GAYA HIDUP
17 November 2019

Jenis Tanaman Menjalar yang Cocok untuk Pagar Rumah

Jika menyukai bunga, Moms bisa memilih tanaman-tanaman yang cantik ini
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pagar rumah Moms terlihat membosankan karena tidak memiliki hiasan? Mungkin saatnya Moms untuk mempertimbangkan menggunakan tanaman yang menjalar.

Tanaman menjalar ini sebenarnya akan sangat bagus lho jika sudah tumbuh. Selain itu, dapat membuat pagar rumah kita jadi terlihat lebih cantik juga.

Namun, perlu Moms ketahui bahwa ada 2 jenis tanaman menjalar, yaitu yang hanya terdiri dari daun saja dan ada juga yang berbunga terus. Moms bisa memilih tanaman yang diinginkan sesuai dengan selera.

Baca Juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

Tanaman ini nantinya juga akan membuat rumah kita terlihat lebih asri dan nuansa natural yang asri. Apa saja jenis tanaman menjalar ini yang cocok untuk mempercantik pagar rumah? Yuk kita intip di bawah ini.

Clemantis

tanaman menjalar

Foto: photosbygarth.com

Jenis tanaman menjalar satu ini merupakan tanaman berbunga yang memiliki warna ungu cantik yang lembut. Clementis termasuk salah satu tanaman yang populer untuk dijadikan sebagai penghias di rumah lho Moms. Apalagi dengan modelnya yang menjalar, sehingga akan mudah tumbuh di pagar rumah.

Bila Moms terpikir untuk menggunakan tanaman ini, pastikan untuk membeli clementis yang umurnya minumal 2 tahun ya. Mengapa? Karena tanaman ini memerlukan beberapa tahun untuk tumbuh dewasa dan berbunga. Jadi alangkah lebih baik jika usianya tidak terlalu muda.

Morning Glory

tanaman menjalar

Foto: avasflowers.net

Morning glory juga merupakan tanaman menjalar yang cantik. Sesuai dengan namanya tanaman satu ini akan mekar dengan cantik di pagar rumah kita saat pagi hari tiba. Tidak hanya cantik, bau yang dikeluarkan pun sangat harum.

Baca Juga: 5 Bunga yang Baik Bagi Kesehatan

Warna bunganya ungu yang cantik, daunnya pun elok seperti bentuk hati. Maka sangat indah untuk dijadikan sebagai pemandangan di pagi hari.

Tanaman satu ini akan tumbuh dengan rimbun. Perawatannya cukup mudah, Moms hanya perlu memberi pupuk setiap 2 – 2,5 bulan sekali dan menyiramnya setiap 5 – 7 hari sekali. Tidak terlalu sulit kan Moms?

Tanduk Rusa

tanaman menjalar

Foto: faunadanflora.com

Jenis tanaman menjalar satu ini biasanya ditanam dengan cara ditempelkan pada dinding rumah atau pada batang pohon. Namun tidak hanya itu saja, tanduk rusa ini juga bisa Moms tempelkan pada pagar rumah lho.

Tanduk rusa bisa Moms buat dengan meletakkannya dalam pot, lalu menggantungkannya pada pagar yang telah dibentuk sedemikian rupa. Karena tanduk rusa berupa tanaman daun saja, untuk mempercantiknya, kita bisa padukan dengan beberapa tanaman lainnya.

Baca Juga: Yuk Coba Berkebun di Rumah, Ini 9 Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah

Alamanda

tanaman menjalar

Foto: gardener.id

Selanjutnya ada tanaman alamanda. Namanya sangat cantik sesuai dengan warna bunganya yang kuning cantik juga. Jumlah bunga ini memang tidak banyak, namun kita bisa memperbanyaknya dengan cara melakukan stek.

Tanaman Alamanda sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman menjalar di pagar karena membutuhkan ruang terbuka untuk terkena sinar matahari secara langsung, serta curah hujan yang cukup, dan kelembapan yang tinggi.

Untuk merawatnya, kita hanya perlu memotong tanaman ini, lalu pastikan juga agar daunnya tidak membusuk, agar tidak mengelurkan bau yang tidak harum.

Air Mata Pengantin

tanaman menjalar

Foto: gardener.id

Tanaman satu ini merupakan tanaman menjalar yang mungkin banyak kita temukan di Indonesia. Perawatannya cukup mudah dan daya tahannya pun kuat, sehingga banyak ditanam di berbagai rumah.

Mahkota bunganya berwarna pink dan terselip beberapa kelopak bunga berwarna putih, maka jangan heran jika banyak yang menyukai tanaman ini. Tanamlah di pagar rumah depan, agar kecantikan dan keasriannya terlihat.

Itu dia Moms beberapa jenis tanaman menjalar yang bagus untuk mempercantik pagar rumah kita.

Artikel Terkait