KESEHATAN
8 Juli 2019

4 Alasan Mengapa Sebaiknya Kita Menjauhi Gadget Sebelum Tidur

Ternyata bisa tingkatkan obesitas lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Menggunakan gadget seperti smartphone atau tablet kini menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita.

Bahkan, ketika kita ingin beranjak tidur, kita masih saja menatap layar smartphone, scrolling media sosial atau sekedar bermain game. Mungkin, sekarang ini kita belum merasakan benar dampak buruk dari bermain smartphone sebelum tidur.

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar pada ponsel, komputer, tablet, dan televisi menahan produksi melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidur atau bangun tidur kita. Ini dinamakan ritme sirkadian.

Kurangnya melatonin dalam tubuh membuat kita lebih sulit tertidur sehingga membuat pagi kita akan jauh lebih berat.

Sebaiknya kini Moms pikirkan dampak buruk untuk kesehatan kita jika masih bermain gadget sebelum tidur. Ini 4 alasan sebaiknya kita menjauhi gadget sebelum tidur.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Mengatasi Insomnia

1. Bisa Terkena Sindrom Penglihatan Komputer

gadget sebelum tidur

Jika Moms merasa kelelahan mata sehingga tak fokus dalam melihat atau membaca apapun, penglihatan kabur, iritasi, mata kemerahan, dan penglihatan ganda, ini bisa disebut sindrom penglihatan komputer.

Sebaiknya, kita perlu mengistirahatkan mata kita dari menatap layar gadget dengan cara melihat pandangan jauh selama 15 detik hingga 1 menit. Oleh sebab itu, jauhi gadget sebelum tidur agar mata bisa lebih rileks.

Baca Juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

2. Sebabkan Insomnia

gadget sebelum tidur

Alasan kedua menjauhi gadget sebelum tidur adalah yang paling penting, sebab gadget berisiko membuat kita insomnia.

Produksi melatonin di tubuh akan berkurang karena paparan cahaya biru dari layar gadget kita. Kurangnya melatonin ini akan membuat tubuh menjadi lebih sulit untuk tidur sehingga dapat mengendalikan siklus tidur. Akibatnya, kita akan terkena insomnia dan kita akan merasa lelah di pagi hari.

3. Membuat Cedera Saraf

gadget sebelum tidur

Gerakan kecil yang konstan seperti melakukan scroll mouse atau layar, bahkan mengetik pada keyboard dapat mengiritasi tendon; pembengkakan dapat menekan saraf.

Penggunaan mouse komputer selama setengah jam sehari bisa membuat kita berisiko sakit di bahu, lengan, atau tangan dan ini bisa mengakibatkan cedera saraf.

"Jika kita sering lakukan hal itu (scrolling, mengetik), ini bisa menjadi racun bagi sel-sel saraf dan sel lainnya," ungkap Mary Barbe, PhD, seorang profesor di departemen anatomi dan biologi sel di Temple University.

Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Gangguan Tidur yang Berbahaya Bagi Balita

4. Bisa Tingkatkan Obesitas

gadget sebelum tidur

Hubungan antara gadget dan obesitas lebih mengacu pada gaya hidup kita. Ya, jika terpaku untuk menatap layar gadget, entah smartphone atau layar televisi, kita akan lebih mudah lapar dan mendorong diri untuk makan lebih banyak.

"Pada dasarnya, semakin banyak TV yang Anda tonton, semakin berat Anda," ujar Jason Mendoza, MD, MPH, asisten profesor pediatri di Baylor College of Medicine. Alih-alih menjadi obesitas karena gadget, yuk, coba aktivitas lain seperti olahraga atau bersosialisasi.

Itu dia beberapa alasan agar kita menjauhi gadget sebelum tidur. Jangan sampai Moms jadi makin susah tidur dan obesitas hanya karena terlalu sering menggunakan gadget.

(SA)

Artikel Terkait