KESEHATAN
28 Desember 2019

Cara Menyembuhkan Keseleo yang Membengkak

Penanganan keseleo harus dilakukan dengan benar demi mencegah timbulnya kambuh di kemudian hari.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Yuk, simak cara menyembuhkan keseleo yang membengkak di sini. Keseleo terjadi saat tubuh tiba-tiba mengubah arah gerakan atau menurunkan kecepatan. Biasa sih kejadiannya saat berolahraga. Ini bukan masalah yang khusus. Karena cedera ini bisa dialami siapa saja.

Selain penyebab di atas, jatuh dan bertabrakan bisa jadi penyebab keseleo. Atau bisa juga karena mendarat yang tidak tepat setelah melompat. Di kondisi seperti ini, ligamen secara tidak sengaja dipaksa terentang melampaui kemampuannya, sehingga menjadi robek atau terpelintir.

Nah, saat ligamen rusak, keseleo terjadi. Pergelangan kaki, jempol tangan dan kaki, pergelangan tangan, serta lutut adalah area-area yang paling sering mengalami keseleo.

“Ligamen adalah jaringan menyerupai pita yang menyelimuti sekeliling sendi. Fungsinya menghubungkan tulang yang satu dengan lainnya,” kata Bradley Lamm, ahli bedah kaki dan pergelangan kaki dari American College of Foot & Ankle Surgeons

Saat kita keseleo, kita akan merasakan beberapa hal.Antara lain rasa nyeri di sekeliling sendi yang mengalami keseleo, memar dan bengkak pada sendi, serta ketidakmampuan sendi menyangga beban.

Bisa juga memar muncul agak jauh dari sendi keseleo akibat darah yang merembes di sepanjang otot. Tingkat keparahan keseleo tergantung pada seberapa berat kerusakan ligamen yang terjadi.

Baca Juga: Jangan Diurut Saat Anak Baru Keseleo!

Dapat Diobati Sendiri di Rumah

GettyImages-1462762421-59cf57bf9abed500116386ad.jpg

Foto: verywealth.com

Penanganan keseleo harus dilakukan dengan benar demi mencegah timbulnya kambuh di kemudian hari. Kebanyakan kasus keseleo bisa ditangani sendiri di rumah. Berikut tahapan penangan keseleo yang bisa diikuti:

  • Berhentilah beraktivitas yang dapat memperparah cedera, setidaknya dalam waktu 2-3 hari setelah cedera.
  • Aplikasikan es yang dibalut dalam handuk pada area yang cedera selama setidaknya 15-20 menit tiap 2-3 jam sehari. Namun, hindari menempelkan es secara langsung pada area yang mengalami cedera.
  • Untuk membatasi pergerakan yang bisa memperparah kondisi cedera dan mencegah bengkak yang meluas, balut area yang cedera dengan plester (perban) elastis. Pastikan area ini terbalut rapat, tapi jangan sampai menghambat aliran darah. Lepaskan perban sebelum tidur.
  • Langkah lain untuk mencegah bengkak adalah letakkan kaki atau anggota badan yang cedera pada posisi yang lebih tinggi. Gunakan bangku tambahan sebagai alas meletakkan kaki saat duduk atau bantal saat tidur.

Baca Juga: Ini yang Menyebabkan Kaki Sering Keseleo

Kapan Harus ke Dokter?

Unknown.jpeg

Foto: integratedinjuryspecialist.com

Jika perawatan mandiri tidak berhasil dan keseleo tidak terasa membaik setelah 3 hari, segera temui dokter!

Ada pula beberapa keadaan yang mengharuskan harus segera ke rumah sakit, yaitu apabila mengalami rasa sakit yang tidak tertahankan, sendi sama sekali tidak dapat menahan beban, area yang cedera terasa kebas atau tidak dapat merasakan apa pun, mengalami cedera berulang di area yang sama, atau terdapat area kemerahan yang melebar dari tempat sendi yang keseleo.

Kasus-kasus seperti itu kemungkinan memerlukan penanganan yang lebih rumit di rumah sakit. Pada kasus ketika penggunaan obat-obatan anti-nyeri biasa tidak memberikan perbaikan, dokter mungkin akan memberikan obat anti-nyeri yang lebih kuat, misalnya kodein.

Baca Juga: Jangan Panik! Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama Saat Anak Keseleo

Nah, itulah cara mengobati keseleo yang membengkak. Apakah Moms punya cara juga yang Moms anggap lebih manjur?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait