KESEHATAN
22 November 2019

4 Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Mood

Menari sampai tai chi bisa bangkitkan mood
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat mood sedang jelek, kita biasanya suka melakukan hal-hal yang bisa membangkitkan mood. Namun, tidak jarang, upaya yang kita tempuh cenderung berdampak negatif baik bagi kesehatan tubuh maupun jiwa.

Jika tidak dengan belanja atau retail therapy, tidak sedikit dari kita memilih ngemil atau makan enak untuk membuat mood kembali baik.

Sebenarnya ada cara yang lebih sehat lho Moms untuk meningkatkan kembali mood kita. Yaitu dengan berolahraga.

Olahraga adalah salah satu upaya untuk memperbaiki suasana hati kita, sekaligus meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres. Ketika kita berolahraga, tubuh menjadi rileks dan tenang.

Sebuah latihan dengan intensitas tinggi, membuat tubuh dan otak menghasilkan hormon, dan neurotransmiter yang memiliki dampak positif pada suasana hati, memori, tingkat energi, dan rasa kesejahteraan pada diri kita.

Beberapa di antaranya dikenal sebagai endorfin atau bahan kimia perasa tubuh yang baik.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Olahraga yang Tidak Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

Jenis Olaharaga untuk Meningkatkan Mood

Berdasarkan sebuah penelitian terbaru, olahraga mampu menurunkan peluang depresi hingga 26 persen. Bahkan, aktivitas fisik yang kita lakukan tidak perlu yang ekstrem atau dengan intensitas yang tinggi. Karena berdasarkan hasil penelitian teresbut, segala jenis gerakan dapat mengurangi peluang terjadinya depresi.

"Anda cukup mengganti 15 menit Anda duduk dengan 15 berjalan, atau satu jam duduk degan satu jam aktivitas yang moderat seperti berjalan cepat," papar penulis studi Karmel Choi, peneliti klinis dan peneliti di Harvard TH Chan School of Public Health seperti dilansir dari health.harvard.edu.com.

Nah, lantas, apa saja jenis olahraga untuk meningkatkan mood? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Olahraga Campuran

Ini Jenis-jenis Olahraga yang Bisa Tingkatkan Mood__-1.jpeg

Foto: photodune.net

Jenis olahraga untuk meningkatkan mood yang pertama adalah olahraga yang kita sukai. Sehingga kita termotivasi untuk rutin melakukan olahraga tersebut.

Mungkin Moms bisa mencoba melakukan beberapa olahraga yang soliter seperti berjalan, berenang atau berkebun, dikombinasikan dengan beberapa kegiatan komunitas olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi.

Moms bisa mencoba bergabung dengan komunitas bersepeda. Selain manfaat fisik dan endorphin dari olahraga, manfaat lainnya dari olahraga adalah kesempatan untuk interaksi sosial, yang sering kali dapat meningkatkan suasana hati.

2. Latihan Kardiovaskular dan Aerobik

Ini Jenis-jenis Olahraga yang Bisa Tingkatkan Mood__-2.jpeg

Foto: workouttrends.com

Latihan kardiovaskular dan aerobik juga merupakan jenis olahraga untuk meningkatkan mood. Ini sangat bagus dalam menciptakan intensitas yang dibutuhkan untuk melepaskan endorfin yang membangkitkan suasana hati dalam tubuh kita.

Latihan aerobik adalah latihan yang meningkatkan detak jantung, seperti jogging atau berenang. Kita juga bisa meningkatkan detak jantung dengan melakukan aktivitas seperti menari, ini terbukti mengurangi depresi dan kecemasan.

Kemudian, tidak ada salahnya bergabung dengan kelas grup yang memberikan latihan interval intensitas tinggi seperti Crossfit atau tinju sebagai cara lain untuk mendapatkan cardio sambil bersenang-senang dengan teman-teman.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan Selama Kehamilan

3. Yoga

Ini Jenis-jenis Olahraga yang Bisa Tingkatkan Mood__-3.jpeg

Foto: webmd.com

Yoga adalah sistem kesehatan holistik dan pertumbuhan spiritual yang berfokus pada meditasi, latihan pernapasan, dan postur fisik. Bagi Moms yang kurang suka dengan olahraga berintensitas tinggi, bisa memilih yoga.

Yoga juga merupakan jenis olahraga untuk meningkatkan mood karena mengajarkan kita cara rileks, melepaskan ketegangan, meregangkan otot-otot yang tegang, dan bahkan menguatkan yang lemah. Melakukan yoga secara teratur dapat membantu meredakan kecemasan dan meningkatkan perasaan bahagia.

Sebuah penelitian pada 2016 yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine tentang manfaat yoga untuk kegelisahan dan depresi menemukan bahwa latihan ini bermanfaat untuk mengurangi kecemasan, depresi, dan gejala yang berhubungan dengan gangguan stres pascatrauma atau Post Traumatic Syndrome Disorder (PTSD).

4. Tai Chi

Ini Jenis-jenis Olahraga yang Bisa Tingkatkan Mood__-4.jpg

Foto: chicagotribune.com

Jenis olahraga untuk meningkatkan mood yang selanjutnya adalah tai chi. Latihan tradisional Tiongkok yang dipraktikkan di seluruh dunia ini ternyata juga dapat bermanfaat bagi orang yang mengalami gejala kecemasan dan depresi.

Tai chi telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta meningkatkan kadar endorfin dalam darah yang terasa melegakan.

Siapa pun dapat melakukan tai chi karena gerakannya mudah dipelajari dan berulang-ulang. Olahraga ini juga tidak membutuhkan kekuatan atau daya tahan tetapi sebaliknya berfokus pada bentuk gerakan dan pernapasan. Selain itu,tai chi juga dianggap sebagai praktik penyembuhan diri.

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, praktik tai chi dapat membantu meringankan penyumbatan energi dalam tubuh, yang membantu mencegah atau mengobati penyakit tertentu.

Studi menunjukkan bahwa tai chi dapat meningkatkan banyak aspek kesejahteraan termasuk mengurangi depresi, kecemasan, stres.dan gangguan suasana hati serta meningkatkan harga diri.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres

Itu tadi jenis-jenis olahraga untuk meningkatkan mood. Selamat mencoba!

(SERA)

Artikel Terkait