iritasi karena makeup.

“Semakin sering menggunakan makeup, maka sistem kekebalan tubuh akan semakin peka terhadap kandungan di dalamnya. Ada waktunya, tubuh menjadi peka terhadap produk tertentu, yang akhirnya menimbulkan iritasi,” ungkap Dr. Purvi Parikh, ahli alergi dan imunologi di Allergy Asthma Network dan NYU School of Medicine, mengutip SELF.

Hal ini akan semakin parah apabila sebelumnya Moms sudah memiliki penyakit kulit, seperti eksim atau psoriasis.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya iritasi karena makeup. Tentunya, bukan seberapa mahal makeup yang digunakan, namun Moms harus mampu mengutamakan kesehatan kulit.

Artikel Terkait