NEWBORN
11 Juni 2018

Jangan Sampai Lupa Membawa 3 Peralatan Mandi Bayi Ini Saat Mudik ya, Moms!

Supaya bayi selalu segar dan sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Bagi Moms yang baru pertama kali merasakan pengalaman mudik bersama anak, tentu bingung menentukan barang apa saja yang harus dibawa.

Pada dasarnya, Moms harus membawa seluruh kebutuhan buah hati tercinta, mulai dari makanan dan peralatannya, pakaian, mainan, hingga perlengkapan mandi.

Jika kondisi tak memungkinkan, Moms memang tidak harus memandikan si Kecil saat berada di tengah perjalanan.

Namun, perlengkapan mandi bayi seperti sabun dan sampo tetap dibutuhkan untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh buah hati.

Agar Moms lebih mudah mempersiapkan perlengkapan mandi milik si Kecil, yuk simak apa saja yang harus dibawa berikut ini :

Baca Juga : 3 Peralatan Bayi Ini Wajib Dibawa Saat Jalan-Jalan Dengan Si Kecil

1. Sabun

shutterstock 793481821

Sabun mandi bayi merupakan perlengkapan mandi yang tak boleh Moms tinggalkan sebab sangat berguna untuk menjaga kebersihan tubuh buah hati.

Ketika si Kecil baru menyantap kudapan favoritnya, Moms bisa membersihkan sisa makan yang menempel di wajah dan tangannya menggunakan sabun.

Selain lebih efektif membersihkan kotoran, aroma sabun yang harum juga membuat buah hati selalu segar selama menempuh perjalanan mudik.

Akan tetapi, jangan sembarangan memilih sabun yang digunakan untuk membersihkan tubuh si Kecil agar kulitnya tak terkena iritasi.

Pilih sabun yang berkualitas dan dibuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk kulit sensitif buah hati.

2. Waslap

shutterstock 304891778

Waslap bayi merupakan handuk kecil yang serbaguna dan wajib dibawa saat Moms mudik bersama buah hati.

Perlengkapan mandi ini bisa digunakan menyeka tubuh si Kecil saat ia berkeringat atau membersihkan pantatnya saat ia selesai pipis dan buang air besar.

Ukurannya yang kecil membuat perlengkapan mandi ini bisa dicuci dan dikeringkan dengan mudah sehingga cocok dibawa untuk menemani perjalanan mudik buah hati tersayang.

Selain itu, waslap juga bisa digunakan untuk mengeringkan tubuh si Kecil setelah mandi.

Waslap memiliki tekstur yang sama dengan handuk sehingga efektif dipakai untuk menghilangkan sisa air dari tubuh buah hati dan mencegahnya terkena masuk angin.

3. Sampo

shutterstock 557828839

Apabila perjalanan yang ditempuh memakan waktu lama, buah hati biasanya akan berkeringat di seluruh bagian tubuh, termasuk juga kepala.

Keringat dan minyak yang muncul di kepala harus segera dibersihkan menggunakan sampo agar tidak menimbulkan gatal dan iritasi.

Pilihlah sampo khusus bayi sehingga lebih aman digunakan dan tidak perih saat tanpa sengaja terkena mata si Kecil.

Apabila dalam perjalanan mudik Moms tidak memiliki akses ke kamar mandi untuk mengeramasi buah hati, gunakan saja air secukupnya dan basahi kepala si Kecil dengan sedikit sampo.

Setelah itu, usap-usap sampo secara lembut dan merata kemudian bersihkan menggunakan waslap basah.

Selain perlengkapan mandi tersebut, bawa juga lotion bayi, bedak, serta minyak telon untuk dipakaikan kepada si Kecil selama dalam perjalanan mudik.

Dengan kondisi tubuh yang segar, ia pasti merasa lebih nyaman sehingga tak mudah rewel karena kegerahan atau terserang gatal-gatal lantaran keringat yang menempel.

(BILNA)

Artikel Terkait