KEHAMILAN
28 Mei 2020

5 Jenis Teh Herbal yang Harus Dihindari Ibu Hamil, Catat!

Tak semua teh herbal bisa diminum oleh ibu hamil bahkan beberapa bisa menyebabkan persalinan dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Siapa yang tak suka dengan teh? Terutama teh herbal yang kini tengah ramai-ramai dikonsumsi oleh banyak orang.

Ritual membuat serta meminum teh ini telah lama dipraktikkan. Alasannya, teh mengandung polifenol untuk melindungi jantung, antioksidan menurunkan risiko kanker, dan nutrisi lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa orang pun meyakini minum teh herbal saat hamil akan memberikan manfaat lebih baik. Secangkir teh herbal dapat meringankan mual di pagi hari dan membantu persalinan.

Walaupun aman, sebagian teh herbal berpotensi bahaya bagi Moms yang tengah hamil dan harus dihindari.

Baca Juga: Terlalu Banyak Minum Teh Herbal Saat Hamil, Apa Dampaknya?

Jenis Teh Herbal yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Terlalu Banyak Minum Teh Herbal Saat Hamil, Apa Dampaknya 01.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari American Pregnancy Association, teh herbal yang alami bebas akan kafein sehingga tak ada masalah ketika meminumnya. Namun, penelitian tentang kekhawatiran dengan mengonsumsi teh herbal masih kurangnya data sehingga minim pula informasi efek pada janin yang berkembang.

Namun, Moms memang sebaiknya menghindari konsumsi teh herbal saat hamil untuk berjaga-jaga ya. Lantas, jenis teh herbal apa yang harus dihindari oleh ibu hamil? Berikut daftarnya.

1. Teh Chamomile

Teh cammomile ini menjadi salah satu jenis teh herbal yang harus dihindari ibu hamil. Walaupun sering digunakan untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas tidur, namun menurut National Institutes of Health, bagi ibu hamil dapat memicu kontraksi rahim dan menyebabkan keguguran atau persalinan prematur.

Bahkan, baik dokter kandungan maupun bidan pun akan menyarankan Moms menghindari teh chamomile saat hamil.

2. Teh Daun Dandelion

Moms, dandelion kaya akan vitamin A dan kalsium. Bahkan kerap digunakan untuk membantu pembengkakan selama kehamilan.

Namun, teh daun dandelion ini masuk ke jenis teh herbal yang harus dhindari ibu hamil juga karena bersifat diuretik yang berarti bisa meningkatkan volume urin.

3. Teh Pennyroyal

Pennyroyal tidak dianjurkan setiap saat selama kehamilan. Ini dapat memicu kontraksi rahim dan menstruasi.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh Herbal?

4. Teh Akar Licorice

Akar licorice adalah jenis teh herbal yang harus dihindari ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko persalinan prematur.

5. Teh Herbal Pencahar

Teh ini digunakan untuk mengobati sembelit, ketidaknyamanan kehamilan yang umum. Mereka juga dapat menyebabkan dehidrasi, mengganggu keseimbangan elektrolit dan menyebabkan kontraksi uterus.

Teh pencahar kemungkinan tidak aman selama kehamilan. Jika Moms hamil dan mengalami sembelit, cobalah meningkatkan asupan serat dan cairan, dan bergerak lebih banyak.

Moms juga dapat berbicara dengan dokter kandungan tentang apa yang harus diminum ketika sembelit melanda.

Baca Juga: Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang!

Moms, tidak banyak penelitian tentang penggunaan teh herbal untuk ibu hamil. Akibatnya, sebagian besar organisasi kesehatan dan dokter kandungan menyarankan ibu hamil untuk bermain aman dan menghindari semua herbal dalam jumlah yang lebih besar daripada jumlah makanan.

Ketika membeli teh herbal pasti selalu diingatkan untuk waspada. Meskipun ada teh herbal yang aman untuk diminum selama kehamilan, meminum teh dalam jumlah banyak bisa berbahaya.

Jika Moms ingin mencobanya, gunakan teh herbal organik yang terbuat dari ramuan tunggal, dan diskusikan dengan dokter kandungan sebelum menggunakannya.

Artikel Terkait