PARENTING
11 Juli 2019

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah

Dampaknya positif dan besar.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Apakah makan bersama menjadi agenda rutin dalam keluarga Anda, Moms? Jika iya, selamat, sebab hal tersebut berdampak yang sangat positif bagi seluruh anggota keluarga.

Salah satu waktu terbaik dalam sehari yang bisa Anda habiskan bersama keluarga adalah waktu makan. Berikut adalah 5 manfaat makan bersama, baik itu makan siang atau makan malam bersama keluarga Anda.

1. Memiliki Etika Makan yang Baik

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah 01.jpg

Foto: honorgracecelebrate.com

Makan bersama keluarga adalah salah satu hal paling menyenangkan di dunia. Bangun suasana keakraban dan kehangatan saat berkumpul bersama. Anak-anak yang makan dengan orang tua mereka cenderung memiliki kesehatan emosional yang lebih baik dan juga etiket dan perilaku makan yang baik.

Anak-anak juga bisa mengamati orang tua mereka dan cenderung meniru kebiasaan makan orang tua mereka.

Baca Juga: Anak Harus Tahu 5 Table Manner Dasar Ini

2. Pilihan Makanan yang Lebih Sehat

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah 02.jpg

Foto: medium.com

Karena Moms makan bersama keluarga, Moms akan membuat makanan yang sehat untuk semua orang. Pastinya tidak ada junk food karena pilihan makanan Moms akan lebih baik. Manfaat makan bersama keluarga selanjutnya adalah, Si Kecil juga akan belajar mengamati orang tua mereka makan berbagai jenis makanan.

Perlahan dan bertahap, mereka juga mulai makan makanan itu dan terbuka terhadap semua makanan baru yang mungkin Moms perkenalkan saat mereka tumbuh.

3. Menjadi Lebih Baik di Sekolah

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah 03.jpg

Foto: desisachiko.com

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang makan enam sampai tujuh kali dalam seminggu bersama keluarga mereka, memiliki prestasi akademis yang lebih baik daripada anak-anak yang makan tidak sesering dengan keluarga mereka.

Ternyata, manfaat makan bersama keluarga tidak hanya meningkatkan kesehatan emosi dan fisik anak Moms, tetapi juga prestasi akademisnya.

Baca Juga: Ingin Anak Berprestasi di Sekolah? Ajarkan 5 Kebiasaan Belajar yang Baik Ini!

4. Mengurangi Stress

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah 04.jpg

Foto: cheatsheet.com

Salah satu penghilang stres terbaik adalah berbagi waktu makan dengan orang yang Moms cintai. Tubuh akan melepaskan hormon perasaan senang yang dikenal sebagai oksitosin. Hormon ini tidak hanya membantu Moms merasa lebih baik tetapi juga menghilangkan stres.

Percakapan dan makanan adalah kombinasi sempurna. Kita pasti suka mengobrol dengan anggota keluarga kita saat makan. Manfaat makan bersama keluarga yang juga bisa Moms nikmati di sini adalah, anak-anak Moms akan lebih terbuka tentang cerita sehari-hari atau masalah yang mungkin mereka hadapi.

5. Lebih Ekonomis

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah 05.jpg

Foto: express.co.uk

Memasak makanan di rumah untuk seluruh keluarga lebih ekonomis dibandingkan dengan makan di luar. Makan makanan rumahan bersama keluarga Moms tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga membantu menghemat uang. Terlebih lagi, mencoba berbagai masakan berbeda akan menciptakan memori bahagia bagi Si Kecil.

Baca Juga: Hemat Uang dan Menyehatkan, Yuk Tanam Sayuran Sendiri di Rumah

Itulah 5 manfaat makan bersama keluarga yang besar dan positif. Cobalah dan luangkan waktu untuk makan bersama keluarga setiap hari. Buatlah kenangan indah antara Moms dan keluarga, ya.

(FAR)

Artikel Terkait