KEHAMILAN
6 Juli 2019

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut selama Hamil dengan Makanan Ini

Rawat kesehatan gigi dan mulut selama masa kehamilan dengan konsumsi jenis makanan berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Masa kehamilan adalah momen yang berharga bagi setiap ibu yang menantikan kelahiran calon buah hatinya. Tentunya, setiap ibu juga ingin yang terbaik untuk kesehatan anaknya kelak, sehingga selalu memerhatikan kehamilan dengan baik. Termasuk di antaranya adalah memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

Faktanya, setiap makanan yang Moms konsumsi dapat memengaruhi kesehatan tubuh dan janin. Jadi, pastikan Moms mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang saat masa kehamilan.

Secara umum, pada trimester awal kehamilan, janin masih berukuran kecil dan Moms baru membutuhkan tambahan kalori baru 300 kalori setiap harinya. Memasuki trimester kedua, kebutuhan kalori meningkat menjadi 350 kalori setiap harinya. Pada trimester ketiga, kebutuhan tambahannya menjadi 450 kalori.

Moms perlu memerhatikan tambahan kalori yang tepat agar tidak terjadi kelebihan berat badan dan memilih jenis makanan yang tepat juga agar hanya sekadar kalori yang bertambah.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Ibu Hamil

Makanan Memengaruhi Kesehatan Gigi dan Mulut selama Hamil

Makanan yang Dikonsumsi Ibu Hamil untuk Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi-1.jpg

Foto: medicalnewstoday

Setiap ibu hamil perlu memilih makanan dengan gizi seimbang yang memiliki asupan vitamin, protein, lemak, karbohidrat. Hal ini untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh ibu dan juga janin dalam kandungan.

Faktanya, selain memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, konsumsi makanan yang tepat juga berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut selama hamil.

Saat hamil, Moms akan sering mengalami masalah pada rongga mulut. Penyebabnya adalah peningkatan dan perubahan kadar hormon, sehingga sering terjadi beberapa masalah seperti gusi membengkak dan berdarah, sisa-sisa makanan yang terselip dan menjadi infeksi.

Untuk itu, penting bagi Moms memilih makanan yang menunjang kesehatan gigi dan mulut selama hamil. Pasalnya, infeksi pada gigi bisa berdampak fatal bagi janin dalam kandungan. Hal ini diungkapkan langsung oleh dokter gigi drg Annisa Sabhrina yang berpraktik di RSIA Cinta Kasih dan Klinik Gigi Griya Gigi Sehat Sabhrina.

“Perawatan gigi penting selama hamil penting untuk dilakukan agar menghindari infeksi rongga mulut yang dapat mengakibatkan kontraksi pada kehamilan sehingga memicu terjadinya kelahiran secara dini,” ujarnya pada Kulwap Orami Community, Kamis (9/5) lalu.

Baca Juga: Yuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Cara Mudah Ini

Makanan yang Mengandung Kalsium

Makanan yang Dikonsumsi Ibu Hamil untuk Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi-2.jpg

Foto: newsbeezer

Makanan yang paling cocok untuk Moms konsumsi saat hamil adalah yang mengandung kalsium. Kalsium dibutuhkan untuk melindungi tulang dan gigi serta memenuhi kebutuhan dari janin.

“Ibu hamil harus tercukupi kadar kalsium hingga proses menyusui. Jika kadar kalsium tidak tercukupi, tubuh akan mengambil dari tulang maupun gigi sehingga kondisi ini yang membuat gigi lebih rapuh,” ujar drg. Annisa.

Drg Annisa juga mengungkapkan jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama hamil.

“Moms sebaiknya tingkatkan kadar kalsium selama kehamilan dengan sumber makanan kaya kalsium seperti keju, susu, yogurt, susu kedelai, dan tingkatan vitamin D selama kehamilan. Selain itu, sebaiknya batasi asupan makanan dan minuman manis yang mengandung gula berlebih,” lanjut drg Annisa.

Konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada gigi hingga membuat bau mulut tidak sedap karena plak yang menumpuk pada gigi.

Cara menyiasati keinginan untuk konsumsi makanan manis, Moms bisa menggantinya dengan buah-buah segar yang mengandung banyak air sebagai camilan selama hamil.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mulut, Yuk Ketahui Dulu 3 Macam Obat Kumur

Selain memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, pastikan juga Moms secara rutin kontrol ke dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi yang tepat sesuai usia kehamilan, ya.

Jaga selalu kesehatan gigi dan mulut selama hamil agar janin juga terjaga kesehatannya ya Moms!

(DG)

Artikel Terkait