3-12 BULAN
6 Oktober 2020

Jadwal Makan Bayi Usia 7 Bulan: Porsi, Tips, dan Ide Lengkapnya!

Menentukan jadwal makan bayi 7 bulan membutuhkan konsistensi hingga akhirnya menjadi kebiasaan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Bayi berusia 7 bulan yang diberi susu formula harus diberikan susu sekitar 6-8 ons yang diberikan 4-6 kali sehari.

Jika masih ASI, Moms bisa menyusui bayi setiap 3 atau 4 jam atau selama Si Kecil menunjukkan tanda ingin menyusui.

ASI atau susu formula memang masih menjadi nutrisi utama untuk bayi.

Meski begitu, bayi yang mulai terbiasa dengan makanan padat sebagai makanan pendamping ASI mulai mengembangkan kemampuan makannya dari puree kepada makanan yang lebih kental dan bertekstur lembut.

Baca Juga: Referensi Panduan Jadwal Makan Bayi 6-12 Bulan

Porsi Makan Bayi 7 Bulan

Jadwal Makan Bayi 7 Bulan -1

Foto: Orami Photo Stock

Memasuki usia 7 bulan, bayi harus memiliki jadwal makan makanan padat.

Hal ini karena Si Kecil harus mulai mendapatkan tiga kali makanan padat setiap hari.

Bergantung pada bayi, sekali makan mungkin hanya sesendok satu atau dua sendok makan atau sebanyak empat sampai enam ons yang bisa diperkirakan sebanyak delapan hingga 12 sendok makan sendok bayi.

Untuk menunjang tumbuh kembang bayi, Moms juga harus memberikan makanan dengan nutrsi terbaik dan seimbang.

Meski begitu, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat mempersiapkan makanan untuk bayi.

Salah satunya adalah makanan yang berisiko membuat bayi alergi.

Sebelumnya, dokter merekomendasikan pemberian makanan berisiko alergi untuk diberikan saat bayi berusia 9 bulan atau 12 bulan.

Tetapi penelitian alergi makanan yang lebih baru menunjukkan bahwa sebagian besar bayi tidak boleh menghindari makanan alergi sepenuhnya.

Dan faktanya, ini mungkin akan memberi manfaat bagi bayi saat memakannya.

Contohnya saat memberikan putih dan kuning telur untuk bayi. Pengenalan telur yang dimasak pada 6 bulan dapat justru dapat meminimalisir pada alergi. Perubahan ini dapat memiliki efek yang signifikan pada alergi telur dan mungkin alergi makanan secara umum, menurut penelitian dari The Journal of Allergy and Clinical Immunology

Prof. Mary Daniel Lourdes, Head & Senior Consultant, Clinical Services, Department of Child Development, KK Women's and Children's Hospital mengatakan, pada usia 7 bulan bayi sudah terbiasa dengan makanan padat.

“Jangan khawatir jika dia makan makanan kurang padat dari itu, karena bayi yang berbeda berkembang dengan kecepatan yang berbeda,” kata dia.

Berikut ini beberapa makanan padat yang bisa Moms coba berikan untuk Si Kecil:

  • Bubuk makanan bayi dari toples atau kantong, tanpa tambahan gula atau bahan pengawet.
  • Makanan tumbuk yang dimasak seperti kentang, labu, dan wortel.
  • Sereal gandum utuh yang diperkaya dengan zat besi.
  • Buah dan sayuran yang dimasak dan dihaluskan.
  • Kacang-kacangan lunak atau dihaluskan, seperti kacang polong dan lentil.

Dan ini adalah beberapa makanan yang tidak cocok diberikan untuk bayi berusia 7 bulan:

  • Madu. Karena telah dikaitkan dengan botulisme, suatu penyakit yang jarang namun berpotensi fatal jika terkena kepada bayi.
  • Susu sapi. Karena sulit dicerna dan dapat memicu reaksi alergi.
  • Kacang keras, buah-buahan kecil, dan anggur yang bisa menyebabkan bahaya tersedak.
  • Makanan olahan dan makanan dengan tambahan gula, karena tidak sehat dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan serta diare.

Jadwal Makan Bayi 7 Bulan

Jadwal Makan Bayi 7 Bula

Foto: Orami Photo Stock

Kabutuhan nutrisi bayi akan meningkat setelah bulan. Bayi yang disusui membutuhkan lebih banyak energi dari sumber makanan kaya zat besi, fluoride, dan sekitar 400 IU per hari vitamin D untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat.

Tentu saja, sebelum Moms mulai memberi jadwal pemberian makanan untuk bayi berusia 7 bulan, Moms harus memastikan bahwa bayi sudah siap makan . Salah satu pertimbangannya bagaimana bayi merespons makanan saat berusia bulan.

Setelah mengetahui jenis makanan yang boleh diberikan dan tidak untuk bayi, Moms mungkin bertanya-tanya jadwal makan seperti apa yang cocok untuk bayi Moms yang berusia 7 bulan. Sebab, membuat jadwal makan akan membantu Moms mempersiapkan waktu makan .

Dini hari: Susui bayi saat pertamakali dia terbangun.

Pagi: Susui bayi sebanyak 150 ml ASI/ Susu formula tepat sebelum memberi makanan padat untuk sarapan. Saat sarapan, Moms bisa memberikan 3-4 sendok makan sereal beras yang dicampur dengan 60 ml ASI/ susu formula

Siang: Susui bayi setelah tidur pagi sebanyak 10 ml ASI/ susu formula. Setelah itu, Moms bisa memberikan ¼ hingga ¾ mangkuk makanan padat.

Sore: Susui bayi sebelum dan sesudah tidur siang sebanyak 180 ml ASI/ Formula.

Malam: Susui bayi sebelum memberi makanan padat. Setelahnya, Moms bisa memberikan ¼ hingga ¾ mangkuk makanan padat.

Sebelum tidur: Susui bayi sebelum menidurkannya.

Jadwal pemberian makan pada bayi berusia 7 bulan untuk bayi yang diberi susu formula akan sedikit berbeda. Bayi yang diberi susu formula harus diberikan enam hingga delapan ons susu formula empat sampai enam kali sehari, dengan makanan padat diberikan tiga kali sehari.

Baca Juga: Tips Menyiapkan Makanan Bayi 6 Bulan Saat Travelling

Tips Menjalankan Jadwal Makan Bayi 7 Bulan

Jadwal Makan Bayi 7 Bulan -3

Foto: Orami Photo Stock

Saat menjalankan jadwal makan untuk bayi saat berusia 7 bulan, Momas akan sedikit merasa kesulitan pada awalnya. Karena hal tersebut akan membutuhkan waktu, kesabaran, dan banyak percobaan dan kesalahan.

Ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk secara bertahap meningkatkan jumlah makanan padat dalam jadwal makan bayi yang berumur 7 bulan ini:

  • Mulailah dari yang Kecil. Tawarkan satu sendok makan sekaligus dan suapi hingga sekitar 12 sendok setiap kali makan.
  • Cobalah untuk melakukan jadwal makan secara rutin dalam waktu yang sama.
  • Perkenalkan makanan baru secara terpisah untuk mengidentifikasi alergi dan intoleransi yang mungkin dimiliki bayi
  • Yang terbaik adalah memperkenalkan makanan dari yang paling hambar hingga yang paling manis alami.
  • Berikan makanan dengan tekstur yang berbeda, seperti dihaluskan, ditumbuk, dan padatan lunak.
  • Hindari menyajikan makanan keras, bundar, atau lengket yang bisa menimbulkan bahaya tersedak. Moms bisa menjadikannya sebagai potongan-potongan lebih kecil.

Baca Juga: Redakan Diare dan Muntah pada Bayi dengan Makanan Ini

Tekstur Makanan Bayi 7 Bulan

Jadwal Makan Bayi 7 Bulan -4

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms mulai memberikan makanan padat dengan pure, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai beralih ke makanan bertekstur tumbuk dan kental.

Tekstur ini akan membantu bayi belajar mengunyah yang akan membantu rahang dan mulut bayi berkembang dengan baik. Selain itu, membiasakannya dengan tekstur yang berbeda sekarang dapat membantunya menikmati berbagai makanan saat tumbuh nanti.

Gusi bayi sebenarnya keras, jadi Si Kecil tidak perlu gigi untuk dikunyah saat ini. Buah-buahan dan sayuran yang dihaluskan atau ditumbuk dan sereal bayi gandum utuh bisa menjadi makanan yang masuk dalam jadwal makan bayi saat berusia 7 bulan.

Pada usia 7 bulan, bayi mungkin belum mengembangkan genggaman menjepit yang dibutuhkan untuk mengambil fingerfood. Saat bayi siap, pastikan makanannya sangat lunak dan dipotong sangat kecil, sehingga bayi bisa lebih mudah mengunyahnya dengan gusinya.

Jika Moms telah mengayak makanannya, saring sebagian besar pure, tetapi biarkan sedikit di satu sisi; tumbuk bagian ini secara menyeluruh dengan garpu, lalu campur ke dalam makanan yang sudah diayak. Ini akan menghasilkan pure yang bertekstur namun tetap aman untuk bayi usia 7 bulan.

Dilansir BabyCentre, membiarkan bayi menikmati makanannya akan membuat bayi memiliki waktu untuk menjelajah dan merasakan tekstur makanannya dengan jari-jarinya.

Baca Juga: Pilihan Makanan Saat Hamil Dapat Pengaruhi Warna Kulit Bayi Saat Lahir, Mitos atau Fakta?

Ide Makanan Bayi 7 Bulan

Jadwal Makan Bayi 7 Bulan -5

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa makanan ini bisa sebenarnya bisa diperkenalkan sebagai pure. Namun, saat masuk sebagai menu dalam jadwal makan untuk bayi saat usia 7 bulan, Moms bisa lebih memvariasikannya.

  • Gandum . Tentu sereal beras merah dan bubur beras merah adalah makanan yang yang baik untuk bayi. Moms juga bisa membuat sereal berbahan besi lainnya yang terbuat dari gandum utuh lainnya seperti millet yang juga sumber vitamin dan mineral.
  • Sayur-sayuran. Jika wortel, labu, bayam sudah dikenalkan, Moms bisa menyajikan sayuran lain seperti butternut squash atau brinjal. Keduanya bisa dikukus hingga empuk untuk kemudian ditumbuk. Brokoli dan kembang kol juga merupakan opsi sayuran mashable yang merupakan sumber vitamin C yang baik.
  • Buah-buahan. Jika bayi sudah mengenal rasa buah yang manis, Moms bisa mengenalkan rasa buah tart seperti ceri atau prem yang dihaluskan. Cobalah memberi makan bayi makanan yang sedikit asam.
  • Alternatif daging. Jika biasanya protein bisa didapatkan dari ayam, Moms bisa mencoba memberi bayi jenis yang lain. Moms bisa mencoba memberikan protein dari kacang tumbuk atau kacang merah. Ikan seperti salmon dan cod juga menjadi pilihan yang baik.

Moms bisa memberikan sereal gandum dengan susu formula/ ASI dengan ceri kental sebagai sarapan. Untuk makan siang dan malam, Moms bisa menyajikan bubur beras merah labu yang dihaluskan. Atau, bubur beras merah dengan buncis tumbuk dan kembang kol tumbuk dan sesendok makan plum kental jugaa bisa menjadi pilihan sarapan yang enak dan bergizi.

Pilihan untuk disajikan sebagai makan siang, Moms bisa memberikan bubur beras merah dengan labu tumbuk butternut dan ikan cod tumbuk. Untuk malam, sajikan sereal millet dengan apel dan bayam yang ditambah dengan ayam yang ditumbuk halus.

Jika Moms membuat makanan bayi sendiri, pastikan untuk menyiapkannya tanpa minyak. Beberapa metode memasak yang bagus adalah mengukus, merebus, memanggang, atau menggunakan microwave.

Selain itu, bayi usia 7 bulan belum boleh diberikan tumisan atau makanan yang dipanggang. Jangan lupa untuk tidak menambahkan gula, garam, dan bumbu lainnya saat menyiapkan makanan untuk Si Kecil. Mengukus adalah cara sehat untuk menyiapkan makanan bagi bayi Moms yang berusia 7 bulan.

Jika bayi tidak tertarik pada makanan tertentu, jangan memaksanya. Lihat bagaimana bayi makan beserta porsinya untuk menentukan jadwal makan bayi usia 7 bulan.

Baca Juga: Perhatikan Baik-Baik, Inilah 6 Makanan yang Harus Dihindari Bayi dan Alasannya

Artikel Terkait