RUPA-RUPA
9 April 2019

Jangan Golput, Ini 5 Alasan Mengapa Moms Harus Memilih pada Pemilu 2019

Jangan sampai hak pilih Moms disalahgunakan orang lain ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan April 2019. Artinya sebentar lagi kita akan menyambut pesta demokrasi terbesar di tanah air. Moms akan memilih para calon legislatif dan pemimpin yang akan membawa negeri Indonesia tercinta ini untuk 5 tahun ke depan.

Sebagai #IbuCerdasMemilih, apakah Moms sudah memiliki pilihan? Atau jangan-jangan Moms salah satu orang yang tidak memilih alias golput?

Duh, jangan ya Moms, karena golput itu nggak keren. Berikut ini, Orami telah merangkum alasan kenapa Moms harus memilih pada pemilu 2019.

1. Pilihan Menentukan Masa Depan

Tidak peduli sebanyak apa jumlah pemilih dalam pemilu 2019 mendatang, karena yang jelas suara pilihan Moms otomatis akan terhitung.

Moms secara tidak langsung ikut menentukan masa depan negara Indonesia ini apakah akan menjadi lebih baik atau tidak.

Jika Moms tidak menggunakan hak pilih, siapa lagi yang akan berusaha memperbaiki negara kita sendiri?

Baca Juga: 3 Situasi yang Wajib Kita Tahu Menjelang Pemilu

caprescawapres2019Foto: kpu.go.id

2. Kandidat Terpilih Menentukan Hidup

Siapa pun presiden dan wakil presiden yang terpilih di pemilu 2019 nanti tentunya mempunyai keinginan untuk membuat negara Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Kedua calon presiden dan calon wakil presiden mempunyai program kerjanya masing-masing yang juga akan merubah hidup Moms kedepannya.

Tetapi ketika Moms memutuskan untuk golput, berarti sama saja Moms membiarkan orang lain menentukan apa yang akan terjadi dalam hidup Moms.

3. Menjadi Warga Negara yang Baik

Salah satu bukti kalau Moms adalah warga negara yang baik adalah ikut bertanggung jawab dan berhak untuk ikut andil dalam menciptakan kesejahteraan hidup.

Sebagai #IbuCerdasMemilih kita harus mengikuti ketentuan dari Pasal 23 ayat (1) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 yang menyatakan bahwa “Setiap orang bebas untuk memilih dan mempunyai keyakinan politiknya”.

Selain itu, menurut ketentuan Pasal 43 ayat (1) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999, menyatakan bahwa: “Setiap warga negara berhak untuk dipilih dan memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”.

4. Meminimalisir Penyalahgunaan Hak Pilih

Jika Moms tidak memilih dalam pemilu 2019 nanti, kesempatan memilih itu justru akan berpotensi digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Padahal seperti yang kita ketahui kalau satu suara dalam pemilu akan berpengaruh lho Moms.

Baca Juga: Jangan Golput! Ini 4 Hal yang Wajib Diketahui Soal Pemilu 2019

 103544339 pemilu 2019 dalam angka chart640 ncFoto: bbc.com

5. Memilih Legislatif Juga Berpengaruh Besar

Jika Moms berpikir kalau parlemen tidak berpengaruh besar dengan orang biasa sehingga membuat Moms golput, itu salah besar.

Coba Moms pikir kembali, pajak yang Moms bayar setiap tahun itu akan masuk ke kantong-kantong anggota legislatif sebagai gaji dan tunjangan lain seperti rumah dinas, mobil, biaya transportasi, dll.

Nah, Moms lah yang berperan sebagai pembayar gaji mereka. Maka dari itu, Moms harus memilih ya di pemilu 2019 nanti dan memastikan orang-orang yang pekerja keras lah yang akan duduk di kursi-kursi parlemen yang empuk tersebut.

Bila Moms masih binging dan ingin tahu lebih lanjut tentang visi misi anggota legislatif yang akan dipilih, dapat mencari informasinya di situs resmi KPU di sini.

Sudah tahu kan Moms alasan kenapa harus memilih di pemilu 2019? Yuk jadi #IbuCerdasMemilih di tanggal 17 April 2019 nanti. Selamat memilih!

(IRN/AND)

Artikel Terkait