2-3 TAHUN
19 Maret 2020

3 Jenis Psoriasis Pada Anak dan Cara Menanganinya

Jangan remehkan penyakit kulit pada anak ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Intan Aprilia

Anak dengan masalah kulit ringan seperti kulit kering, ruam, dan biang keringat merupakan hal biasa yang sering ditemui orang tua. Namun, pernahkah Moms mendengar penyakit kulit psoriasis?

Penyakit kulit ini tergolong penyakit kulit ekstrem yang dapat dialami oleh dewasa hingga anak-anak.

Kebanyakan penderita psoriasis tidak dapat disembuhkan, dan memerlukan perawatan yang teratur untuk meminimalisir timbulnya efek psoriasis pada kulit.

Seperti yang tertulis pada situs Mayo Clinic, dijelaskan bahwa psoriasis merupakan keadaan dimana tubuh mempercepat siklus pertumbuhan pada sel kulit, sehingga menyebabkan munculnya lapisan pada kulit.

Lapisan kulit berlebih yang muncul ini biasanya berwarna merah, gatal, dan terkadang terasa perih.

Baca Juga: 5 Infeksi Kulit yang Kerap Menyerang Anak

Psoriasis pada anak seringkali disalahartikan dengan ruam atau kulit kering yang berkerak. Karena kurangnya pemahaman, tidak jarang psoriasis ditangani secara tidak tepat.

“Meskipun plak psoriasis hanya muncul di sebagian kecil dari tubuh, seperti tangan dan kaki, namun ini dapat mempengaruhi dan berdampak siginifikan pada kualitas hidup seseorang, dan ini sulit untuk ditangani,” jelas Dr. Lawrence Eichenfield, professor dermatologi dan spesialis anak, seperti dikutip pada situs U.S.News.

Jenis Psoriasis Pada Anak

Untuk lebih jelasnya, simak jenis-jenis psoriasis pada anak dan cara menanganinya, berikut ini:

1. Guttate Psoriasis

Kenali 3 Jenis Psoriasis Pada Anak dan Cara Menanganinya 1.jpg

Foto: thesun.co.uk

Jenis psoriasis satu ini sering ditemukan pada anak-anak hingga remaja.

Ciri-ciri guttate psoriasis adalah munculnya bintik-bintik berwarna merah muda yang tampak di area lengan bagian atas, paha, dan kulit kepala.

Faktor munculnya guttate psoriasis ini dikarenakan banyak hal, seperti infeksi saluran pernapasan atas, amandel, infeksi streptococcal, stres, hingga karena penggunaan obat-obatan tertentu.

Jenis psoriasis ini tergolong ringan dan dapat hilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu meski tanpa perawatan.

Namun, ada beberapa kasus dimana psoriasis jenis ini memerlukan penanganan khusus dan bisa bertahan lebih dari hitungan minggu.

Baca Juga: Perawatan Kulit Eksim Anak Semakin Maksimal dengan Makanan Ini

2. Inverse Psoriasis

Kenali 3 Jenis Psoriasis Pada Anak dan Cara Menanganinya 2.jpg

Foto: everydayhealth.com

Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis psoriasis ini biasanya muncul di area lipatan seperti, ketiak, selangkangan, bawah payudara, dan belahan bokong.

Jenis psoriasis ini dapat dikenali dari bentuknya yang berwarna merah terang dan mengkilap. Bentuknya seperti luka merah yang besar.

Tipe psoriasis ini sangatlah mengganggu penderitanya dalam beraktivitas dan bergerak karena peradangan kulit terjadi di area lipatan.

Hindari kondisi berkeringat dan kurangi gesekan pada area ini untuk meminimalisir psoriasis semakin memburuk.

3. Plaque Psoriasis

Kenali 3 Jenis Psoriasis Pada Anak dan Cara Menanganinya 3.jpg

Foto: healthline.com

Plaque psoriasis merupakan jenis psoriasis yang paling umum diderita oleh anak-anak. Psoriasis sendiri bisa muncul karena faktor turunan.

Jika ada anggota keluarga yang menderita psoriasis, setidaknya 50 persen kemungkinan penyakit psoriasis dapat turun ke anak.

Dapat dideteksi dengan munculnya area besar berwarna merah dengan banyaknya plak berwarna putih kering yang dapat mengelupas di tengahnya.

Biasanya jenis psoriasis ini muncul di beberapa area badan seperti kulit kepala, lengan, lutut, dan punggung. Jenis psoriasis ini biasanya terasa gatal dan dapat menimbulkan luka yang perih.

Baca Juga: 3 Jenis Alergi Kulit pada Anak yang Umum Terjadi, Waspada!

Untuk mengurangi gatal, biasanya dokter akan memberikan resep salep pengurang rasa gatal yang dapat dipakai rutin.

Segera periksakan ke dokter anak jika Moms menemukan beberapa gejala psoriasis di atas.

Artikel Terkait