BAYI
11 Juli 2019

Jangan Panik Dulu Moms, Ini Cara Ampuh Menghadapi Bayi Tumbuh Gigi

Kenali juga gejalanya ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur

Setiap bayi mengalami proses pertumbuhan gigi yang berbeda. Beberapa bayi hampir tidak memiliki gejala, sementara bayi yang lain menderita rasa sakit dan rewel selama berbulan-bulan.

Sebagian besar gigi pertama bayi tumbuh kala umur mereka sekitar 6 bulan. Beberapa gigi pertama bayi tumbuh pada usia 3 bulan, sementara bayi lain tidak tumbuh sampai 1 tahun.

Ada beberapa gejala yang menjadi tanda bila bayi tumbuh gigi. Si Kecil mungkin tidak mengerti mengapa saat ia bangun lalu merasakan bagian gusi atau mulutnya sangat sakit, atau terganggu oleh dagunya yang gatal.

Baca Juga : 5 Pertanyaan Seputar Cara Merawat Gigi Bayi dan Jawabannya

Jennifer Buchanan, RN, MSN, IBCLC, mantan perawat yang 5 tahun bekerja di Children's Hospital Los Angeles, mengatakan selama masa tumbuh gigi, Si Kecil akan mengalami beberapa gejala yang tidak menyenangkan.

"Selama masa tumbuh gigi, ada gejala yang meliputi lekas marah, tidur terganggu, kehilangan nafsu makan, ruam di sekitar mulut, dan sering menggigit," jelasnya dikutip dari situs Children's Hospital Los Angeles.

Gejala-gejala ini dilaporkan oleh 70-80 persen orang tua menurut sebuah artikel dari British Dental Journal. Jadi, seperti apa gejala yang muncul ketika bayi tumbuh gigi? Bagaimana cara ampuh menghadapi bayi tumbuh gigi?

Yuk simak ulasannya di bawah ini seperti dikutip dari What to Expect:

1. Ruam Gigi

bayi tumbuh gigi-1.jpg

Jika bayi tumbuh gigi mengeluarkan air liur, ini dapat menyebabkan radang, pecah-pecah, kemerahan dan ruam di sekitar mulut, dagu, dan bahkan di lehernya.

Atasi dengan melembapkan ruamnya dengan Vaseline, krim kulit lembut tanpa wewangian, atau krim menyusui untuk melindungi kulit bayi yang lembut.

Baca Juga: Bagaimana Pertumbuhan Gigi Pada Bayi?

2. Batuk dan/atau Refleks Muntah

Gejala bayi tumbuh gigi lainnya adalah batuk dan/atau refleks muntah.

Semua air liur itu bisa membuat bayi muntah dan batuk. Tapi gejala tersebut normal jika bayi tidak memiliki tanda-tanda pilek, flu atau alergi.

Jika batuk bayi berlanjut atau disertai dengan demam tinggi dan gejala flu, hubungi dokter anak.

Demam tinggi dengan gejala pilek dan flu tidak berhubungan dengan tumbuh gigi, tetapi merupakan tanda bahwa Si Kecil sakit.

3. Menangis

bayi tumbuh gigi-3.jpg

Gejala bayi tumbuh gigi lainnya adalah menangis. Beberapa bayi yang giginya baru tumbuh akan menjadi mudah merengek dan menangis.

Gigi pertama biasanya paling sakit, meskipun sebagian besar bayi akhirnya terbiasa dan tidak begitu terganggu nantinya.

Moms bisa berkonsultasi ke dokter tentang kapan harus memberikan obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen.

4. Sifat Mudah Marah

Gejala bayi tumbuh gigi lainnya adalah bayi jadi mudah marah. Mulut bayi akan terasa sakit ketika gigi barunya menekan gusi dan muncul ke permukaan, tidak mengherankan bila hal ini akan membuatnya merasa tidak sehat.

Beberapa bayi mungkin mudah tersinggung hanya beberapa jam, tetapi yang lain bisa tetap rewel selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Setiap bayi dapat menggunakan waktu berpelukan yang baik ketika mereka mengalami kesulitan dengan tumbuh gigi.

Waktu ekstra yang dihabiskan bersama Si Kecil dapat membantu meringankan rasa sakit mereka, dengan memberikan perasaan dihibur dan diyakinkan oleh ibunya.

Baca Juga: Agar Tak Histeris, Bujuk Balita dengan 5 Cara Ini Saat ke Dokter Gigi

5. Menolak Makan

bayi tumbuh gigi-2.jpg

Gejala bayi tumbuh gigi lainnya adalah bayi menolak makanan. Bayi yang tidak nyaman dan rewel ingin ditenangkan oleh sesuatu di mulut mereka, entah itu botol atau payudara.

Tetapi hisapan ketika menyusui dapat membuat gusi bayi yang sakit gigi terasa lebih buruk.

Karena alasan itu, bayi yang sedang tumbuh gigi bisa cerewet dan menjadi lebih frustrasi karena rasa tidak nyaman, atau perut mereka yang lapar tidak dapat disembuhkan karena pertumbuhan giginya tersebut.

Bayi yang makan makanan padat mungkin juga menolak untuk makan saat mereka tumbuh gigi. Terus ajak Si Kecil untuk makan, dan hubungi dokter anak jika GTM berlangsung lebih dari beberapa hari.

6. Bangun Malam

Gejala bayi tumbuh gigi lainnya adalah bayi bangun malam. Ketika gigi baru Si Kecil mulai muncul, ketidaknyamanannya dapat mengganggu tidur malamnya, bahkan jika dia sebelumnya sudah tidur sepanjang malam.

Sebelum memberikan kenyamanan, lihat apakah dia dapat menenangkan dirinya dan kembali tidur. Bila dia masih gelisah, tenangkan dia dengan menepuk-nepuk atau nyanyikan lagu pengantar tidur.

Baca Juga: Kenali Proses Pertumbuhan Gigi Bayi

Nah, itulah beberapa gejala bayi tumbuh gigi dan cara ampuh menghadapi bayi tumbuh gigi yang bisa Moms coba. Semoga berhasil!

Artikel Terkait