KESEHATAN
27 April 2020

Ketahui 4 Jenis Vitamin untuk Mencegah COVID-19 Berikut Ini

Vitamin ini bisa menjaga daya tahan tubuh bekerja optimal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Di masa pandemi virus corona, sangat penting untuk menjaga kesehatan agar tubuh senantiasa terlindungi. Konsumsi sayur dan buah adalah langkah penting yang bisa menjaga kekebalan tubuh.

Dari sekian banyak nutrisi, ada beberapa jenis vitamin yang dapat mencegah corona, dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh. Moms bisa mendapatkan vitamin ini dengan mengonsumsi sayur, buah, dan juga suplemen.

Lalu, apa saja jenis vitamin yang bisa dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari paparan virus COVID-19? Baca lebih lanjut ini mengetahui penjelasannya berikut ini, Moms.

Baca Juga: Daftar Rujukan Rumah Sakit COVID-19 di Indonesia

Jenis Vitamin untuk Mencegah Corona

Mengutip Harvard Health, kunci utama dalam menjaga sistem daya tahan tubuh adalah dengan melakukan gaya hidup sehat. Sebuah sistem perlu keseimbangan agar bisa bekerja dengan baik.

Setiap bagian dari tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh, berfungsi lebih baik ketika dilindungi dari serangan lingkungan dan didukung oleh strategi hidup sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin berikut ini.

1. Vitamin C

vitamin untuk mencegah corona-1

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin C sudah dikenal sebagai nutrisi yang dapat mendorong sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin C yang kurang bisa membuat seseorang lebih rentan sakit.

"Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan, karena tubuh Anda tidak bisa memproduksi atau menyimpannya," jelas Julia Zumpano, RD, LD, ahli diet terdaftar, mengutip Cleveland Clinic.

Ada banyak sayur dan buah dengan kandungan vitamin C, seperti berbagai jenis jeruk, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli. Moms bisa mengombinasikannya pada menu makan sehari-hari.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Vitamin C di Bawah 100 Ribu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

2. Vitamin B6

vitamin untuk mencegah corona-2

Foto: Orami Photo Stock

Selain vitamin C dan D, ada juga vitamin lain yang dapat mencegah corona, yaitu vitamin B6. Mengutip Mayo Clinic, vitamin B6 penting untuk perkembangan otak, menjaga kesehatan sistem saraf, serta kekebalan tubuh.

"Vitamin B6 sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar selalu dalam kondisi prima," terang Julia.

Moms bisa mendapatkan sumber vitamin B6 dari makanan seperti daging unggas, ikan, kentang, buncis dan pisang. Vitamin B-6 juga dapat dikonsumsi sebagai suplemen, baik berupa kapsul, tablet atau cairan.

3. Vitamin E

vitamin untuk mencegah corona-3

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin ini juga bisa menjaga daya tahan tubuh, sehingga mencegah dari infeksi virus corona.

Dalam jurnal International Union of Biochemistry and Molecular Biology, disebutkan bahwa vitamin E adalah salah satu nutrisi paling efektif yang diketahui memodulasi fungsi kekebalan tubuh.

Konsumsi suplemen vitamin E meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi, terutama pada orang yang lebih tua. Moms bisa mendapatkan sumber vitamin E alami dari kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam.

Baca Juga: Cara Mencukupi Kebutuhan Vitamin D Anak untuk Pertumbuhan Tulang

4. Vitamin D

vitamin untuk mencegah corona-4

Foto: Orami Photo Stock

Fungsi utama vitamin D adalah membantu tubuh mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Vitamin D juga bisa menjadi vitamin yang dapat mencegah corona dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics, disebutkan bahwa konsumsi suplemen vitamin D dapat mengurangi kasus yang berkaitan dengan infeksi saluran pernapasan.

Moms bisa mendapatkan asupan vitamin D yang alami melalui paparan sinar ultraviolet matahari, atau dari suplemen dan makanan yang dikonsumsi.

Bahkan pada Journal of Investigative Medicine, dijelaskan bahwa vitamin D telah digunakan untuk mengobati infeksi seperti TBC, sebelum ada antibiotik yang efektif untuk mengobati kondisi ini.

Itu dia Moms, jenis vitamin yang bisa dikonsumsi untuk mencegah corona dengan menjaga daya tahan tubuh.

Artikel Terkait