SELEBRITI
24 Juli 2019

Jefri Nichol Kena Kasus Narkoba, Ini Cara Mendidik Anak Agar Jauh dari Narkoba

Moms harus membangun hubungan yang lebih dekat dengan anak

Sumber: instagram.com/jefrinichol

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Setelah Nunung, kabar mengejutkan kembali datang dari dunia hiburan Indonesia. Kali ini aktor muda berbakat Jefri Nichol, ditangkap polisi karena terjerat kasus narkoba.

Mengutip dari Kompas, aktor muda yang sedang naik daun ini ditangkap karena saat digeledah, ditemukan narkoba jenis ganja di dalam kulkas tempat tinggalnya di wilayah Kemang. Penggeledahan ini dilakukan karena adanya informasi dan hasil penyelidikan.

Sontak para penggemar Jefri Nichol heboh dengan kasus penangkapan ini. Aktor peran ini memang terkenal sebagai aktor yang rendah hati dan selalu bisa membawa penikmat film dalam setiap akting yang ia perankan.

Sayang saat sedang tenar-tenarnya, ia justru terlibat dengan penyalahgunaan narkoba dan terancam hukuman penjara.

Bagi para Moms yang melihat atau mendengar berita ini, tentu memiliki rasa khawatir atau was-was jika Si Kecil akan terjerat barang haram ini. Supaya hal tersebut tidak terjadi, yuk Moms didik anak agar jauh dari narkoba dengan cara-cara ini.

Baca Juga: Nunung Konsumsi Narkoba Sejak 20 Tahun Lalu, Ini Efek Jangka Panjang Narkoba

1. Ajari Anak Gaya Hidup Sehat

anak jauh dari narkoba

Menurut the National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, lebih dari sepertiga remaja telah mengonsumsi narkoba sejak usia 15 tahun.

Tentu ini hal yang mengkhawatirkan. Makanya mendidik agar anak jauh dari narkoba bisa dilakukan dengan mengajari anak tentang gaya hidup sehat.

Beri tahu manfaat apa saja yang akan didapatkan anak saat ia makan makanan bergizi, istirahat cukup, dan menjaga tubuhnya dengan baik. Lalu ajak ia melaksanakan gaya hidup tersebut. Dengan contoh dari Moms dan Dads, anak akan lebih mudah memahami konsep hidup sehat.

2. Kenali Teman Anak

anak jauh dari narkoba

Orang tua tidak dapat terus menjaga anak selama 24 jam. Apalagi jika Si Kecil sudah beranjak remaja dan memiliki banyak teman lain di sekelilingnya. Anak tentu akan menjadi semakin mandiri dan sudah berani mengambil keputusan dengan siapa mereka akan bermain.

Agar anak jauh dari narkoba, salah satu upaya yang bisa orang tua lakukan adalah mengenali teman sepermainan anak.

Pastikan mereka bergaul dengan orang-orang yang memiliki pemikiran positif dan konstruktif yang memiliki pandangan anti-narkoba. Karena remaja adalah masa di mana anak rentan tergoda narkoba.

“Hampir sepertiga dari anak berusia 12 hingga 17 tahun di Amerika Serikat telah menggunakan obat terlarang,” pernyataan ini dikeluarkan oleh The National Drug Control Policy.

Baca Juga: Selain Nunung, Ini 4 Anggota Srimulat yang Kena Kasus Narkoba

3. Jelaskan Pada Anak Bahaya dari Narkoba

anak jauh dari narkoba

Katakan bahwa narkoba adalah racun bagi tubuh. Akan menghambat aktivitas atau kegiatan kita sehari-hari anak, bahkan dapat mengakibatkan kematian bagi penggunanya.

Jelaskan bahwa konsumsi narkoba dalam jumlah banyak, akan membuat sel-sel pada otak berhenti bekerja, menghancurkan liver, dan mematikan fungsi tubuh lainnya.

4. Ajak Anak untuk Berkomunikasi Setiap Hari

anak jauh dari narkoba

“Cobalah untuk melakukan percakapan dengan anak setiap hari, sehingga kita bisa membangun hubungan yang lebih intim. Jalan kaki sore atau naik mobil bersama anak sambil ngobrol juga merupakan waktu yang tepat,” tutur Stephen Wallace, direktur Pusat Penelitian dan Pendidikan Remaja.

Menurut Maurice Elias, direktur Lab Belajar Sosial-Emosional Rutgers, komunikasi dengan anal harus terus dilakukan seiring dengan usia anak yang semakin bertambah.

Baca Juga: Ciri-ciri Anak yang Memakai Narkoba dan Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Itulah Moms beberapa cara yang dapat dilakukan agar anak jauh dari narkoba. Terus ajak anak berdiskusi dan komunikasi yang terbuka adalah kunci utama.

Artikel Terkait