PASCA MELAHIRKAN
13 November 2019

Jenis Sayuran untuk MPASI yang Aman Dikenalkan Sejak Awal

Moms perlu membiasakan anak makanan sayuran sejak dini
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ketika Moms diminta untuk membuat makanan padat bayi, variasi pada menu makanan bayi merupakan hal yang akan membuat anak menyukai makanannya.

Dilansir dari situs Parents, penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan bayi sebelum mencapai usia satu tahun, semakin besar kemungkinan anak untuk tidak pilih-pilih makanan saat usianya mencapai enam tahun.

Baca Juga: 3 Inspirasi Unik Menyajikan Sayuran Hijau Untuk MPASI Bayi 7 Bulan

Selain itu, mengenalkan anak pada berbagai macam sayuran pun bisa membantu Moms mengetahui apakah ada alergi khusus pada anak sejak dini.

Lalu apa saja jenis sayuran untuk MPASI yang aman untuk dikenalkan pada anak di awal masa MPASI-nya? Coba kita lihat yuk Moms.

Bayam

jenis sayuran MPASI

Kebanyakan bayi terbuka untuk mencoba makanan baru. Terkadang mereka akan membuat wajah lucu, atau bahkan menolak makanan baru sekali atau dua kali . Tapi jangan menyerah Moms untuk memberikan anak makanan batu.

Dilansir dari situs Parents, salah satu sayuran MPASI untuk anak yang baik adalah sayuran hijau seperti bayam, yang merupakan makanan paling sehat di planet ini. Biarkan bayi Moms terbiasa dengan rasa bayam, dan Moms akan berhasil mendidik anak untuk menyukai sayuran di masa depan.

Baca Juga: 4 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Wortel

jenis sayuran MPASI

“Wortel kaya akan beta-karoten, bentuk tanaman vitamin A, dan dapat dijadikan sebagai sayuran MPASI anak yang sangat baik, karena bayi menyukai rasanya yang manis dan alami,” kata Annabel Karmel, penulis buku Superfoods for Babies and Children.

Wortel yang berwarna lebih gelap dan lebih tua, mengandung lebih banyak beta-karoten daripada wortel yang masih muda.

Sayuran Akar

jenis sayuran MPASI

Sayuran akar akan menjadi jenis sayuran untuk MPASI yang sempurna untuk Si Kecil karena rasanya yang manis alami dan teksturnya halus ketika dihaluskan. Cobalah berikan Si Kecil makanan wortel, kentang, ubi, dan berbagai makanan sayur lainnya.

Baca Juga: Resep: Tumis Daging Brokoli

Brokoli

jenis sayuran MPASI

Brokoli merupakan makanan super, karena merupakan sumber vitamin C yang bagus dan juga mengandung beta-karoten, asam folat, zat besi, kalium, dan fitonutrien antikanker.

Brokoli paling baik dikukus atau microwave, karena merebusnya dalam air akan mengurangi separuh kandungan vitamin C-nya. Jika bayi Moms tidak terlalu menyukai rasanya, campurlah dengan sayuran lainnya dengan rasa yang manis.

Kacang dan Lentil

jenis sayuran MPASI

Kacang-kacangan dan lentil adalah jenis sayuran untuk MPASI yang kaya akan sumber protein, zat besi, folat, dan seng yang luar biasa bagi seluruh keluarga, termasuk bayi.

Untuk membuat kacang dan lentil ramah bagi bayi, rendam selama beberapa jam atau semalaman, tiriskan, bilas, dan masak hingga sangat lunak. Lentil merah tidak perlu direndam terlalu lama karena mereka bisa masak dengan sangat cepat.

Itu dia Moms beberapa jenis sayuran untuk MPASI yang bisa diberikan untuk Si Kecil.

Artikel Terkait