GAYA HIDUP
29 Juni 2019

Jangan Sembarang, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Buah

Makan buah pun ada waktunya, terlebih jika punya 3 kondisi ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Layaknya sayuran, buah juga merupakan asupan penting bagi tubuh. Ini dikarenakan buah memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk badan kita.

Buah banyak miliki kandungan serat, protein, mineral, bahkan kalori yang baik untuk energi tubuh kita. Karena hal tersebut, banyak ahli yang menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah.

Namun, ada satu yang biasa menjadi perdebatan. Kapan waktu yang tepat untuk makan buah? Apakah sebelum makan, saat pagi hari, atau memiliki waktu tertentu?

Baca Juga : Keripik Buah, Alternatif Camilan Sehat di Rumah

Makan Buah Terlebih Dahulu Bisa Sebabkan Gangguan Pencernaan?

Jangan Sembarang Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Buah - makan buah ganggu pencernaan.jpg

Foto: rd.com

Banyak yang mengklaim bahwa makan buah sebaiknya dilakukan saat perut sedang “kosong”, yakni 1 jam sebelum makan atau 1 jam sesudah makan.

Ya, masih banyak yang mengatakan jika makan buah tidak dalam perut kosong, yakni masih terdapat “makanan” di dalam perut dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan makanan yang berada di perut kita akan berfermentasi atau membusuk.

Hal ini juga mengklaim bahwa makan buah tidak dalam perut kosong bisa menyebabkan gas, ketidaknyamanan, diare, dan berbagai gejala lainnya. Ini hanya mitos lho Moms!

Meskipun benar bahwa serat dalam buah dapat memperlambat pengosongan perut, namun ini bukan berarti dapat membusukkan seluruh makanan yang berada di dalam tubuh.

Sebuah studi dari salah satu lembaga di Amerika Serikat mengatakan bahwa pada orang sehat, serat memperlambat waktu yang dibutuhkan perut untuk mengosongkan setengah isinya dari rata-rata 72 menit menjadi 86 menit.

Melambatnya pengosongan perut ini disinyalir lebih baik karena kita akan merasa kenyang lebih lama dan hal ini bisa bagus untuk seseorang yang sedang berdiet.

Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat Mengenalkan Anak dengan Jus Buah?

Waktu yang Tepat Untuk Makan Buah

Jangan Sembarang Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Buah - waktu untuk makan buah.jpg

Foto: rd.com

Ya, setiap saat sepanjang hari adalah waktu yang tepat untuk makan buah. Tidak ada bukti bahwa kita harus menghindari buah di sore hari atau sekitar waktu makan.

Walau begitu, ada beberapa saran jika ingin memakan buah baiknya dilakukan saat pagi hari setelah bangun tidur dan minum air.

Ini dikarenakan buah memiliki kandungan fruktosa yang tinggi sehingga cocok untuk menambah energi di pagi hari setelah tubuh beristirahat di malam harinya.

Buah-buahan adalah makanan sehat, bergizi, dan ramah untuk penurunan berat badan yang dapat dimakan sepanjang hari.

Baca Juga : 6 Masalah Kesehatan di Pagi Hari Ini Bisa Diatasi dengan Makan Buah-buahan

Namun, ada beberapa aturan makan buah jika kita memiliki 3 kondisi seperti ini:

  1. Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya kita makan buah sebelum makan besar atau dibarengi saat makan (seperti menambahkannya di dalam salad).Karena serat dalam buah, ini dapat membuat kita makan lebih sedikit kalori dan bahkan dapat membantu kita menurunkan berat badan.
  2. Jika kita memiliki diabetes tipe 2, sebaiknya pasangkan buah dengan makanan lain yang tinggi protein, serat, atau lemak karena dapat membuat gula dari buah memasuki usus kecil lebih lambat.
  3. Jika kita mengalami gestational diabetes, yaitu ketika seorang wanita menderita diabetes selama kehamilan, sebaiknya memakan buah disandingkan dengan makanan lain sama seperti penderita diabetes tipe 2.

Bagi para wanita ini, perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan intoleransi karbohidrat.

Seperti bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2, makan buah dengan makanan mungkin merupakan pilihan yang baik.

Namun, jika kesulitan mengontrol gula darah, menghindari buah di pagi hari bisa membantu.

(SA/CAR)

Artikel Terkait