KESEHATAN
29 Oktober 2019

Jamur di Usus Bisa Memicu Kanker Pankreas, Benarkah?

Ternyata jamur yang berkembang di usus bias menyebabkan kanker pankreas
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak orang belum menyadari bahwa penyebab kanker pankreas bisa bermacam-macam. Salah satunya bisa berasal dari jamur yang ada di dalam tubuh, khususnya jamur dari usus.

Sayangnya, beberapa orang lebih mengaitkan jamur dari usus dengan masalah pencernaan dan sejenisnya. Begitu pula kanker pankreas yang biasanya dikaitkan dengan penyakit diabetes.

Padahal seseorang bisa menderita kanker pankreas akibat jamur dari ususnya. Jamur dari usus ini bisa memasuki saluran pankreas yang berfungsi untuk menyalurkan cairan pencernaan ke usus.

Apa Itu Kanker Pankreas?

Jamur di Usus Bisa Memicu Kanker Pankreas - apa itu kanker pankreas.jpg

Foto: pixabay.com

Kanker pankreas adalah penyakit berasal dari sel-sel ganas yang terbentuk di jaringan pankreas. Melansir dari cancer.org, pankreas adalah kelenjar yang terletak di belakang lambung dan di depan tulang belakang.

Pankreas menghasilkan cairan pencernaan dan hormon yang mengatur gula darah. Jenis kanker pankreas paling umum yakni adenokarsinoma pankreas yang berasal dari pertumbuhan sel eksorin di luar kendali.

Sebagian besar pankreas terdiri dari sel eksorin yang membentuk kelenjar dan saluran eksorin. Kelenjar eksorin inilah yang membuat enzim pankreas dilepaskan ke usus untuk membantu mencerna makanan.

Adapula sel endokrin yang membentuk sel-sel di pankreas lebih sedikit dari sel eksorin. Sel-sel ini membuat hormon penting seperti insulin dan glukagon yang mengontrol kadar gula darah. Biasanya tumor neuroendokrin pankreas berasal dari pertumbuhan sel endokrin.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kanker pankreas termasuk 10 kanker paling umum yang menyerang pria dan wanita di Amerika Serikat.

National Cancer Institute (NCI) juga memperkirakan bahwa hanya 9,3% orang dengan kanker pankreas yang mampu bertahan 5 tahun atau lebih setelah didiagnosis.

Bagaimana Jamur dari Usus Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas?

Jamur di Usus Bisa Memicu Kanker Pankreas - bagaimana jamur  tingkatkan risiko kanker.jpg

Foto: pixabay.com

Semua jamur yang berada di dalam tubuh dapat memengaruhi kesehatan manusia. Sebuah penelitian yang dilansir dari medicalnewstoday.com, mengungkapkan bahwa jamur yang hidup atau berkembang di usus dapat memicu kanker pankreas.

Dalam jurnal Nature baru-baru ini, para peneliti telah menggambarkan dan menyelidiki proses jamur usus menyebabkan kanker pankreas. Tim menemukan bahwa spesies jamur tertentu di usus dapat memasuki saluran pankreas.

Dr. Miller dan rekannya melalui penelitian terbaru juga telah menganalisis sampel feses dari tikus dengan dan tanpa pankreas adenokarsinoma duktal (PDA) selama 30 minggu.

Mereka menemukan bahwa kanker pankreas terkait dengan jumlah komposisi jamur di dalam tubuh. Salah satunya jenis jamur malassezia yang dikaitkan dengan jaringan kanker.

"Kami telah menemukan bahwa jamur malassezia yang umumnya ditemukan pada kulit kepala berkaitan dengan peningkatan risiko kanker kulit dan kanker usus besar," kata Deepak Saxena, Ph. D, seorang profesor di College of Dentistry di NYU.

Eksperimen lebih lanjut mengungkap bahwa kanker pankreas meningkat 20 persen lebih cepat ketika ada jamur malassezia dalam organ tubuh.

Para peneliti lainnya juga mengatakan malassezia meningkatkan risiko kanker pankreas dengan memicu kaskade pelengkap, yakni mekanisme kekebalan tubuh.

Penyebab Kanker Pankreas Lainnya

Jamur di Usus Bisa Memicu Kanker Pankreas - penyebab kanker pankreas lainnya.jpg

Foto: pixabay.com

Saat ini belum diketahui jelas penyebab umum kanker pankreas. Tetapi, sejumlah dokter telah mengidentifikasi faktor-faktor seperti merokok bisa meningkatkan risiko kanker pankreasn.

Melansir dari mayoclinic.org, adapun faktor-faktor lain yang meningkatkan risiko kanker pankreas, seperti riwayat penyakit keluarga, obesitas, perokok aktif, usia di atas 65 tahun.

Sebuah penelitian besar menunjukkan bahwa kebiasaan merokok, diabetes dan pola makan buruk bisa meningkatkan risiko kanker pankreas di luar faktor tersebut.

Nah, sekarang Moms paham dengan hubungan antara jamur di usus dengan kanker pankreas, kan? Untuk mengetahui lebih jauh info-info lainnya mengenai kanker yang bisa menyerang, simak tautan di bawah ini ya, Moms.

5 Hal Ini Merupakan Penyebab Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai

Yuk Moms Pelajari Jenis-jenis Kanker Payudara

Ini Dia Penyebab dan Jenis-jenis Kanker Tenggorokan

(SA/DIN)

Artikel Terkait