DI ATAS 5 TAHUN
22 Juli 2020

Selain Salmon, Ini 4 Jenis Ikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Harganya terjangkau dan nutrisinya tidak kalah dari salmon
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, sudahkah melengkapi pola makan Si Kecil dengan berbagai jenis ikan untuk meningkatkan kecerdasan anak? Selain padat gizi dan nutrisi, beberapa jenis ikan rupanya memiliki kandungan istimewa yang sangat baik bagi perkembangan otak dan fungsi anak.

Menurut sebuah studi yang dilansir jurnal Scientific Reports, anak yang makan ikan setidaknya satu kali dalam seminggu menunjukkan kualitas tidur lebih baik dan hasil tes IQ lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang jarang makan ikan.

Jenis Ikan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Yuk Moms, kita simak bersama berbagai jenis ikan yang perlu rutin diberikan supaya Si Kecil semakin cerdas.

1. Ikan Kembung

Selain Salmon, Ini 4 Jenis Ikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Tidak banyak yang menyadari, tapi ikan kembung sebenarnya termasuk salah satu jenis ikan untuk meningkatkan kecerdasan anak lho, Moms.

Dikenal juga dengan nama chub mackerel, di dalam 100 gram ikan kembung terkandung sekitar 2670 miligram asam lemak omega-3. Itu artinya ikan kembung memiliki kadar yang sedikit lebih tinggi dari salmon, tapi dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Dari berbagai hasil studi juga diketahui kalau rutin mengkonsumsi ikan jenis mackerel dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan mental.

Baca Juga: 7 Stimulasi Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Akademis Anak

2. Ikan Bandeng

Selain Salmon, Ini 4 Jenis Ikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak 2.jpg

Foto: Pepper.ph

Bukan hanya memiliki kadar omega-3 yang relatif tinggi, ikan bandeng juga kaya akan kandungan vitamin B1 dan B2 yang penting untuk menjaga kesehatan fungsi saraf, memberikan energi bagi otak, serta menguatkan daya ingat.

Ikan asli Asia Tenggara ini juga memiliki kandungan mineral esensial potasium yang berperan dalam mengirimkan sinyal saraf dari otak serta memberikan perlindungan dari gangguan fungsi kognitif.

Namun, selalu berhati-hati dengan duri halusnya saat memberikan ikan bandeng untuk Si Kecil ya, Moms.

3. Ikan Sarden

Selain Salmon, Ini 4 Jenis Ikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak 3.jpg

Foto: Thespruceeats.com

Tahukah Moms, kalau sarden adalah salah satu jenis ikan laut yang paling aman dikonsumsi oleh anak karena memiliki kadar merkuri sangat rendah tetapi padat akan berbagai nutrisi yang penting untuk otak dan tubuh Si Kecil?

Studi dari National Institutes of Health menyebutkan kalau ikan sarden mengandung EPA dan DHA, dua tipe asam lemak omega-3 yang penting bagi fungsi dan perkembangan otak anak. Ikan sarden juga kaya akan protein, kalsium, vitamin D, dan selenium yang penting untuk perkembangan kognitif.

Selain harganya ramah di kantong serta mudah didapat dan diolah, memilih makan ikan sarden juga dapat membantu melestarikan ekosistem laut dan menjaga ketahanan pangan dari laut lho, Moms.

Baca Juga: 5 Aktivitas Untuk Mengasah Kecerdasan Verbal Linguistik Anak

4. Ikan Cakalang

Selain Salmon, Ini 4 Jenis Ikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak 4.jpeg

Foto: Exportersindia.com

Sebagai ikan yang termasuk dalam keluarga tuna, tidak heran kalau ikan cakalang juga padat akan berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk otak dan kecerdasan anak.

Selain kaya akan omega-3,ikan cakalang juga mengandung vitamin b3 atau niacin yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan sel otak, membantu kecepatan berpikir, menenangkan pikiran, dan meningkatkan daya ingat otak.

Baca Juga: 4 Tips Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

Ingat ya Moms, memberikan jenis ikan untuk meningkatkan kecerdasan anak saja masih belum cukup. Mengajak dan mendorong Si Kecil untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa menstimulasi kerja otaknya juga tetap tidak kalah penting.

Apa Moms tahu, makanan lain yang juga baik untuk mendukung kecerdasan dan fungsi otak anak?

Artikel Terkait