TREN
19 Maret 2018

Jangan Asal Pakai, Ketahui 8 Jenis Pisau Beserta Fungsinya

Penggunaan pisau yang tidak sesuai dengan fungsinya justru dapat menghambat kegiatan memasak di rumah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Berbelanja pisau dan aksesoris memang sangat diperlukan, sebab peralatan memasak ini akan sangat Moms butuhkan untuk menyiapkan aneka hidangan lezat bagi keluarga tercinta.

Akan tetapi, berhati-hatilah saat memilih pisau dan akesoris yang akan dibeli. Sebab, penggunaan pisau yang tidak sesuai dengan fungsinya justru dapat menghambat kegiatan memasak di rumah.

Jika Moms kerap bingung dengan banyaknya jenis pisau dan aksesoris yang ada di pasaran, informasi berikut ini akan menjawab seluruh pertanyaan Moms:

Paring Knife

shutterstock 141157057

Pisau dan aksesoris dengan jenis ini sangat cocok digunakan untuk memotong buah dan sayuran menjadi irisan-irisan kecil. Paring knife memiliki mata pisau berukuran 7-10 cm dan ujung yang sangat tajam sehingga dapat dipakai untuk membelah aneka buah maupun sayuran yang memiliki tekstur agak keras.

Utility Knife

Pisau dan aksesoris ini tergolong jenis yang multifungsi karena bisa digunakan untuk memotong apapun, termasuk buah, sayur, dan daging.

Utility knife ini dilengkapi dengan gerigi tajam pada bagian tepinya dengan mata pisau ini berukuran 13 cm. Apabila Moms gemar menyantap sandwich dengan isian daging yang diiris melintang, maka pisau jenis ini sangatlah cocok digunakan.

Bread Knife

shutterstock 410909743

Bread knife alias pisau roti memiliki bagian mata pisau yang bergerigi atau bergelombang namun tidak terlalu tajam.

Pisau ini sangat sempurna jika digunakan untuk memotong roti yang memiliki kulit keras, maupun cake dengan tekstur lembut dan kenyal.

Dengan pisau yang satu ini, dijamin roti akan tersaji dengan potongan yang cantik dan sempurna di atas meja makan.

Baca Juga : 4 Peralatan Dapur yang Harus Rutin Dibersihkan

Carving Knife

Pemotong satu ini memiliki mata pisau berukuran 20-26 cm dan biasanya digunakan untuk melepaskan daging dari tulangnya.

Selain carving knife, ada juga pisau dan aksesori bernama boning knife yang memiliki fungsi serupa namun bentuknya sedikit lebih kecil dengan lengkungan tajam di bagian ujung.

Cleaver

shutterstock 538442521

Pemotong ini memiliki bentuk yang paling besar diantara jenis lainnya dengan mata pisau yang tajam dan tebal.

Pisau dan aksesoris ini umumnya digunakan untuk memotong-motong daging sapi dan juga ayam yang masih mentah. Moms juga bisa menggunakan pisau ini untuk memotong tulang-tulang yang berukuran kecil hingga sedang.

Cook’s Knife

Pisau yang satu ini wajib Moms miliki karena multifungsi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan memasak.

Dengan cook’s knife, Moms dapat memotong beragam bahan makanan dengan ukuran besar maupun kecil sesuai dengan selera.

Nah, itulah 8 jenis pisau dan aksesoris yang banyak tersedia di pasaran. Dengan mengetahui informasi ini, Moms tak perlu lagi bingung dalam menentukan jenis pisau yang akan dibeli. Yuk, segera berburu pisau incaran Moms!

Artikel Terkait