NEWBORN
2 Oktober 2020

5+ Tips Memilih Popok Bayi, Jangan Asal Pilih ya Moms!

Ada banyak faktor yang dipertimbangkan untuk mendapatkan popok yang sempurna
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memilih popok untuk bayi memang gampang-gampang susah ya Moms. Karena itu, penting bagi Moms untuk tahu tips memilih popok bayi. Berikut ulasannya.

Salah satu hal utama yang harus dimiliki orang tua baru setelah buah hatinya lahir adalah popok bayi. Di samping makanan, popok adalah salah satu barang paling penting yang dibutuhkan bayi setiap saat.

Membeli dan memilih popok bayi kelihatannya memang mudah. Hanya perlu pergi ke toko perlengkapan bayi atau membelinya secara online.

Tetapi bagi orang tua baru, sering kali tugas yang satu ini bisa menjadi sangat menegangkan sekaligus membingungkan.

Baca Juga: 5 Alasan Untuk Memilih Popok Sekali Pakai Dibanding Popok Kain

Ada banyak faktor yang dipertimbangkan untuk mendapatkan popok yang sempurna, termasuk keamanan dan kenyamanan bayi.

Tips Memilih Popok Bayi

Apakah Moms juga merasakannya? Tenang, di bawah ini telah kami siapkan beberapa tips memilih popok bayi yang tepat.

1. Popok dengan Daya Serap Tinggi

Popok dengan Daya Serap Tinggi

Foto: babygearlab.com

Tips memilih popok bayi yang pertama adalah pilih popok denga daya serap tinggi. Parent Central Network menyebutkan bahwa merasa basah adalah salah satu alasan utama mengapa kebanyakan bayi tidak bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

Jadi, ketika memilih popok bayi, penting untuk mempertimbangkan seberapa cepatnya popok tersebut bisa menyerap air kencing dan memastikan bayi tetap kering.

Untuk mengujinya, cukup tuangkan sedikit air hangat ke popok. Kemudian gunakan tisu toilet untuk menyeka permukaan popok. Apakah tisu toiletnya basah? Ini akan memberi gambaran yang jelas tentang daya serap popok yang Moms pilih.

Popok yang bagus adalah popok yang mampu menyerap cairan dengan cepat dan juga mampu menampung banyak cairan.

Popok yang memastikan Si Kecil tetap kering setidaknya selama 12 jam (waktu yang cukup bagi bayi untuk tidur nyenyak tanpa gangguan).

Baca Juga: Review Popok Goon Pants oleh Moms Orami

GOO.N Slim Tape NB48

27% Rp115.000
Rp83.700
GOO.N Slim Tape NB48

2. Berbahan Lembut, Fleksibel, Fit, dan Memungkinkan Sirkulasi Udara yang Baik

memilih popok bayi yang lembut

Foto: fineartamerica.com

Tips memilih popok bayi yang selanjutnya adalah pilih yang berbahan lembut, fleksibel, fit, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena kulit bayi masih sangat halus dan sensitif, FirstCry Parenting menyarankan agar Moms mempertimbangkan bahan popok yang akan dibeli.

Pastikan popok terbuat dari bahan yang lembut dan mendukung sirkulasi udara yang baik agar bagian tubuh bayi yang tertutup popok tidak lembab.

Selain itu, popok yang dipilih juga harus fleksibel. Popok harus bisa menyesuaikan tubuh bayi agar pas dan nyaman ketika dipakai. Tanpa meninggalkkan bekas kerutan atau ruam pada kulit bayi.

Salah satu penyebab ruam pada kulit bayi adalah jamur. Dilansir dari jurnal U.S. National Library of Medicine, Candida albicans dan Staphylococcus aureus merupakan jenis jamur yang paling sering diisolasi dari daerah yang terkena dan dianggap memiliki peran utama dalam ruam popok bayi akibat jamur.

Goo.N Smile Baby Pants XL38

22% Rp97.300
Rp75.000
Goo.N Smile Baby Pants XL38

3. Popok Kain atau Popok Sekali Pakai?

memilih popok bayi, kain atau pospak

Foto: flo.health

Tips memilih popok bayi yang selanjutnya adalah pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak manfaat menggunakan popok kain dibandingkan popok sekali pakai, tulis The Asian Parent Singapura. Bukan hanya harganya jauh lebih murah, tetapi juga lebih baik bagi lingkungan dan empuk untuk pantat bayi.

Menggunakan popok kain juga memungkinkan Moms untuk menjauhkan berbagai bahan kimia yang ada pada popok sekali pakai dari kulit Si Kecil.

Tetapi popok sekali pakai diciptakan khusus untuk mendukung kenyamanan orang tua modern yang membutuhkan sesuatu yang cepat dan mudah digunakan. Terutama bagi orang tua yang memiliki banyak kesibukan dan tidak sempat untuk mencuci popok kain yang bisa digunakan kembali.

Bagaimanapun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Moms perlu mempertimbangkan pilihan kedua jenis popok ini dengan mempertimbangkan mana yang paling tepat untuk situasi Moms dan keluarga saat ini.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengistirahatkan Bayi dari Popok

4. Sesuaikan dengan Usia Bayi

memilih popok bayi sesuai usia

Foto: babypibu.com

Tips memilih popok bayi yang selanjutnya adalah sesuaikan dengan usia bayi. Menurut BabyGaga, usia bayi adalah faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih popok bayi.

Mereka akan tumbuh seiring waktu, tidak ada bayi yang bisa memakai popok atau pakaian yang sama saat mereka sudah tumbuh lebih besar.

Popok untuk bayi yang lebih tua misalnya, mungkin tidak akan sama dengan popok untuk bayi baru lahir karena mereka sudah tidak terlalu sering lagi mengompol.

Popok yang perlu digunakan biasanya juga lebih disesuaikan untuk mendukung kemudahan bayi dalam bergerak, seperti duduk, merangkak, atau bahkan berjalan.

Goo.N Premium Pants Massara Sara Jumbo M 30

34% Rp110.500
Rp72.900
Goo.N Premium Pants Massara Sara Jumbo M 30

5. Periksa Label Ukuran pada Kemasan Popok

memilih popok bayi sesuai ukuran

Foto: gentlenursery.com

Tips memilih popok bayi yang selanjutnya adalah pilih ukuran yang tepat.

“Pedoman ukuran di samping kemasan popok bayi biasanya mencantumkan berat badan yang disarankan untuk bayi yang mengenakan popok itu. Jika berat Si Kecil berada di ujung bawah skala untuk ukuran popok berikutnya, maka mungkin inilah saatnya untuk membeli yang lebih besar,” kata Dr William Sears, seperti dikutip dari Askdrsears.

Goo.N Smile Baby Night Pants XL17

27% Rp48.500
Rp35.300
Goo.N Smile Baby Night Pants XL17

Baca Juga: Review 4 Popok Bayi Ekonomis oleh Moms Orami, Mana yang Terbaik?

6. Pertimbangkan Budget

tips memilih popok bayi sesuai dengan budget.jpg

Foto: freepik.com

Moms harus mengetahui kebiasan buang air besar Si Kecil sehari-hari supaya bisa mengestimasi berapa banyak popok yang dibutuhkan dalam satu bulan.

Popok dengan harga tinggi belum tentu punya kualitas terbaik lho, Moms. Jadi lebih baik perhatikan fitur-fitur dan keunggulan popok dibanding melihat harganya.

Moms juga bisa membeli beberapa popok kemasan kecil untuk dicoba oleh Si Kecil.

Bila Moms melihat popok tersebut cocok untuk kulitnya, berarti bisa membeli kemasan yang lebih besar.

Goo.N Smile Baby Pants XL20

40% Rp55.000
Rp32.500
Goo.N Smile Baby Pants XL20

Baca Juga: Review Popok Goon Smile Baby oleh Moms Orami

Jika memilih popok bayi berbahan kain, Moms bisa menanyakan ukurannya langsung pada penjualnya untuk memastikan popok yang akan dibeli muat untuk Si Kecil.

Nah, itulah beberapa tips memilih popok bayi yang bisa Moms terapkan.

Memilih popok yang tepat untuk bayi memang tidak mudah, Moms perlu memeriksa secara mendalam dan meluangkan waktu untuk memahami apa yang dibutuhkan Si Kecil.

Artikel Terkait