KESEHATAN
31 Juli 2020

Jarang Dilirik, Ternyata Ada 12 Manfaat Kesehatan Daun Binahong!

Daun binahong bisa mengatasi anemia dan maag
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms mungkin belum pernah mendengar tentang daun binahong. Namun, daun ini memiliki bentuk yang sangat familiar, lho! Daun berbentuk hati ini punya banyak khasiat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat daun binahong yaitu seperti kemampuannya dalam mengatasi luka bakar hingga penyakit ginjal kronis.

Nah, ketahui manfaat kesehatan daun binahong yang mungkin belum pernah Moms ketahui berikut ini.

Manfaat Kesehatan Daun Binahong

manfaat kesehatan daun binahong-1.jpg

Foto: biolib.cz

Daun binahong dikenal dengan nama Madeira vine dalam bahasa Inggris, dengan nama ilmiah Anredera cordifolia. Daun ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan kawasan tropis di Amerika Serikat.

Selain mudah ditemukan, manfaat daun binahong juga melimpah untuk kesehatan. Apa saja manfaat kesehatan daun binahong?

1. Mencegah Penyakit Jantung

Rupanya, salah satu manfaat kesehatan daun binahong yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan saponin dalam daun binahong dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Caranya cukup dengan menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Tambahkan gula atau madu sehingga rasanya jadi lebih manis. Resep ini dapat dikonsumsi dua kali sehari.

Baca Juga: Jangan Kaget! Ini 6 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

2. Mengobati Luka Bakar

Kita tahu bahwa luka bakar harus mendapatkan penanganan yang cepat. Dari penelitian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat.

Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong.

3. Mengobati Maag

Jika Moms memiliki penyakit maag akut yang kerap kambuh saat jadwal makan berantakan, daun binahong bisa jadi sahabat bagi pencernaan. Mengobati maag adalah manfaat kesehatan dari daun binahong.

Mengonsumsi daun binahong dapat mengendalikan asam lambung agar tetap terkendali dan tidak naik yang menyebabkan maag kambuh.

4. Mengobati Asam Urat

Manfaat kesehatan daun binahong selanjutnya adalah mengobati asam urat. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh.

Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Jadi, apabila Moms merasa telah makan hidangan seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, ada baiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Buah Labu untuk Balita

5. Mencegah Kanker

Kanker menjadi mimpi buruk banyak orang. Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh. Tapi kabar baiknya, manfaat daun binahong selanjutnya dapat mencegah terjadinya kanker.

Kandungan antioksidan dalam daun binahong terbukti efektif mencegah kanker. Moms dapat mengonsumsinya dengan merebus daun binahong dan meminum airnya 3 kali sehari.

6. Mencegah Diabetes

Kadar gula tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Jika Moms ingin mengendalikannya, selain mengatur pola makan, manfaat kesehatan daun binahong juga bisa jadi pilihan.

Daun binahong dapat mengontrol kadar gula tubuh seseorang. Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

7. Memulihkan Stamina

Lelah setelah seharian lembur bekerja? Air rebusan daun binahong dapat mengembalikan stamina tubuh yang kelelahan. Moms cukup merebus 1 daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan mengonsumsinya secara berkala.

Bahkan, air rebusan daun binahong juga dapat meningkatkan vitalitas pria jika dikonsumsi dalam dosis yang lebih banyak. Tapi tentu saja, pastikan tidak ada reaksi negatif dari tubuh sebelum mencobanya.

Baca Juga: 5 Makanan Penambah Stamina

8. Mengatasi Anemia

Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal. Perlu asupan zat besi untuk mengimbanginya. Nah, daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah sehingga dapat mengatasi anemia.

9. Mencegah Diabetes

Kadar gula yang tinggi di dalam tubuh bisa memicu diabetes kapan saja. Jika Moms ingin mengendalikannya, selain pola makan harus diatur, manfaat kesehatan daun binahong juga bisa menjadi pilihan.

Daun binahong terkandung senyawa alkaloid yang mempunyai sifat hipoglikemik. Bahkan daun binahong terkenal mempunyai khasiat untuk menurunkan kadar gula darah dengan optimal.

Serta, daun binahong juga bisa menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes melitus. Caranya mudah Moms, cukup mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

Baca Juga: 7 Langkah Mencegah Diabetes, Jangan Sampat Terlambat!

10. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat kesehatan daun binahong yang pasti dan sudah teruji adalah dapat menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalamnya yang cukup tinggi.

Menurut penelitian oleh W. Selama, telah menunjukkan bahwa ekstrak etanol pada daun binahong mempunyai total flavonoid sebesar 11,266 mg (per kilogram daun binahong segar) dan 7,687 (per kilogram daun binahong kering).

Ekstrak etanol daun binahong mempunyai antioksidan sebanyak 4,25 mmol per 100 gram (daun binahong segar) dan 3,89 mmol per 100 gram (daun binahong kering).

11. Mengatasi Masalah Otak

Permasalah otak bisa menyerang anak-anak sampai orang dewasa. Penyebabnya juga beragam, mulai dari bakteri, virus, sampai asupan makanan, dan juga benturan yang terlalu keras.

Untuk bisa mengatasi permasalah otak, daun binahong bisa menjadi salah satu solusinya. Walaupun begitu, tidak semua jenis penyakit otak ini dapat diatasi dengan daun binahong.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Berkat kandungan antioksidan tinggi yang terkandung di dalam daun binahong, seperti lutein, vitamin A, vitamin C, zeaxanthin, dan betakaroten yang memberikan perlindungan pada orang serta kulit Moms dari radikal bebas.

Vitamin A dan vitamin C yang tinggi di dalam daun binahong dapat membantu kulit Moms menjadi lebih elastis, meremajakan kulit secara alami, dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

Efek Samping Daun Binahong

manfaat kesehatan daun binahong-2.jpg

Foto: sheknows.com

Setiap yang herbal memang alami dan memiliki segudang khasiat, termasuk manfaat kesehatan daun binahong yang bisa didapatkan. Meski demikian, tidak semua orang cocok dengan pengobatan alami dengan rempah-rempah atau dedaunan seperti daun binahong.

Perlu diingat bahwa mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun binahong secara berlebihan hanya akan mendatangkan efek samping bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

  • Memicu terjadinya stroke dan hipertensi
  • Dilarang dikonsumsi bersama zat stimulan seperti teh dan kopi
  • Tidak untuk dikonsumsi Ibu hamil dan Ibu menyusui
  • Penderita nyeri dada sebaiknya tidak mengonsumsi binahong

Kandungan efedrin dalam daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan zat yang ada dalam teh dan kopi. Dikhawatirkan bisa memicu pusing, gelisah, mual, muntah, insomnia, dan jantung berdebar.

Untuk itu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi air rebusan daun binahong.

Moms juga bisa mencoba dalam porsi kecil dan lihat reaksinya pada tubuh. Jika sudah dirasa cocok dan efektif mengatasi keluhan medis, maka manfaat kesehatan daun binahong bisa dirasakan.

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Sumber: sehatq.com

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait