KESEHATAN
25 Oktober 2019

Jangan Dianggap Sepele, Ini 6 Cara Mengobati Wasir

Wasir ternyata bisa diobati di rumah dengan menggunakan bahan alami Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Wasir atau yang biasa juga dikenal dengan ambeien merupakan penyakit yang muncul di area sekitar anus atau dubur.

Wasir timbul akibat adanya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah vena yang menghalangi aliran darah menuju anus.

Wasir timbul akibat aktivitas kita sehari-hari, seperti duduk terlalu lama, mengejan terlalu keras, kurang serat dalam tubuh, batuk terlalu keras, mengonsumsi makanan pedas, atau mengangkat beban terlalu berat.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, meski wasir tidak selalu berbahaya, namun jika tidak diobati, wasir akan terus kembali muncul.

“Wasir memang sangat tidak nyaman dan mengganggu akitivitas kita, namun wasir dapat disembuhkan tanpa operasi,” ujar Dr. Lauren Palmer, Dokter Spesialis Kesehatan di AAMG Pasadena Primary Care.

Tapi jangan khawatir Moms, wasir bisa disembuhkan dengan bahan alami lho. Yuk simak ulasan cara mengobati wasir di bawah ini!

Baca Juga: Cara Mengatasi Wasir Selama Kehamilan

1. Kompres dengan Bawang Putih

listicle 1.jpg

Foto: honestdocs.id

Bumbu dapur satu ini memang memiliki wangi yang menyengat, namun siapa sangka jika bawang putih dapat menjadi salah satu cara mengobati wasir.

Memiliki senyawa aktif alisin dengan fungsi antibakteri dan antijamur, bawang putih dapat memperkuat pembuluh darah, mengurangi rasa gatal, dan membuang bakteri yang mengakibatkan wasir.

Cara menggunakannya mudah, cincang bawang putih dan masak dengan air. Kemudian ambil air hasil rebusan bawang dan biarkan dingin. Gunakan kapas untuk menyerap air rebusan bawang dan tempelkan pada wasir. Ganti dan ulangi proses ini jika kapas mulai kering.

2. Minum Jus Lidah Buaya

licsticle 2.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Meski lidah buaya lebih dikenal khasiatnya untuk menyuburkan rambut dan memutihkan kulit, namun ternyata kandungan dalam lidah buaya yang berfungsi sebagai antioksidan dan detoksifikasi dapat menjadi salah satu cara mengobati wasir.

Dikutip dari healthline.com, secara turun temurun lidah buaya sudah digunakan sebagai obat untuk mengobati wasir dan beberapa masalah kulit lainnya.

Konsumsi jus lidah buaya setiap hari secara rutin untuk membantu menyembuhkan wasir.

3. Air Rebusan Kulit Manggis

listicle 3.jpg

Foto: lensza.co.id

Cara mengobati wasir selanjutnya adalah dengan air rebusan kulit manggis. Kaya akan kandungan gamma-mangostin, kulit manggis memiliki antioksidan yang tinggi dan berfungsi sebagai antiperadangan, antibakteri, dan antijamur.

Kandungan yang dimiliki oleh kulit manggis dipercaya dapat menghentikan proses peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat wasir.

Kupas kulit manggis dan jemur hingga kering. Setelahnya, rebus kulit manggis dalam air hingga mendidih. Setelah dingin, konsumsi air rebusan kulit manggis hingga wasir berkurang dan membaik.

Baca Juga: Darah Keluar Dari Anus, Pertanda Wasir?

4. Konsumsi Daun Sirsak Setiap Hari

listicle 4.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Sama halnya dengan kulit manggis, daun sirsak juga memiliki kandungan antibakteri yang tinggi. Karenanya, daun sirsak direkomendasikan sebagai salah satu obat herbal yang dapat mengobati wasir.

Moms cukup merebus lima lembar daun sirsak dengan dua gelas air mineral hingga air susut sampai setengah jumlah air. Hasil rebusan inilah yang kemudian Moms konsumsi setiap hari untuk mengobati wasir.

5. Seduh Cocor Bebek

listicle 5.jpg

Foto: bukalapak.com

Jika Moms mengenal cocor bebek sebagai tanaman hias, kali ini Moms dapat memanfaatkan kegunaannya untuk mengobati wasir.

Jemur daun cocor bebek hingga betul-betul kering, kemudian tumbuk daun cocor bebek hingga halus.

Seduh hasil tumbukan daun cocor bebek ini untuk dikonsumsi setiap hari.

6. Gunakan Cuka Apel

Tips Menghilangkan Ketombe selama Masa Kehamilan - 01 CUKA SARI APEL.jpg

Cara mengobati wasir yang lain adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel dikenal dapat mengobati inflamasi dan membunuh bakteri.

Dikutip dari health.clevelandclinic.org, cuka apel dipercaya dapat mengurangi gatal dan sakit akibat wasir.

Rendam kapas dalam cuka apel yang sudah diberi sedikit air hangat, kemudian kompres area wasir yang meradang dengan kapas ini. Kompres selama 30 menit dan ulangi setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Ampuh dan Aman, Ini 5 Cara Mengatasi Wasir Saat Hamil

Nah, itulah 6 cara mengobati wasir dengan bahan alami Moms. Sebelum mengobati wasir dengan obat-obatan, Moms bisa mencoba alternatif alami ini di rumah. Selamat mencoba!

(DH)

Artikel Terkait