BALITA DAN ANAK
12 September 2019

Jangan Langsung Panik, Yuk Cari Tahu Penyebab Anak Muntah dan Cara Menanganinya

Muntah bisa jadi tanda Si Kecil mengalami gangguan kesehatan tertentu.
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Muntah mungkin hal yang biasa terjadi pada anak kecil. Tapi ternyata tidak semua muntah bisa dibilang normal lho Moms. Ada juga muntah yang perlu Moms cemaskan.

Moms perlu cemas ketika Si Kecil tiba-tiba muntah. Hal ini kemungkinan besar akibat adanya gangguan pada sistem pencernaannya. Berikut adalah beragam kondisi yang jadi penyebab anak muntah.

1. Flu Perut

Kenali Tanda Diare dari Pup Si Kecil -1.jpg

Penyebab anak muntah yang pertama bisa jadi adalah flu perut. Flu perut atau yang di dalam bahasa medis disebut dengan gastroenteritis ini terjadi akibat virus rotavirus. Terkadang gangguan ini juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri E.Coli atau Salmonella.

Umumnya, virus dan bakteri berpindah melalui kontak fisik. Mungkin saja Si Kecil memegang sesuatu yang kotor mengandung virus dan bakteri.

Kemudian, tangan yang kotor tersebut memegang area mulut dan hidung. Akhirnya, bakteri dan virus bisa masuk kemudian menginfeksi tubuh Si Kecil.

Selain menyebabkan muntah, gejala lain yang mungkin Si Kecil alami ketika terserang gastroenteritis:

  • Diare
  • Si Kecil terlihat lesu dan lemas
  • Muntah yang menyembur
  • Demam

Gejala-gejala tersebut biasanya akan langsung muncul ketika 12-48 jam setelah Si Kecil terkena virus. Penyebab muntah yang satu ini tak boleh disepelekan, karena dapat menyebabkan buah hati dehidrasi. Maka itu, Moms harus memberikannya banyak minum supaya tubuhnya tidak kekurangan cairan.

Berikan juga ia makanan dalam porsi yang kecil tapi sering. Cara ini membantu memenuhi asupan gizinya meski ia sedang sulit makan karena muntah.

Umumnya, kondisi ini ditangani dengan cara memberikan antibiotik, agar infeksi bakterinya hilang. Namun, hal ini harus dikonsultasikan dulu pada dokter.

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Lambung Naik Pada Anak

2. Alergi Makanan

obat sakit perut.jpg

Penyebab anak muntah yang selanjutnya adalah alergi makanan. Alergi makanan adalah penyebab muntah pada anak yang cukup sering terjadi. Makanan yang kerap kali menimbulkan alergi adalah:

  • Kacang-kacangan
  • Ikan dan makanan laut
  • Telur
  • Susu
  • Kedelai

Beberapa anak alergi terhadap protein yang terdapat pada makanan tersebut. Alergi terhadap makanan bisa menjadi penyebab Si Kecil muntah karena sistem imunnya menolak makanan yang masuk. Jadi, makanan tersebut dikeluarkan lagi karena dianggap membahayakan tubuhnya.

Meski begitu, gejala muntah pada anak yang alergi makanan bisa dibilang cukup jarang. Seringnya, kondisi ini ditandai dengan gatal-gatal dan kulit memerah.

Bila buah hati Moms mengalami hal ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter, jangan sampai ditunda-tunda.

Untuk pertolongan pertama, Moms bisa memberikan obat antihistamin dan menjauhkan makanan penyebab alergi dari Si Kecil.

Baca Juga:Pilihan Obat untuk Mengatasi Gatal-gatal Akibat Alergi

3. Keracunan Makanan

pertolongan pertama keracunan makanan pada balita 1

Penyebab anak muntah yang selanjutnya adalah keracunan makanan. Makanan yang tidak bersih dan terkontaminasi bakteri, dapat mengakibatkan keracunan pada anak.

Jenis bakteri yang paling sering menyebabkan keracunan adalah Salmonella, Listeria, Campylobacter, E.coli.

Tak hanya kebersihan makanan saja yang bisa mengundang bakteri tersebut, tapi juga proses pengolahan makanan yang tidak tepat. Makanan yang tidak dimasak sampai matang, umumnya mengandung bakteri tersebut.

Makanan yang dimaksud seperti telur, kerang, daging, ayam, dan sayuran yang tidak matang. "Kebanyakan anak-anak akan muntah setelah beberapa jam makan makanan yang terkontaminasi," kata dr Dan Brennan, dokter anak sekaligus konselor laktasi, seperti dikutip dari Webmd.com.

Setelah itu, dalam beberapa hari gejala lain pun akan muncul, misalnya diare hingga nyeri perut.

Maka itu, Moms harus memastikan makanan yang diberikan pada Si Kecil sudah matang dengan sempurna.

Untuk pertolongan pertama kali, Moms harus memberikan anak cairan yang banyak untuk menggantikan air yang keluar ketika ia muntah. Selanjutnya, dokter anak umumnya akan memberikan antibiotik agar bakteri yang masuk ke dalam tubuh mati.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Mimisan Pada Anak

4. Minum Obat Tertentu

cara sukses meminumkan obat pada bayi hero banner magz (1510x849)

Penyebab anak muntah yang selanjutnya adalah minum obat tertentu. Bila Si Kecil sedang minum obat tertentu, pastikan Moms memberikannya sesuai dengan anjuran dokter. Pasalnya, muntah bisa terjadi akibat Si Kecil minum obat dalam keadaan perut kosong.

Penyebab muntah juga bisa diakibatkan karena buah hati terlalu sering minum obat tertentu, seperti:

  • Codein
  • Erythromycin
  • Ibuprofen
  • Acetaminophen (Paracetamol)

Jika anak muntah-muntah setelah diberikan obat, mungkin ia mengalami hal ini. Segera bawa Si Kecil ke dokter anak terdekat.

Lagi-lagi, yang terpenting adalah mengganti cairan yang hilang dari tubuh Si Kecil. Umumnya, dokter akan menganjurkan jenis obat lain yang tidak menimbulkan muntah.

(IA/ERN)

Artikel Terkait