FASHION & BEAUTY
16 Oktober 2017

5 Kesalahan Saat Keramas yang Bikin Rambut Berketombe

Rambut kusut atau bahkan rusak tak melulu karena salah shampo. Bisa jadi karena 5 kesalahan saat keramas berikut!
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Mencuci rambut tentu lekat dengan keseharian kita. Tapi, seringkali meski sudah rutin keramas dengan shampo sesuai jenis kulit, rambut tetap terlihat kusut, tak berkilau, bahkan berketombe.

Sebaiknya, berhenti salahkan cuaca atau shampo yang dipakai. Sebab tanpa disadari kita punya kebiasaan buruk saat keramas yang berpotensi membuat rambut rusak.

Apa saja kebiasaan yang ternyata salah tersebut?

2 body teks beauty kesalahan keramas

Rambut Kurang Basah

Pastikan seluruh kulit kepala dan helaian rambut sudah dibasahi air. Ini dilakukan agar rambut tidak kusut saat shampo diaplikasikan. Sebaiknya gunakan shower agar tidak boros air.

3 body teks beauty kesalahan keramas

Menggosok Terlalu Keras

Mungkin niatnya ingin agar rambut dan kulit kepala bersih. Tetapi, menggosok terlalu keras saat keramas justru akan merusak rambut. Kulit kepala bisa terluka dan rambut bisa patah-patah. Jadi, cukup pijat secara lembut saat keramas.

4 body teks beauty kesalahan keramas

Keramas Terlalu Sering

Memang bagi sebagian orang, tidak sah kalau mandi tidak keramas. Tapi, harus diingat bahwa mencuci rambut terlalu sering dapat membuat rambut jadi kering dan megar karena kehilangan minyak alaminya. Sebaiknya, cukup keramas dua hari sekali.

5 body teks beauty kesalahan keramas

Tidak Bersih Saat Membilas

Bilas kulit kepala dan rambut dengan bersih. Pastikan tidak ada busa atau bahkan cairan shampo yang tertinggal. Bilasan yang tidak bersih dapat menjadi penyebab munculnya ketombe di kulit kepala.

6 body teks beauty kesalahan keramas

Memakai Kondisioner Hingga Kulit Kepala

Nah, ini bagian yang paling sering luput dari perhatian. Mungkin banyak dari kita yang belum tahu kalau kondisioner tidak diperuntukkan bagi kulit kepala.

Kondisioner berguna untuk menghaluskan dan melembapkan helaian rambut.

Untuk itu, aplikasikan kondisioner hanya dari tengah hingga bawah rambut. Jika dipakai di kulit kepala, kondisioner justru akan menjadi penyebab munculnya ketombe.

Jadi, sudah tahu, kan 5 kebiasaan yang salah saat keramas selama ini? Mana yang paling sering Mama lakukan?

Artikel Terkait