KESEHATAN
12 Maret 2020

5 Jenis Penyakit Lambung, Sakit yang Diderita Rama Aiphama sebelum Meninggal

Penyakit lambung apa saja yang berbahaya?
placeholder

Sumber: Kompas/Alif Ichwan, Dok. Youtube

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Kabar duka datang dari dunia musik Tanah Air. Penyanyi Rama Aiphama meninggal dunia pada Rabu (11/03/2020) pagi dalam usia 63 tahun.

Rama Aiphama akan dimakamkan di TPU Al Muchdar, di Kawasan Cimanggis, Jakarta Timur.

Mengutip dari laman Kompas, adik Rama Aiphama, Ibrahim bin Syagab Al-Idrus, mengatakan bahwa Rama mengeluhkan sakit lambung sebelum meninggal dunia kepada anaknya.

Jika lambung kurang sehat, berbagai gangguan kesehatan memang mungkin saja terjadi. Agar kita lebih aware dengan kesehatan lambung, cari tahu yuk, jenis-jenisnya.

Jenis Penyakit Lambung

Ketahui berbagai jenis penyakit lambung di bawah ini agar kita lebih waspada yuk, Moms.

1. Gastritis

penyakit lambung, rama aipama

Foto: Orami Photo Stock

Gastritis merupakan radang pada lambung yang terjadi akibat asam lambung merusak lapisan pelindung dinding lambung.

Menurut Scandinavian Journal of Gastroenterology, gastritis kronis masih menjadi salah satu infeksi serius yang terjadi karena penyakit seperti tukak lambung atau kanker lambung.

Penyakit lambung ini biasa disebabkan karena konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan, mengalami stres, efek samping obat seperti ibuprofen atau aspirin, bahkan infeksi atau gangguan autoimun.

Biasanya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa pun. Tapi, bagi sebagian orang akan mengalami gejala seperti mudah merasa kenyang, perut terasa perih, muntah, dan mual.

2. Gastroesophageal Refluc Disease atau GERD

penyakit lambung, rama aipama

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin sudah sering mendengar penyakit ini. GERD atau penyakit asam lambung ini disebabkan karena asam lambung meluap ke kerongkongan, hingga menimbulkan iritasi di dinding esofagus dan nyeri pada ulu hati.

Jika mengalami penyakit lambung satu ini, kita mungkin akan mengalami rasa panas seperti terbakar, mulut yang terasa pahit, atau merasa ada sesuatu di kerongkongan dan mulut.

Penyebab umum dari GERD adalah konsumsi minuman beralkohol, teh, atau kopi, kelebihan berat badan, makanan pedas dan asam, atau kebiasaan merokok.

3. Tukak Lambung

penyakit lambung, rama aipama

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit lambung selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah tukak lambung, kondisi di mana terdapat luka pada dinding lambung karena terkikisnya lapisan lambung. Luka ini bisa muncul pada bagian atas usus kecil.

Biasanya tukak lambung disebabkan karena infeksi bakteri Helicobacter Pylori. Namun kebiasaan lain seperti minum alkohol, makanan makanan pedas, merokok, juga bisa menjadi penyebabnya.

Gejala tukak lambung seperti nyeri di ulu hati, perut kembung, bersendawa, berat badan, nafsu makan berkurang, mual dan muntah bahkan BAB berdarah.

4. Gastroparesis

penyakit lambung, rama aipama

Foto: medicinenet.com

Gastroparesis menyebabkan lambung kita lebih lambat dalam mencerna makanan. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada saraf lambung.

Ada beberapa kondisi yang bisa meningkatkan kondisi ini terjadi pada seseorang, seperti diabetes, gangguan tiroid, riwayat operasi pada saluran pencernaan, atau dan efek samping penggunaan obat-obatan.

5. Kanker Lambung

penyakit lambung, rama aipama

Foto: thailandmedical.news

Penyakit lambung lainnya yang perlu diwaspadai karena berbahaya adalah kanker lambung. Penyakit satu ini terjadi saat sel-sel kanker terbentuk di lapisan lambung kita. Yang kemudian akan tumbuh menjadi tumor.

Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun kebiasaan makanan yang buruk bisa jadi satu faktor penyebab terbesar.

Berdasarkan jurnal Cancer Management and Research, pencegahan utama untuk kanker lambung bisa dilakukan dengan mengikuti diet sehat, anti-H.Pylori terapi, kemoprevensi, dan skrining untuk deteksi dini.

Itu dia Moms beberapa jenis penyakit lambung yang berbahaya dan perlu diwaspadai. Ingatlah untuk selalu mengikuti pola hidup sehat karena penting.

Artikel Terkait