KESEHATAN
6 April 2020

5 Jenis Olahraga Kardio untuk Tubuh Sehat dan Langsing

Moms bisa mencoba beberapa jenis olahraga kardio berikut ini, ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak hal yang dilakukan orang untuk mencapai berat badan ideal, dengan tujuan agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari segala penyakit, serta tentunya menambah rasa percaya diri.

Kuncinya adalah konsistensi untuk menjalani gaya hidup sehat dan rutin berolahraga.

Jenis olahraga kardiovaskular atau kardio sering disebut-sebut ampuh menurunkan berat badan secara signifikan.

Hal yang sering bikin bingung adalah olahraga kardio apa yang cocok untuk tubuh kita?

“Hal yang perlu disepakati dan terpenting adalah intensitas. Saat intensitas meningkat, maka lebih banyak kalori yang terbakar. Latihan interval dengan intensitas tinggi adalah pilihan yang baik untuk membakar lemak dan mendapatkan massa otot yang lebih banyak,” ujar Chris Ryan, pelatih fisik dan pendiri Chris Ryan Fitness.

Sebenarnya, Moms harus menentukan bentuk tubuh yang ingin dituju. Jika hanya ingin membakar lemak, maka fokus olahraga tidak pada pertambahan massa otot.

Sebaliknya, apabila Moms ingin menambah pertumbuhan otot, maka jenis olahraga yang dilakukan juga berbeda.

Baca Juga: Agar Cepat Langsing, Utamakan Diet atau Olahraga?

Jenis Olahraga Kardio

Banyak jenis olahraga kardio yang bisa Moms coba untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh, yaitu

1. Latihan Interval

Sehat dan Langsing, 5 Jenis Olahraga Kardio Ini Bisa Dicoba-2.jpg

Foto: cheatsheet

Latihan interval adalah segala bentuk latihan olahraga yang membuat detak jantung meningkat dan kemudian turun secara berulang kali.

Nah, jenis latihan yang dianggap efektif untuk menurunkan berat badan adalah high intensity interval training (HIIT), bersepeda statis, atau melakukan treadmill.

“Semakin banyak otot yang digerakkan, maka semakin banyak kalori yang akan terbakar karena otot-otot tersebut membutuhkan energi untuk bekerja,” ungkap Holly Rilinger, pelatih olahraga dari New York.

2. Latihan Angkat Beban

Sehat dan Langsing, 5 Jenis Olahraga Kardio Ini Bisa Dicoba-3.jpg

Foto: explodyfull

Latihan angkat beban atau weight training bisa menjadi pilihan Moms apabila ingin membakar lemak sekaligus menambah massa otot.

Mengangkat beban terbukti meningkatkan tingkat metabolisme saat istirahat, yang artinya tubuh membakar lebih banyak kalori bahkan ketika Moms sedang tidak berolahraga.

Terpenting adalah sesuaikan jenis latihan bebas dengan kemampuan diri dan kalau perlu lakukan olahraga ini di bawah pengawasan dari pelatih.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Selama Program Hamil

3. Lari

Sehat dan Langsing, 5 Jenis Olahraga Kardio Ini Bisa Dicoba-4.jpg

Foto: verywellfit

Lari dikenal sebagai olahraga kardio yang banyak diminati. Namun, sebaiknya jangan lakukan olahraga ini dengan asal-asalan, ya, Moms.

Teknik lari yang tepat dengan mencondongkan tubuh, lalu gerakkan lutut setinggi mungkin, biarkan tangan terbuka, dan lengan ditekuk 90 derajat. Lalu, gerakkan tanganmu lurus ke depan dan jangan biarkan lengan melewati tubuh.

4. Yoga

Sehat dan Langsing, 5 Jenis Olahraga Kardio Ini Bisa Dicoba-5.jpg

Foto: abc

Yoga tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, namun juga membuat tubuh lebih fleksibel dan melatih keseimbangan tubuh. Tidak hanya itu, yoga ternyata membantu menjaga kesehatan mental kita, lho, Moms!

5. Berenang

Sehat dan Langsing, 5 Jenis Olahraga Kardio Ini Bisa Dicoba-6.jpeg

Foto: independent

Apakah Moms tidak terlalu suka dengan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat? Nah, coba untuk rutin berenang.

Berenang juga merupakan jenis kardio terbaik untuk menurunkan berat badan. Saat renang, semua otot di tubuh bergerak, sehingga dapat melatih kekuatan otot juga.

Baca Juga: Sebelum Coba Diet Keto, Pahami Dulu 4 Hal Ini

Manfaat Rutin Lakukan Olahraga Kardio

Sehat dan Langsing, 5 Jenis Olahraga Kardio Ini Bisa Dicoba-7.jpg

Foto: verywellfit

Nyatanya, melakukan jenis olahraga kardio memiliki manfaat yang beragam, tidak sebatas hanya untuk menurunkan berat badan saja.

Menurut American Heart Association, seseorang setidaknya 30 menit sehari untuk melakukan aktivitas fisik dalam seminggu agar manfaatnya bisa dirasakan.

Menurut jurnal dari International Journal of General Medicine mengungkapkan rutin melakukan jenis olahraga kardio seperti berenang, jogging, bersepeda, dan lainnya bermanfaat untuk kesehatan.

Olahraga ini mampu meningkatkan kesehatan jantung, mencegah obesitas, dan menurunkan risiko terkena beberapa penyakit seperti kanker, osteoporosis, hingga penyakit mental seperti depresi. Tentunya dengan begitu akan terjadi peningkatan kualitas hidup.

Jadi, luangkan waktu untuk melakukan berbagai jenis olahraga kardio, yuk!

Artikel Terkait