BALITA DAN ANAK
11 September 2019

Jangan Panik, Moms! Begini Cara Mengatasi Kesusupan Pada Balita

Ada cara kreatif yang rasanya tidak sakit kok, Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Menghadapi kesusupan pada balita itu memang serba salah rasanya ya, Moms. Kalau tidak dikeluarkan Si Kecil pasti akan terus kesakitan, tapi juga tidak tega membayangkan rasa sakit yang akan dirasakannya saat serpihan dikeluarkan.

Selain bisa disebabkan oleh serpihan kayu, kesusupan pada balita juga bisa terjadi akibat adanya serpihan kaca maupun bulu halus bambu atau merang menusuk masuk dan tinggal di dalam kulit.

Supaya Si Kecil bisa kembali beraktivitas seperti biasa, coba beberapa cara mengatasi kesusupan pada balita berikut ini yuk, Moms.

1. Menggunakan Pinset

Jangan Panik, Moms! Begini Cara Mengatasi Kesusupan Pada Balita 1.jpg

Startsat60.com

Menurut standar American Academy of Dematology, mengatasi kesusupan pada balita harus dilakukan dalam keadaan bersih dan steril untuk mencegah infeksi. Nah berikut langkahnya:

Pertama-tama, bersihkan tangan Moms dan area kulit yang kesusupan dengan air dan sabun. Kemudian lihat arah masuk serpihan, dengan kaca pembesar bila perlu.

Kalau ujung serpihan terlihat masih ada di luar kulit, Moms bisa cabut sesuai arah masuknya dengan pinset yang sudah disterilkan dengan air hangat.

Sedangkan kalau semua serpihan sudah masuk ke bawah kulit, gunakan jarum yang sudah disterilkan untuk menusuk permukaan kulit pada bagian ujung serpihan. Setelah ujungnnya keluar, cabut dengan pinset yang sudah disterilkan.

Walau gemas karena serpihan sulit dikeluarkan, jangan sekali-kali memencet serpihannya ya, Moms. Karena bisa hancur menjadi beberapa bagian kecil yang lebih sulit dikeluarkan.

Baca Juga : 5 Cara Ampuh Untuk Melatih Balita Membuat Keputusan Sendiri

2. Menggunakan Selotip

Jangan Panik, Moms! Begini Cara Mengatasi Kesusupan Pada Balita 2.jpg

Amoils.com

Tidak tega menggunakan pinset dan jarum pada Si Kecil? Moms bisa gunakan selotip kuat untuk menarik ujung serpihan yang masih ada di luar kulit.

Moms cukup tempelkan selotip di area kulit sekitar ujung serpihan, lalu tarik perlahan sesuai dengan arah masuknya. Tapi cara ini hanya efektif untuk kesusupan pada balita yang tidak besar dan tidak terlalu dalam ya, Moms.

3. Menggunakan Baking Soda

Jangan Panik, Moms! Begini Cara Mengatasi Kesusupan Pada Balita 3.jpg

Mirror.co.uk

Mengeluarkan ujung serpihan yang sudah masuk ke dalam kulit juga bisa dilakukan dengan bantuan baking soda lho, Moms.

Buat pasta dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dan satu sendok makan air. Tutupi area kulit yang kesusupan dengan pasta baking soda, lalu balut dengan perban dan biarkan kering selama 24 jam.

Cara ini biasanya efektif untuk mengangkat kulit baking soda ke permukaan sehingga bisa langsung dicabut dengan pinset tanpa rasa sakit.

Baca Juga : 4 Strategi Mengakhiri Kebiasaan Balita Suka Merengek

4. Menggunakan Lem

Jangan Panik, Moms! Begini Cara Mengatasi Kesusupan Pada Balita 4.jpg

Hher24.com

Moms pasti tak menyangka, tapi lem putih yang biasa dipakai untuk membuat keterampilan tangan juga ternyata bisa digunakan untuk mengangkat serpihan yang letaknya tidak terlalu dalam dan ujungnya masih terlihat ada di luar kulit.

Lihat arah masuk serpihan, lalu oleskan lem di area kesusupan dan biarkan sampai kering sempurna. Setelah itu tarik lem yang sudah mengering sesuai dengan arah masuk serpihan.

5. Menggunakan Bawang dan Kentang

Jangan Panik, Moms! Begini Cara Mengatasi Kesusupan Pada Balita 5.jpeg

Farmersalmanac.com

Dikutip dari situs Solvhealth.com, ternyata bawang dan kentang yang ada di dapur juga bisa membantu mengatasi kesusupan pada balita.

Cukup iris tipis kentang atau bawang, tempelkan di area kulit yang kesusupan lalu tutup erat dengan perban, kain, atau kaus kaki semalaman.

Sama seperti pasta baking soda, irisan kentang atau bawang akan membantu mengeluarkan ujung serpihan dari kulit sehingga lebih mudah dicabut dengan pinset.

Oh ya Moms, dokter spesialis penyakit dalam Elaine K. Lou MD. dari Medical News Today juga mengingatkan untuk segera membersihkan kulit bekas luka kesusupan dengan air dan sabun serta menutupnya dengan perban setelah serpihan berhasil diangkat.

Nah, apa Moms pernah mencoba cara lain untuk mengatasi kesusupan pada balita?

Baca Juga : Yuk Kenalkan Balita Cara Mengenali Perasaannya

(WA/CAR)

Artikel Terkait