TREN
8 Februari 2018

Jangan Bingung, Ini Fungsi Berbagai Sendok dan Garpu di Restoran

Ternyata beda bentuk beda fungsi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Saat fine dining, Moms akan menemukan berbagai jenis dan bentuk sendok. Meski sama-sama sendok, namun ternyata fungsinya berbeda. Masing-masing sendok dan garpu memiliki fungsinya sendiri. Berikut adalah fungsi dan jenisnya.

Soup Spoon

Dari namanya, sendok ini berfungsi untuk menyendok hidangan berupa sup. Biasanya bentuknya bulat dan besar. Soup spoon yang berbentuk oval dan besar biasanya digunakan untuk menyendok sup yang mengandung daging, pasta, sayur atau biji-bijian.

Dinner Spoon

Sendok ini biasanya digunakan untuk mengambil makanan sebagai pengganti serving spoon. Bentuknya bulat memanjang dan cekung yang cukup untuk menyendok nasi atau semur atau kari.

Dessert Spoon

Sendok ini berfungsi untuk menyantap hidangan penutup. Bentuknya serupa dengan dinner spoon hanya saja ukurannya jauh lebih kecil.

Demitasse Spoon

Sendok untuk menyendok gula. Biasanya dipasangkan bersama dengan demitasse cup. Ukurannya lebih kecil dibandingkan sendok teh dengan aksen bergelombang pada bagian cekungnya.

Ice Cream Spoon

Sendok es krim. Sendok ini bentuknya tidak seperti sendok lain karena sisi paling bawahnya justru datar dan tidak membulat.

Serving Spoon

Sendok makan besar ini berbentuk bulat dan besar, bahkan sangat besar dibandingkan sendok sendok lainnya. Fungsinya untuk memindahkan makanan yang sedikit berkuah atau lauk berdaging ke piring tamu, biasanya berpasangan dengan serving fork.

Dinner Fork

shutterstock 683460175

Garpu untuk menyantap hidangan utama. Garpu ini berpasangan dengan dinner spoon sehingga ukurannya sama dengan dinner spoon dengan empat gerigi.

Dessert Fork

Garpu untuk makan hidangan pembuka atau penutup. Ukurannya lebih kecil 1 inchi dibanding dinner fork. Bagian gerigi luar ukurannya lebih tebal dan sedkkit lebih panjang dibandingkan gerigi bagian dalamnya.

Oyster Fork

Garpu untuk makan hidangan seafood. Gagangnya sedikit lebih kecil dengan tiga atau empat gerigi yang muat untuk mengambil tiram atau kerang serta ada sedikit pengungkit pada bagian bawah gagang yang berguna saat mengikis kerang.

Cake Fork

Garpu untuk menyantap hidangan cake. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan dessert fork. Geriginya pun hanya tiga dengan ukuran yang sama.

Fruit Fork

Garpu untuk makan buah. Ukurannya lebih kecil dibandingkan cake fork. Karena fungsinya untuk memakan buah, bagian ujung garpu sedikit lebih tajam untuk menusuk buah serta hanya memiliki dua gerigi.

Serving Fork

Garpu besar untuk penyajian makanan. Ukurannya sama dengan serving spoon. Bagian untuk menyendoknya pun lebih lebar dibandingkan garpu lain.

Steak Fork

Garpu untuk menyantap hidangan steak. Bagian ujung garpu biasanya sedikit meruncing agar memudahkan saat akan memakan daging. Geriginya pun biasanya hanya ada tiga.

Jenis alat makan ini belum termasuk pisau, gelas hingga varian piring penyajiannya. Variatif bukan Moms?

(DNY)

Artikel Terkait