KESEHATAN
29 Desember 2019

Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang!

Teh peppermint hingga teh jahe ternyata bisa meringankan penyakit flu dan batuk.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, tengok jenis teh herbal untuk meredakan flu dan batuk ini.

Saat terserang flu, Moms membutuhkan cairan bebas kafein yang membuat tubuh tetap terhidrasi. Moms bisa minum secangkir teh herbal panas yang bisa meredakan sakit tenggorokan dan mengatasi hidung tersumbat.

Sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minum teh bisa membantu mengatasi flu. Tetapi, teh panas sudah lama menjadi obat herbal rumahan.

Menurut Jaclyn London, direktur nutrisi Good Housekeeping, makan buah-buahan dan sayuran kaya air dapat membantu meringankan flu. Selain itu, ia juga menyarankan minum setidaknya 10 cangkir per hari yang tidak mengandung gula, termasuk teh.

Karena, teh juga salah satu minuman yang bisa meredakan flu serta hidung tersumbat. Adapun berikut ini jenis teh yang bisa diminum ketika flu.

Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu

1. Teh Peppermint

Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang! 01.jpg

Foto: pixabay.com

Hanya beberapa teguk teh peppermint dapat mulai membuat Anda merasa lebih baik. Mentol dalam daun peppermint dapat memiliki efek anestesi ringan pada tenggorokan dan menekan batuk. Karena itu minum beberapa teguk teh peppermint bisa membantu flu sedikit membaik.

Para ilmuwan dari US Department of Agriculture melaporkan bahwa peppermint memiliki aktivitas antimikroba dan antivirus yang signifikan. Meskipun peneliti belum membuktikan manfaat teh herbal tersebut kepada manusia yang sedang flu.

Baca Juga: Lip Balm Mint Bikin Bibir Makin Kering, Ketahui 3 Bahan Terbaiknya

2. Teh Chamomile

Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang! 02.jpg

Foto: pixabay.com

Selama berabad-abad, bunga-bunga kering chamomile telah digunakan untuk membantu tidur lebih nyenyak. Kandungan flavonoid dari tanaman chamomile memiliki efek penenang.

Karena tidur nyenyak adalah bagian penting dari proses pemulihan flu. Dalam hal ini, teh chamomile adalah pilihan yang terbaik untuk mengatasi flu dengan sifat anti-inflamasinya.

3. Teh Echinacea

Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang! 03.jpg

Foto: gettyimages.com

Teh echinacea berasal dari bunga ungu yang ditemukan di Amerika Utara dan digunakan oleh suku Great Plains sebagai obat tradisional. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi teh echinacea sebagai suplemen dapat mengurangi gejala flu hingga 58 persen.

Selain itu, teh echinacea juga bisa mengurangi pilek hingga lebih dari sehari. Sehingga teh echinacea termasuk ke dalam teh herbal yang bisa meredakan flu dan membantu kondisi Moms lebih baik.

4. Teh Jahe

Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang! 04.jpg

Foto: pixabay.com

Teh jahe termasuk minuman yang membantu meredakan tenggorokan ketika flu. Karena, teh jahe mengandung bahan bioaktif yang bertindak sebagai anti-inflamasi dan bisa menghambat mikroorganisme penyebab infeksi. Jika Moms mengalami flu disertai rasa tak nyaman di perut, bisa minum teh jahe untuk meredakan mual.

Baca Juga: Inilah 7 Khasiat Jahe untuk Menjaga Kesehatan Balita Secara Alami

5. Teh Elderberry

Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang! 05.jpg

Foto: gettyimages.com

Elderberry mengandung antioksidan tinggi yang meningkatkan kesehatan, bahkan lebih tinggi daripada cranberry dan blueberry untuk kandungan polifenol. Sebuah studi menemukan minum teh elderberry dan ekstraknya dapat meredakan gejala flu.

6. Teh Lemon

Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang! 06.jpg

Foto: pixabay.com

Minum teh lemon atau memeras lemon ke dalam teh herbal jenis lainnya termasuk obat rumahan yang sudah digunakan orang sejak lama. Teh lemon terbukti mampu meredakan sakit tenggorokan.

Lemon termasuk buah jeruk yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C adalah nutrisi penting bagi tubuh untuk melawan flu dan virus.

7. Teh Hijau

Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang! 07.jpg

Foto: pixabay.com

Teh hijau sangat populer di seluruh dunia karena banyak manfaat kesehatannya. Karena, teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang mendukung tubuh ketika diserang oleh faktor lingkungan atau infeksi yang mengganggu. Para peneliti telah menyimpulkan bahwa teh hijau juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mendorong metabolisme.

Sementara ini diketahui teh hijau termasuk ke dalam teh yang mampu meredakan flu berkat kemampuannya memberikan tenaga. Tetapi, butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikan teh hijau bisa meredakan flu lebih cepat atau tidak.

8. Teh Herbal dengan Madu

Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang! 08.jpg

Foto: pixabay.com

Teh herbal dapat dibuat dari buah-buahan kering atau rempah-rempah. Secara alami, teh herbal tidak mengandung kafein sehingga tidak akan membuat dehidrasi. Biasanya teh herbal membawa rasa manis alami dari madu dan aroma yang menenangkan.

Sama dengan jenis teh lainnya di atas, teh herbal madu juga bisa jadi pilihan ketika batuk dan flu. Bahkan teh herbal dengan madu direkomendasikan sebagai penekan batuk untuk anak-anak di atas usia 1 tahun.

Sebuah studi pun menunjukkan bahwa madu lebih unggul daripada plasebo untuk anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan atas akut. Tamabahan sedikit madu dalam teh herbal dapat melegakan dahak, menenangkan rasa sakit dan pegal serta dan menekan batuk.

Itulah jenis-jenis teh herbal untuk meredakan flu dan batuk. Pilih favorit Moms dan seduh untuk menyembuhkan flu Moms.

Baca Juga: Tak Kalah dengan Coffee Shop, Ini 6 Kafe Teh yang Harus Kita Coba

(SA)

Artikel Terkait