FASHION & BEAUTY
11 September 2017

Jangan Asal Stylish, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Sunglasses

Perhatikan hal ini sebelum membeli kacamata
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Sunglasses adalah salah satu fashion item wajib punya saat ini. Beragam bentuk sunglasses pun bisa kita temukan, dan selalu berganti seiring dengan perkembangan mode dunia. Karena bentuknya yang beragam, tak jarang kita pun mengoleksi sunglasses agar bisa dipadu padan dengan gaya fashion tertentu. Selain menunjang penampilan, tahukah Mama bahwa sunglasses juga bisa berfungsi sebagai pelindung mata dari radiasi sinar ultraviolet (UV)? Untuk itu, ada beberaa pertimbangan lain (selain model yang stylish) dalam memilih sunglasses. Ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Proteksi Maksimal

Sunglasses bisa menjadi tameng mata terhadap sinar UV, menjaga kulit di area mata dari kerutan, penuaan dini dan kanker kulit akibat sering terpapar sinar matahari langsung. Sunglasses yang baik adalah yang dapat menangkal 99% hingga 100% sinar UV tembus ke mata. Kacamata dengan UV 400 adalah pilihan terbaik untuk kesehatan mata.

  1. Anti Pantulan

sunglasses 2

Pantulan sinar matahari kadang menyilaukan. Biasanya pantulan akan sangat terasa saat matahari menyentuh air atau kaca depan mobil. Pantulan sinar matahari ini bisa mengganggu penglihatan dan berbahaya saat harus menyetir kendaraan. Pilih kacamata dengan lensa yang dilengkapi teknologi polarized untuk mengurangi pantulan sinar matahari.

  1. Menahan Angin

Dengan memakai sunglasse maka mata akan terlindung dari terpaan debu dan benda asing lainnya. Saat cuaca sedang berangin, memakai sunglasses juga bisa melindungi dari kekeringan mata, apalagi bagi Mama yang menggunakan contact lens. Carilah sunglasses dengan posisi yang tepat di antara mata dan pipi, pilihlah frame yang dapat membungkus mata sehingga menjaga mata tetap bersih dan lembap.

  1. Tak Hanya Soal Tren

Mengikuti tren fashion boleh saja, tapi tetap kenyamanan adalah yang utama. Tren kacamata dengan frame besar ternyata bisa membuat sakit kepala saat memakainya. Kok bisa? Ya, kacamata besar berarti akan lebih berat dari kacamata kecil. Jika lebih berat maka tekanan akan semakin berat pula pada hidung, kening, dan kuping. Hal inilah yang membuat seseorang merasa pusing saat berlama-lama memakai sunglasses dengan frame besar.

  1. Sesuaikan dengan Wajah

sunglasses 1

Tak semua orang bisa cocok menggunakan frame bentuk bulat atau model aviator. Sesuaikanlah bentuk wajah dengan bentuk kacamata. Setiap bentuk wajah memiliki tipe kacamata yang cocok untuk masing-masing. Misalnya jika Mama memiliki wajah yang bulat maka akan cocok dengan kacamata bentuk kotak atau yang bersudut, ini akan membuat wajah bulat terlihat lebih tirus. Untuk wajah oval, pilihlah frame dengan panjang yang tidak melibihi lebar wajah, dengan begitu bentuk wajah akan lebih proposional. Sementara untuk wajah yang cenderung kotak akan cocok dengan bentuk kacamata bulat dan aviator.

Nah, ternyata memilih kacamata hitam yang tepat tak hanya akan menjaga kesehatan mata, namun juga bisa mengoreksi bentuk wajah.

<KAT>

Artikel Terkait