DI ATAS 5 TAHUN
21 Februari 2019

Jangan Marah Dulu, Moms! Begini Cara Menghadapi Ucapan Menyebalkan Anak

Terkadang mengucapkan kalimat pendek lebih efektif ketimbang marah lho, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Dina

Siapa nih, Moms yang mulai sering diuji kesabarannya saat menghadapi ucapan menyebalkan anak?

Sebelum marah, Moms harus tahu kalau perilaku anak seperti itu sebenarnya adalah bagian dari perkembangan bahasa dan kemampuan sosialnya.

Marah bukanlah respon yang tepat, karena ini adalah masa kritis dimana Moms harus memberikan batasan tegas sambil tetap mendorong anak mengungkapkan pendapat dan keinginannya.

Saat lain kali si kecil melontarkan ucapan menyebalkan, coba dulu respon berikut ya, Moms.

“Ini Punya Aku!”

jangan marah dulu, moms begini cara hadapi 4 ucapan menyebalkan anak 1


Foto: Stltoday.com

Rasanya setiap orang tua pasti sudah pernah mendengar kalimat ini ya, Moms? Yang paling mengesalkan, biasanya kalimat ini terlontar karena si kecil menginginkan barang yang sudah lama tidak terpakai atau tidak pernah digunakan.

Menurut psikolog Ray Levy, Ph.D., respon terbaik untuk menghadapi ucapan menyebalkan anak ini adalah kalimat pendek yang terdengar manis, tapi membuat anak tahu dia tidak akan mendapatkan keinginannya.

Sebagai contoh, Moms cukup merespon dengan “Ups, sayang sekali” atau “Maaf ya.”

Baca Juga: 6 Gangguan Perilaku Pada Anak yang Tak Boleh Diabaikan

“Moms Gak Adil!”

jangan marah dulu, moms begini cara hadapi 4 ucapan menyebalkan anak 2

Foto: Relavate.org

Lucunya, ucapan menyebalkan anak ini paling sering diucapkan saat dia harus berhenti melakukan kegiatan yang disukainya untuk makan, mandi, atau tidur.

Menurut penulis buku Kids, Parents, and Power Struggles, Mary Sheedy Kurcinka, cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan memintanya mengungkapkan pendapat dengan kalimat baik dan nada sopan.

Katakan bahwa Moms baru mau berdiskusi dan mendengarkannya kalau dia berkata “Moms, aku punya pendapat lain” atau “Moms, aku tidak suka aturan itu.”

Bila orang tua bisa mengajarkan cara mengekspresikan emosi dengan baik, ucapan menyebalkan anak dijamin akan semakin jarang terdengar.

Baca Juga: Kapan Anak Boleh Bermain dengan Gadget? Ketahui Dulu Aturan Sesuai Usianya

“Aku Mau Sekarang Juga!”

jangan marah dulu, moms begini cara hadapi 4 ucapan menyebalkan anak 3

Foto: Stayathomemum.com.au

Sadar tidak Moms, kalau kalimat perintah ini sering digunakan anak sebagai “ancaman” untuk mendapatkan keinginannya? Apalagi kalau sebelumnya dia sudah pernah melakukannya dan berhasil.

Mereka cukup pintar untuk memanfaatkan fakta kalau orang tua seringkali lebih baik memberikan apa yang diminta ketimbang harus menghadapi tantrum dan tangisan.

Jadi saat lain kali si kecil mengeluarkan jurus ini, katakan dengan tegas: “Bersikap seperti itu tidak akan membuat Moms memberikan apa yang kamu mau” lalu pergi menjauhinya.

Paul Coleman, penulis buku How to Say It to Your Kids, juga menyarankan Moms untuk mengabaikan ucapan menyebalkan anak tadi dan mengalihkan perhatiannya pada hal lain.

Baca Juga: 4 Langkah Mendidik Anak Agar Tumbuh dengan Moral yang Baik

“Aku Benci Moms!”

jangan marah dulu, moms begini cara hadapi 4 ucapan menyebalkan anak 4


Foto: Parking-mobility.org

Duh, orang tua mana yang hatinya tidak sedih dan terluka saat mendengar kalimat ini ya, Moms? Walau rasanya ingin langsung marah, ucapan menyebalkan anak ini tidak boleh langsung Moms masukkan ke dalam hati.

Jangan lupa, anak adalah pemikir literal yang masih asal mengucapkan apa yang dirasakannya saat sedang marah atau frustasi. Jadi lebih baik tetap kalem dan katakan “Tidak apa-apa, kamu boleh saja merasa merasa seperti itu.”

Baca Juga: Cara Mengatasi Balita yang Suka Berkata Kasar dengan 4 Trik Jitu Berikut

Setelah si kecil sudah tenang, barulah katakan dengan lembut “Tahu tidak nak, hati Moms rasanya sakit saat tadi kamu bilang kamu benci Moms. Jangan begitu lagi, ya.”

Dengan segala kesibukan pekerjaan dan mengurus rumah, memang tidak selalu mudah untuk menahan emosi saat menghadapi perilaku anak yang terkadang menyebalkan.

Apa Moms punya tips untuk tetap tenang saat menghadapi anak?

(WA)

Artikel Terkait