KESEHATAN
14 Juni 2019

Jangan Disepelekan, Ternyata ini 3 Penyebab Ngemil Tengah Malam

Ngemil tengah malam juga bisa timbul akibat begadang lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ngemil tengah malam? Siapa pun rasanya pernah berada di posisi ini. Meski banyak juga yang bilang bahwa ngemil di tengah malam itu tidak baik, bisa membuat tubuh menggendut, insomnia, kebiasaan makan yang buruk, dan lain sebagainya. Nampaknya ada beberapa orang di antara kita yang tidak bisa terlepas dari hal ini.

Meski terlihat wajar, lapar tengah malam bukanlah suatu kebiasaan yang tepat. Mengapa? Karena saat lapar tengah malam, kita cenderung memilih makanan yang mengandung banyak lemak, gula, dan garam.

Hal ini tentu berbahaya sekali bagi tubuh. Apalagi malam hari merupakan waktunya untuk metabolisme tubuh beristirahat.

Lalu apa sih penyebab ngemil tengah malam ini? Padahal sebelumnya kita sudah mengonsumsi makan malam agar tidak lapar.

Baca Juga: 10 Cara Tidak Ngemil Lagi Setelah Makan Malam

1. Merupakan Reaksi Tubuh

ngemil tengah malam

Menurut Suzanne Jezek-Arriaga, seorang pelatih kesehatan gizi dan holistik dan penulis buku, ada banyak alasan mengapa seseorang merasakan lapar tengah malam dan memutuskan untuk ngemil tengah malam. Bisa disebabkan oleh rasa bosan, atau bisa juga karena tubuh tidak mendapat nutrisi yang cukup.

Misalnya saja jika tubuh kita terlalu banyak mengonsumsi permen, junk food, atau karbohidrat, dengan melupakan protein dan lemak di siang hari, maka bukan tidak mungkin kita akan mengalami lapar tengah malam yang berujung dengan ngelim di tengah malam.

Lebih lanjut, hormon kortisol yang berperan untuk mengendalikan pelepasan gula darah dari hati juga bisa menjadi penyebab ngemil tengah malam.

2. Begadang

ngemil tengah malam, lapar tengah malam

Kebiasaan kita untuk selalu begadang juga menjadi salah satu penyebab ngemil tengah malam. Baik itu begadang karena mengerjakan tugas maupun tanpa melakukan aktivitas apa pun.

Tubuh yang aktif dari waktu yang tidak seharusnya, akan membuat kebutuhan energi meningkat, sehingga tubuh kita merasa lapar di malam hari.

“Kadar kortisol biasanya turun di malam hari, tapi jika begadang, bisa menyebabkannya melonjak lagi. Hal inilah yang menjadi penyebab ngemil tengah malam,” kata Lindsey Janerio, ahli diet dan pemilik Nutrition to Fit di Sarasota, Florida.

Baca Juga: Info Buat yang Hobi Begadang, Ini Manfaat Tidur Cukup dan Berkualitas

3. Ngemil di Saat akan Tidur

ngemil tengah malam, lapar tengah malam

Banyak mengonsumsi camilan yang mengandung gula, garam, lemak, atau bahan pengawet akan membuat tubuh hanya kenyang sebentar. Apalagi jika dilakukan sebelum tidur, hal ini akan membuat nafsu makan kita semakin besar.

Oleh karena itu, hindari kebiasaan ngemil sebelum tidur. Mengapa? Karena mendekati waktu tidur, saatnya bagi metabolisme tubuh untuk beristirahat dan berhenti bekerja.

“Kita sering mendengar bahwa tidak diperbolehkan makan setelah pukul 6 atau 7 sore. Hal ini harus kita terapkan sebagai gaya hidup baru," kata Tahzeeb Lalani, pemilik Scale Beyond Size, pusat konseling gizi berbasis yang di Mumbai.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab tubuh merasa lapar, sehingga kita ngemil di tengah malam. Kebiasaan buruk di atas perlu dihindari, agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar dan beristirahat pada waktunya.

(AWD/IRN)

Artikel Terkait