JALAN-JALAN
5 Desember 2019

7 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Prioritaskan membuat paspor dan mengurus visa sebelum membeli tiket pesawat
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Bila Moms berencana untuk pergi liburan ke luar negeri bersama keluarga, tentu penting untuk memastikan perjalanan jadi menyenangkan.

Berbeda dengan berlibur ke luar kota, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum traveling ke luar negeri.

Agar tidak bingung dan terlewat, berikut ini daftarnya!

Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Traveling ke Luar Negeri

1. Membuat Paspor

buat paspor-1.jpg

Tentu saja, hal yang perlu disiapkan sebelum traveling ke luar negeri adalah dengan membuat paspor. Buat paspor beberapa bulan sebelum tanggal bepergian, terutama jika Moms juga perlu mengurus visa dari kedutaan asing.

Walaupun proses pembuatan paspor biasanya cukup sederhana dan sebentar, kadang-kadang masalah birokrasi dapat memakan waktu lebih lama.

Siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk membuat paspor, dan pastikan semuanya lengkap.

Jika Moms sudah memiliki paspor, periksa kembali tanggal kedaluwarsa paspor tersebut.

2. Persiapkan Visa Jika Diperlukan

buat visa.jpg

Kebutuhan visa berbeda-beda untuk setiap negara, tetapi dalam proses pengurusan visa bisa butuh beberapa waktu. Karenanya, penting untuk terlebih dahulu mengurus visa sebelum membeli tiket pesawat.

Lakukan riset dan cari tahu apakah negara tujuan traveling Moms memerlukan visa. Jika iya, visa seperti apa yang akan dibutuhkan?

Baca Juga: 6 Faktor yang Membuat Permohonan Visa Anda Ditolak

3. Mengunjungi Dokter

Hal-hal yang Harus Ditanyakan ke Dokter Seputar Hasil Cek Darah Rutin 02 .jpg

Langkah ini kerap diabaikan, padahal cukup penting lho, Moms! Mengingat kondisi cuaca dan suhu di negara lain tentu tidak sama dengan Indonesia.

Lakukan pemeriksaan medis dan pembersihan gigi, pastikan juga untuk memeriksa vaksinasi yang diperlukan dan diwajibkan di negara tersebut.

4. Dapatkan Asuransi Selama Perjalanan

asuransi travel.jpg

Baik itu jaminan asuransi kesehatan, perlindungan bagasi, atau asuransi perjalanan, pastikan anggota keluarga dilindungi selama traveling ke luar negeri.

Jika Moms bepergian dengan jasa travel, biasanya mereka menawarkan opsi untuk membeli paket asuransi.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Budget Liburan dalam Setahun

5. Buat Anggaran

videoblocks-family-budgeting-and-money-management-personal-household-budget-planning_rf7mxysw8z_thumbnail-full01.png

Ini sangat membantu dan penting dilakukan, terlepas Moms dan keluarga akan menghabiskan waktu lama atau sebentar saja di luar negeri.

Cari tahu kisaran biaya hidup di negara tersebut, dan perhatikan pengeluaran yang kira-kira akan dikeluarkan: hotel, makanan, transportasi, wisata, dll.

Bersikaplah realistis dengan membawa lebih banyak uang. Hal yang perlu disiapkan sebelum traveling adalah selalu mengingat bahwa keadaan darurat dan kondisi tak terduga bisa muncul saat sedang traveling.

Tips yang tak kalah penting, biasanya akan lebih murah menggunakan kartu kredit di luar negeri untuk pembelian dalam jumlah lebih banyak.

Ambil cukup uang tunai untuk keperluan yang hanya bisa bertransaksi dengan uang tunai: tip, ongkos angkutan umum, jajanan.

6. Pelajari Tentang Lokasi Traveling

pelajari lokasi tujuan.jpg

Selalu disarankan untuk bersiap-siap agar traveling di luar negeri dapat dihabiskan dengan menjelajahi dan menikmati momennya ketimbang terus membaca buku pandunan.

Teliti tempat-tempat yang ingin dikunjungi, ragam festival yang diadakan selama berada di sana, dan acara yang dapat diikuti.

Baca juga tentang budaya di negara tersebut. Jika negara ini lebih tradisional, mungkin Moms dan keluarga perlu mengemas pakaian yang sesuai.

Jika ingin pergi ke negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama, hafalkan beberapa kata dasar dalam bahasa negara tujuan.

Baca Juga: 5 Tips Super Penting Sebelum Traveling ke Luar Negeri

7. Siap-siap Berkemas

Mau tas tetap rapi saat travelling coba packing cube yuk -3.jpg

Teliti tujuan traveling terlebih dahulu, dan cari tahu barang apa yang harus dibawa, dan barang apa yang bisa dibeli dengan murah di sana.

Membawa barang secukupnya saat berkemas untuk traveling dapat memberikan ruang ekstra di bagasi untuk oleh-oleh.

Gunakan ransel yang kokoh dan yang dapat dibawa dengan mudah, baik itu melalui keramaian di kota London atau melalui hutan lebat di Brasil.

Nah, itu dia hal yang perlu dipersiapkan sebelum traveling ke luar negeri. Sudah siap bepergian bersama Si Kecil dan keluarga, Moms?

(AP/DIN)

Artikel Terkait