PASCA MELAHIRKAN
1 Januari 2020

Jahitan Lepas Usai Melahirkan Normal Dapat Terjadi, Ketahui Pencegahan dan Penanganannya

Merawat luka jahitan adalah hal yang penting
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Apakah Moms pernah mengkhawatirkan jahitan lepas usai persalinan normal? Banyak calon ibu yang memiliki keinginan untuk dapat melahirkan normal. Persalinan normal merupakan proses di mana janin dalam kandungan dilahirkan lewat vagina.

Meskipun kecil kemungkinan proses persalinan normal melibatkan operasi, tetapi dalam melakukan persalinan normal juga dapat terjadi komplikasi.

Menurut American Journal of Perinatology (2011), sekitar 10 persen wanita melakukan persalinan pervaginam atau persalinan normal, akan mengalami beberapa jenis komplikasi.

Salah satu komplikasi melahirkan normal termasuk kecenderungan kulit dan jaringan di sekitar vagina akan meregang dan robek. Jika hal ini terjadi, tentunya butuh untuk dijahit.

Lalu, adakah risiko jahitan lepas usai melahirkan normal? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Rasa Gatal di Bekas Jahitan Caesar

Kemungkinan Jahitan Lepas Usai Melahirkan Normal

jahitan lepas usai melahirkan normal-1.jpg

Foto: 1life.co.za

Menurut dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, RS Pondok Indah - Pondok Indah, akan ada kemungkinan bahwa jahitan dapat lepas usai persalinan normal.

"Jahitan lepas usai melahirkan normal mungkin saja terjadi. Ciri-ciri jahitan lepas yaitu luka terasa lebih perih, pada beberapa keadaan bisa terjadi perdarahan segar dan luka terbuka," jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Yuslam mengatakan bahwa ada beberapa penyebab lepasnya jahitan pasca persalinan normal.

"Penyebab dari lepasnya jahitan adalah simpul benang terbuka karena simpul kurang kuat, benang terputus sebelum waktunya, terjadi trauma seperti terjatuh dan terpeleset saat selesai operasi, dan infeksi," jelasnya.

Baca Juga: 4 Nutrisi Agar Jahitan Melahirkan Cepat Pulih

Pencegahan dan Penanganan Jahitan Lepas Usai Melahirkan Normal

jahitan lepas usai melahirkan normal-2.jpg

Foto: businessinsider.com

Dokter Yuslam juga menjelaskan bentuk pencegahan seperti apa yang bisa dilakukan agar Moms tidak mengalami jahitan lepas usai melahirkan normal yang cukup meresahkan.

Salah satunya cara pencegahannya yaitu dengan merawat luka jahitan tetap bersih dengan rajin membersihkannya.

"Pencegahan agar tidak lepas jahitannya, luka perlu dijaga tetap bersih. Bila perlu, berikan kompres antiseptik atau salep antibiotik. Setelah proses persalinan, ibu harus lebih berhati-hati saat berakivitas," terangnya.

Baca Juga: 4 Hal Penting untuk Bertahan Menghadapi Depresi Pascapersalinan

Untuk penanganan jahitan lepas usai melahirkan normal juga tidak berbeda jauh dengan bentuk pencegahannya. Moms bisa mengompres luka jahitan dan menjaga kebersihan lukanya.

"Penanganannya apabila jahitannya sudah lepas, lakukan kompres luka dengan obat antiseptik. Jaga kebersihan luka dan sekitarnya," terang dr. Yuslam.

Ia juga menyarankan, apabila luka jahitan lepas usai melahirkan normal semakin terasa perih atau nyeri, sebaiknya lakukan kontrol ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Artikel Terkait