KESEHATAN
9 Agustus 2019

Jangan Dibiarkan, Ini Cara Mengatasi Mata Bintitan dengan Cepat

Kantung teh bekas bisa untuk mengobati mata bintitan lho Moms
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Mata merupakan panca indera yang paling penting. Saat mata mengalami gangguan tentunya akan menghambat aktivitas kita. Salah satu gangguan kecil yang mengganggu kesehatan mata kita adalah mata bintitan, tak hanya mengganggu kita juga sering merasa kurang percaya diri, apalagi jika disertai dengan mata belekan.

Mata bintitan atau hordeolum memang bukan gangguan kesehatan yang parah. Mata bintitan adalah infeksi pada folikel bulu mata atau kelenjar air mata.

Menurut dokter Michael Rabovsky, MD, Chair of Department of Family Medicine, Jika kita menggosok mata bakteri dari tangan masuk melalui folikel atau kelenjar kemudian menyumbat dan akhirnya terinfeksi. Para ahli kesehatan mata juga mengungkapkan, bahwa mata bintitan pada umumnya disebabkan oleh bakteri stafilokokus.

Sebenarnya bakteri jenis ini tidak terlalu berbahaya. Tapi, kita tetap perlu waspada, pasalnya jika bakteri ini masuk terlalu dalam ke bagian kulit dan mata, akan menimbulkan infeksi.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Penularan Sakit Mata

Jenis-jenis Mata Bintitan (Hordeolum)

images.jpeg

Ada dua jenis mata bintitan atau hordeolum, yaitu hordeolum internal dan eksternal, pada hordeolum internal, penyumbatan terjadi pada kelenjar di lapisan dalam kelopak mata atau dikenal sebagai kelenjar meibom.

Sedangkan, pada hordeolum eksternal penyumbatan terjadi pada glandula zeis atau kelenjar zeis.

Gejala Mata Bintitan

images (1).jpeg

Ada beberapa gejala mata bintitan yang perlu Momswaspadai. Berikut daftarnya.

  • Mata berair
  • Sensasi seperti kelilipan atau ada benda asing di kelopak mata
  • Titik kekuningan pada benjolan yang akan menjadi tempat keluarnya nanah
  • Biasanya beberapa penderita mengalami belekan pada bagian mata.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Mata Belekan Pada Anak!

Mengatasi Mata Bintitan dengan Cepat

images (3).jpeg

Pada umumnya mata bintitan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tapi, ada beberapa cara untuk mengatasi mata bintitan dengan cepat. Apa saja? Yuk kita cari tahu di bawah ini Moms!

1. Mengompres Mata dengan Air Hangat

images (4).jpeg

Cara ini cukup mudah dan efektif dalam meredakan mata bintitan. Gunakan kain dan masukkan pada air bersih hangat, kemudian peras hingga air tidak menetes, kompreskan pada mata sekitar 5-10 menit.

Tindakan ini bisa menekan nanah naik hingga ke permukaan kelopak mata, sehingga nanah bisa keluar dengan alami. Eits, tapi jangan sampai menekan bagian benjolannya ya Moms.

2. Mengompres dengan Kantung Teh Hangat

images (5).jpeg

Sama halnya dengan air hangat, mengompres dengan kantung teh bekas yang masih hangat juga bisa mengobati mata bintitan dengan cepat. Apalagi teh hitam sangat efektif memiliki kandungan antibakteri dan bisa mengurangi bengkak pada mata.

Kita bisa melakukan hal yang sama seperti mengompres dengan air, letakkan kantung teh hangat pada mata dan biarkan 5-10 menit.

Baca Juga: Singkirkan Mata Lelah dengan Ampas Kopi

3. Mengompres dengan Air Garam

images (7).jpeg

Garam merupakan antiseptik alami, selain itu memiliki kandungan magenesium yang efektif mengurangi peradangan dan antibakteri.

Caranya cukup mudah, Moms tinggal melarutkan dalam gelas yang berisi air hangat lalu aduk, masukkan kapas atau kain kedalam air larutan garam, kemudian peras dan kompreskan ada mata.

4. Lidah Buaya

images (8).jpeg

Lidah buaya berguna sebagai analgesik yang mampu mengurangi peradangan, antivirus, dan antibakteri. Belah lidah buaya untuk kita ambil getah atau lendirnya menggunakan cotton bud.

Lalu, cukup oleskan getahnya pada bintitan di mata kita.

Apakah Mata Bintitan Menular?

Menurut Debra Rose Wilson, PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, mata bintitan tidak menular secara langsung, seperti halnya jerawat, jerawat juga tidak menular.

Ini adalah fenomena peradangan dan iritasi lokal yang tidak dapat menular dengan mudah melalui kontak biasa. Tetapi sejumlah besar bakteri dalam nanah dapat menyebabkan kulit berjerawat lainnya.

Jika mata kita bintitan dan ingin sembuh dengan cepat maka ikuti cara di atas.

Nah, agar kita terhindar dari gangguan kesehatan mata ini, maka pastikan kita rajin mencuci tangan setelah beraktivitas terutama saat hendak mengucek mata, karena kondisi tangan yang kotor bisa memaparkan virus dan bakteri dengan mudah.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait