GAYA HIDUP
14 Mei 2020

4 Jenis Investasi Aman saat Pandemi COVID-19, Minim Risiko

Lakukan riset dahulu untuk mencari investasi yang cocok ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tidak dapat dipungkiri, pandemi COVID-19 menyebabkan sektor ekonomi dan bisnis mengalami penurunan besar-besaran. Harga saham menurun, tak sedikit perusahaan yang melakukan PHK, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, Moms bisa memanfaatkan momen ini untuk melakukan investasi dengan aman di tengah pandemi, setidaknya dengan risiko yang terbilang cukup rendah.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui apa saja jenis investasinya berikut ini.

Baca Juga: Moms Cerdas Wajib Melek Trend Investasi Digital

Jenis Investasi yang Aman saat Pandemi COVID-19

investasi aman saat pandemi-1

Foto: Orami Photo Stock

Dengan segala ketidakpastian ini, Moms mungkin berpikir bahwa bukan waktu yang tepat untuk melakukan investasi.

Tetapi, bagi Moms atau suami yang akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), tidak ada salahnya untuk melakukan investasi yang aman saat pandemi dengan memilih jenis investasi berisiko rendah.

1. Tabungan

Menyimpan uang di rekening tabungan bisa menjadi salah satu investasi aman saat pandemi COVID-19. Moms bisa mendapatkan bunga per tahun dengan menabung uang tersebut, dan tentunya minim risiko.

Namun, kekurangan dari investasi jenis ini adalah uangnya yang cenderung pasif, dan bunga yang didapat juga tidak sebanding dengan inflasi yang terjadi per tahunnya.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Tabungan Pendidikan Anak yang Terbaik

2. Reksadana Pasar Uang

investasi aman saat pandemi-2

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Investor, investasi reksadana adalah perusahaan yang mengumpulkan uang dari banyak investor dan menginvestasikan uangnya dalam sekuritas seperti saham, obligasi, dan utang jangka pendek.

Ada empat jenis reksadana: reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksa dana saham. Reksadana pasar uang merupakan jenis investasi yang minim risiko saat pandemi.

Mengutip Modal Rakyat, hal ini karena sebagian besar dananya akan dialokasikan pada surat berharga, dengan jangka waktu jatuh tempo di bawah satu tahun. Moms bisa menggunakan aplikasi reksa dana terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memudahkan investasi.

3. Peer-to-Peer Lending

investasi aman saat pandemi-3

Foto: Orami Photo Stock

Peer-to-peer (P2P) lending atau pinjaman P2P juga bisa menjadi rekomendasi investasi yang aman dan minim risiko saat pandemi.

Melansir Investopedia, P2P lending memungkinkan individu untuk mendapatkan pinjaman langsung dari beberapa individu lain, melalui perantara. Pinjaman P2P juga dikenal sebagai "pinjaman sosial."

Moms bisa menentukan berapa banyak uang yang hendak diberikan sebagai modal, dan keuntungan akan didapatkan dari bunga per tahun yang dibayarkan oleh peminjam modal.

Baca Juga: Takut Berinvestasi? Begini Tips Investasi untuk Ibu Rumah Tangga

4. Obligasi

investasi aman saat pandemi-4

Foto: Orami Photo Stock

Terakhir, ada investasi obligasi yang juga merupakan rekomendasi investasi aman di tengah pandemi COVID-19. Obligasi memang butuh modal lebih besar dari reksa dana, tetapi juga termasuk investasi yang minim risiko.

Mengutip situs Otoritas Jasa Keuangan, obligasi adalah surat utang jangka panjang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah dengan nilai nominal dan waktu jatuh tempo tertentu.

Investor dari obligasi menarik, karena investor tidak hanya mendapatkan keuntungan dari pembayaran bunga tetap (kupon), tetapi juga memiliki peluang untuk untung dari capital gain (selisih harga beli dan jual).

Itu dia Moms, beberapa jenis investasi aman saat pandemi COVID-19 yang minim risiko dan bisa dijadikan pilihan. Jangan lupa lakukan riset terlebih dahulu jika ingin berinvestasi dengan cerdas, ya!

Artikel Terkait