TRIMESTER 1
13 Desember 2019

7 Jenis Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi pada Trimester Pertama Kehamilan

Konsumsi buah dan sayuran hijau melengkapi kebutuhan asam folat
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pada trimester pertama, Moms mengalami mual, muntah, mudah lelah, hingga gangguan pencernaan. Pada tahap itu pula, asupan makanan yang Moms konsumsi penting untuk perkembangan bayi dalam kandungan.

Ingat, semua yang Moms makan, itu pula yang akan dikonsumsi oleh buah hati. Jadi, bagaimana pun, asupan makanan Moms harus lah yang punya nilai gizi tinggi.

Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi pada Trimester Pertama Kehamilan

Dari banyak jenis makanan yang ada, ada beberapa makanan terbaik untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan. Nah, berikut ini makanan terbaik untuk dikonsumsi pada trisemester pertama kehamilan. Simak ya Moms!

Baca Juga: 5 Sumber Makanan Penting Untuk Dikonsumsi Selama Trimester Kedua Agar Janin Berkembang Sempurna

1. Yogurt dan Susu

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi pada Trimester Pertama Kehamilan

Foto: aarp.org

Makanan terbaik untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah yogurt dan susu. Yogurt adalah pilihan yang sangat menenangkan untuk membuat perut Moms kenyang. Moms dapat mengonsumsi yogurt bersamaan dengan buah, misalnya apel yang baik untuk mengatasi sakit perut.

Selain itu, susu juga baik untuk di konsumsi karena mengandung protein, lemak baik, kolin, dan vitamin B12. Namun, pastikan susu dan yogurt tersebut sudah di pasteurisasi.

2. Bayam dan Sayuran Hijau Lainnya

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi pada Trimester Pertama Kehamilan

Foto: simplyrecipes.com

Makanan terbaik untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah bayam dan sayuran hijau. Bayam kaya akan dengan vitamin dan nutrisi. Menurut World's Healthiest Foods, bayam memiliki konsentrasi vitamin K, vitamin A, mangan, asam folat, magnesium, dan zat besi yang sangat tinggi.

Selain bayam, sayuran hijau lainnya baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Sebab, sayuran hijau mengandung vitamin dan nutrisi yang baik, rendah kalori, dan lemak. Konsumsi sayuran membantu pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Sara Tingle, NP-C, praktisi perawat keluarga di Athens, Georgia menjelaskan, ibu hamil membutuhkan nutrisi asam folat yang membantu mencegah cacat tabung saraf. Wanita perlu mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap hari mulai setidaknya satu bulan sebelum pembuahan dan selama masa kehamilan.

”Asam folat dapat diperoleh melalui berbagai makanan, seperti sebagai kacang, lentil, sereal yang diperkaya dan sayuran berdaun gelap, tetapi ibu hamil juga tetap harus mengonsumsi vitamin prenatal untuk memastikan mendapatkan jumlah asupan asam folat harian yang cukup,” jelasnya.

3. Kacang-kacangan

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi pada Trimester Pertama Kehamilan

Foto: exportersindia.com

Makanan terbaik untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang merupakan camilan sehat yang baik, karena mengandung lemak dan kolin yang sehat.

4. Daging Merah dan Daging Ayam

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi pada Trimester Pertama Kehamilan

Foto: insidehook.com

Makanan terbaik untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah daging merah dan ayam. Daging merah kaya protein, zat besi, dan vitamin B12. Begitu pula dengan daging ayam yang memiliki kandungan protein, vitamin B6, vitamin B12, dan kolin.

Daging ayam adalah sumber protein yang baik dan rendah lemak. Pastikan dalam mengolah daging merah dan daging ayam tersebut sudah benar-benar matang ya Moms.

Crystal Karges, M.S., R.D.N., konsultan ahli gizi dan laktasi yang praktik di San Diego menyebutkan pada trisemester pertama kehamilan, ibu hamil cenderung mengalami mual, untuk itu membutuhkan konsumsi makanan yang dapat meredakan mual.

"Nasi, apel, buah segar, kaldu dan sup berbahan dasar bening, kentang, yogurt dan sereal multigrain lebih mudah dicerna oleh tubuh juga dapat membantu mual. Selain itu, makanan yang mengandung vitamin B6 juga terbukti mengurangi mual," jelasnya.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari pada Trimester Pertama Kehamilan

5. Buah Segar

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi pada Trimester Pertama Kehamilan

Foto: berries.com

Makanan terbaik untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah buah segar. Ketika hamil muda Moms cenderung sulit makan makanan berat. Untuk itu, mengonsumsi buah segar dapat menjadi pilihan yang tepat. Buah secara alami rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol.

Buah mengandung vitamin B, asam folat, dan serat makanan. Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi secara langsung dibandingkan diolah sebagai jus buah.

6. Biji Chia

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi pada Trimester Pertama Kehamilan

Foto: thepioneerwoman.com

Makanan terbaik untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah biji chia. Biji chia adalah makanan super untuk kehamilan. Menurut Live Strong, dua sendok makan biji chia mengandung 138 kalori, sekitar 8,5 gram lemak (terutama asam lemak omega-3), 4,5 gram protein, 11 gram karbohidrat, dan 9 gram serat.

Biji chia juga merupakan sumber kalsium, zat besi, dan vitamin A. Satu porsi biji chia mencukupi lebih dari 15 persen kebutuhan protein wanita hamil, lebih dari sepertiga kebutuhan serat harian, dan hampir semua kebutuhan kalori tambahan untuk trimester pertama.

"Nutrisi yang dibutuhkan selama trimester pertama untuk mendukung kehamilan yang sehat termasuk kalsium (sekitar 1.200 mg/hari), folat (600-800 mcg/hari), dan zat besi (27 mg/hari)," kata Karges.

7. Telur

5 Camilan Pengusir Diare untuk Ibu Hamil, Aman! 01 - Telur.jpg

Makanan terbaik untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan selanjutnya adalah telur. Pada beberapa ibu hamil, konsumsi telur dapat membantu mereka mengatasi mual. Telur yang dimasak dengan matang, baik untuk ibu hamil karena protein, kolin dan vitamin B12.

Selama kehamilan Moms dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, kalsium, zat besi, vitamin B12, dan asam lemak Omega-3. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk Moms dan bayi dalam kandungan.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, Ini 5 Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Nah, itulah beberapa makanan terbaik untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan. Yuk Moms, konsumsi makanan dan cemilan sehat untuk buah hati.

(SWN)

Artikel Terkait