BAYI
24 Oktober 2019

Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Turunkan Demam Bayi

Simak ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menurunkan demam bayi memang tidak menyembuhkan penyakit atau masalah yang menyebabkannya. Tetapi jika suhu tubuh bayi naik cukup tinggi dan membuatnya merasa sangat tidak nyaman atau mengalami dehidrasi, menurunkan demam dapat membantunya merasa lebih baik.

Tetapi menurunkan demam bayi tentunya tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa cara tepat dan cepat turunkan demam bayi yang direkomendasikan para dokter anak:

1. Selalu Pantau Kondisi Bayi

Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Turunkan Demam Bayi 1.jpg

Foto: healthline.com

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar orang tua memantau gejala yang muncul dan membuat buah hatinya merasa nyaman daripada mengobati demam itu sendiri.

Pasalnya, bayi yang tampak bahagia, waspada, dan nyaman mungkin tidak memerlukan perawatan dan pengobatan demam.

Baca Juga: Jenis-jenis Demam Pada Anak yang Harus Kita Tahu

2. Berikan Banyak Asupan Cairan

Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Turunkan Demam Bayi 2.jpg

Foto: todaysparent.com

Dalam laman Medical News Today dikatakan bahwa demam dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh karena itu, disarankan untuk memberikan asupan cairan yang lebih banyak pada bayi. ASI atau susu formula untuk bayi di bawah 6 bulan dan air mineral untuk bayi yang lebih tua.

Pantau bayi untuk mengetahui gejala dehidrasi yang meliputi tidak buang air kecil sesering biasanya, mata cekung, bibir pecah-pecah, atau kulit yang terlihat sangat kering atau pucat.

3. Lepas Pakaian Bayi dan Berikan Kompres

Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Turunkan Demam Bayi 3.jpg

Foto: today.com

Mengutip situs Stuff.co.nz, Dr Daniel Golshevsky, Kepala Resident Medical Officer dan dokter anak di Royal Children’s Hospital di Melbourne merekomendasikan untuk melepas pakaian bayi saat mereka demam. Untuk memastikan bayi tidak kedinginan, Moms dapat memakaikan pakaian yang lebih tipis.

Selain itu, Dr Golshevsky juga merekomendasikan kompres untuk cepat turunkan demam bayi. Caranya dengan menggunakan kain lembap yang ditepuk-tepukkan dengan lembut ke dahi dan leher bayi.

Baca Juga:Jangan Terlambat Ditangani, Ini Bedanya 3 Penyakit Dengan Gejala Ruam dan Demam Pada Bayi

4. Berikan Obat Penurun Panas yang Aman untuk Bayi

Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Turunkan Demam Bayi 4.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Karena terkadang demam pada bayi disebabkan oleh infeksi, maka obat penurun demam akan lebih cepat turunkan demam pada bayi dan membuatnya merasa lebih baik.

Moms dapat memberikan acetaminophen pada bayi di bawah 6 bulan dan ibuprofen pada bayi yang lebih tua. Namun, dilarang untuk memberikan aspirin pada bayi karena dapat menyebabkan sindrom Reye.

Lalu, apakah boleh memberikan acetaminophen dan ibuprofen secara bergantian dengan dosis yang lebih rendah?

“Tidak pernah terbukti memberikan lebih dari satu jenis obat akan lebih efektif. Bahkan ini berisiko lebih tinggi untuk menyebabkan overdosis jika menggunakan dua obat sekaligus,” kata Ty G. Bristol, MD, MPH, direktur medis UNC Pediatrics di Panther Creek, seperti dikutip dari UNC Health Talk.

5. Mandi dengan Air Hangat

Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Turunkan Demam Bayi 5.jpg

Foto: madeof.com

BabyCenter mengatakan bahwa mandi air hangat dapat membantu lebih cepat turunkan demam bayi. Di mana saat air menguap dari kulit bayi, itu akan mendinginkannya dan menurunkan suhu tubuhnya.

Akan tetapi, pastikan untuk menghindari memandikan bayi dengan air dingin. Itu dapat membuat bayi menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya naik. Alkohol gosok (obat demam kuno) juga tidak boleh digunakan karena dapat menyebabkan lonjakan suhu tubuh dan bahkan keracunan alkohol.

Baca Juga: 4 Perawatan di Rumah yang Bisa Dilakukan Saat Anak Demam

6. Berada di Tempat yang Sejuk

Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Turunkan Demam Bayi 6.jpg

Foto: news.psu.edu

Dikutip dari situs Mountelizabeth.com.sg, memastikan bayi berada di ruangan atau tempat yang sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang baik juga dapat membantu lebih cepat turunkan demam bayi.

Sementara itu, tempat terbuka dan ramai lebih baik dihindari selama bayi sedang demam atau sakit.

Hubungi dokter segera jika bayi di bawah 3 bulan mengalami demam. Untuk bayi usia 3-5 bulan, hubungi dokter jika suhu tubuhnya mencapai 101 derajat atau lebih tinggi. Pada bayi berusia 6 bulan, demam dengan suhu mencapai 102 derajat atau lebih harus segera dibawa ke dokter.

Artikel Terkait