RESEP
1 Februari 2019

Jangan Tertukar ya, Ini 7 Jenis Krim untuk Memasak dan Kegunaannya

Heavy cream paling cocok untuk mendekorasi kue
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur


Pernahkah Moms berbelanja di supermarket dan menemukan deretan krim di salah satu bagian? Ada whipping cream, heavy cream, sour cream, single cream, dan krim lainnya.

Membingungkan? Tentu saja. Maklum, masakan Indonesia lebih banyak menggunakan santan ketimbang krim.

Sebelum Moms tambah bingung, tidak ada salahnya mempelajari perbedaan krim-krim tersebut. Jadi, ketika menemukan resep dengan bahan krim di dalamnya, Moms sudah tahu krim mana yang dimaksud.

Baca Juga : 3 Kreasi Masakan Telur untuk Si Kecil, Mudah dan Enak!

Yuk pelajari jenis-jenis krim untuk memasak dan kegunaannya di bawah ini!

Whipping Cream

Foto: Epicurious.com

Krim ini bisa menebal dan menambah volumenya saat dikocok. Krim ini biasanya ditemukan di bagian lemari pendingin supermarket karena tidak dapat disimpan dalam suhu kamar. Krim ini cocok untuk topping atau isian.

Heavy Cream

Foto: Myrecipes.com

Heavy cream merupakan krim sangat sangat kental dan dapat dibentuk dengan baik. Karena volumenya yang lebih berat, krim ini akan berbentuk padat ketika dikocok. Krim ini biasanya digunakan untuk mendekorasi kue.

Single Cream

Foto: Edisimarket.co.nz

Single cream merupakan krim ringan. Krim jenis ini tidak dapat dikocok maupun dipanaskan. Krim ini merupakan alternatif pengganti susu untuk berbagai masakan.

Biasanya, krim ini digunakan untuk disajikan bersama potongan buah dan pudding. Tidak jarang juga sup, saus, dan hidangan gurih lainnya menggunakan krim jenis ini dalam proses memasaknya.

Baca Juga : Resep Membuat Sup Krim Jamur Enak

Half and Half Cream

Foto: Myrecipes.com

Sesuai dengan namanya half and half cream terbuat dari setengah susu dan setengah krim. Krim jenis ini biasanya digunakan untuk tambahan kopi. Kopi jadi lebih ringan tapi tidak terlalu creamy.

Crème Fraîche

Foto: Taste.com.au

Crème fraîche merupakan krim kental segar yang diolah dengan bakteri sehingga terdapat cita rasa tajam, pedas, dan sedikit asam.

Crème fraiche biasanya digunakan untuk mengentalkan sup dan semur, serta saus salad dan kari karena rasanya yang tajam.

Baca Juga : Ternyata Ini 6 Manfaat Mengajak Anak Memasak, Yuk Lakukan Bersama Si Kecil!

Sour Cream

Foto: Biggerbolderbaking.com

Sour cream adalah krim segar yang difermentasi. Krim ini mirip dengan crème fraîche yang memberikan rasa asam yang enak.

Namun, ini lebih tipis dari crème fraîche sehingga mudah dicampur dengan hidangan dan memiliki lebih banyak rasa asam.

Sour cream sering digunakan sebagai bahan dasar untuk campuran saus dan dressing, kue, atau digunakan apa adanya sebagai saus.

Krim Serbaguna

Foto: Createwithcream.ph

Sesuai namanya, krim serbaguna adalah jenis krim yang fleksibel dan serbaguna yang dapat digunakan untuk kreasi gurih dan manis. Krim ini dapat dituang pada suhu kamar tetapi juga dapat dengan mudah dikocok saat dingin.

Itulah beberapa jenis krim yang umumnya ada di pasaran. Sudah tidak bingung lagi kan mau memasak dengan krim yang mana Moms?

(AND)

Artikel Terkait