BAYI
11 Juli 2019

Jika Tepat, Berbicara dengan Bayi Membuatnya Pintar dan Ramah! Ini Tipsnya

Moms bisa melakukan hal ini sejak bayi lahir
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms mungkin berpikir bahwa untuk berbicara dengan bayi, kita harus menunggunya sedikit lebih besar. Kenyataannya, bayi bisa berkomunikasi dengan kita sejak lahir. Cara berkomunikasi bayi adalah saat ia menangis, melakukan kontak mata, dan mendengarkan.

Ketika kita berbicara dan berkomunikasi dengan buah hati, secara tidak langsung kita membangun bahasa bayi dan hubungan secara bersamaan.

Hal ini merupakan keterampilan penting yang dibutuhkan anak dalam hidupnya. Tidak terlalu sulit kok, Moms bisa hanya mengobrol dengan bayi tentang hal-hal sehari-hari yang menyenangkan.

Baca Juga: Bayi Kuning Saat Baru Lahir? Ini Penyebab dan Cara Merawatnya

Mengapa Berbicara dengan Bayi Penting?

berbicara dengan bayi

Foto: thesuccessfulparent.com

Berbicara dengan bayi, secara tidak langsung merupakan awal yang baik untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya. Cobalah dengan membicarakan hal-hal kecil secara rutin.

Misalnya ketika mengangkat anak dari tempat tidur bayi, Moms bisa berkata,” Mama sedang menjemputmu saya.” Lalu saat mengganti popok anak yang sudah terlalu penuh, cobalah untuk membuat anak nyaman dengan meminta ijin.

“Dengan mengajak Si Kecil berbicara, kita mengajarkan bayi kekuatan akan kata-kata. Hal ini cukup baik untuk memulai proses keterikatan intim dan membangun hubungan saling percaya antara ibu dan anak,” ujar Alice Sterling Honig, profesor emerita tentang perkembangan anak di Universitas Syracuse sekaligus seorang penulis.

Seberapa Sering Kita Harus Berbicara dengan Anak?

Mengutip dari Raising Children, berbicara dengan bayi mengenai apapun sangat baik untuk si bayi, jadi cobalah untuk mengajaknya berbicara sesering mungkin sepanjang hari.

Namun bayi juga menyukai saat hening, jadi saat anak sudah mulai berhenti memberikan respon pada Moms dan mulai terlihat lelah, gelisah, atau saat bayi mulai rewel, sebaiknya kita berhenti mengajaknya berbicara dan memberikannya waktu untuk beristirahat.

Selain itu, kepribadian buah hati kita juga dapat memengaruhi seberapa sering dia ingin berkomunikasi dengan orang tuanya. Beberapa bayi akan secara alami lebih terbuka, dan sebagian lagi mungkin lebih tenang.

Baca Juga: Bayi Terlambat Berbicara karena Lingkungan Bilingual?

Kapan Kita Harus Mulai Melakukan Hal Ini?

berbicara dengan bayi

Foto: accessabilities.org

Tidak ada waktu yang pasti, namun untuk berbicara dengan bayi mulailah sedini mungkin. Faktanya, sejak lahir, bayi sudah bisa menyedot banyak informasi mengenai kata-kata dan berbicara hanya dengan mendengarkan dan melihat orang-orang di sekelilingnya berbicara.

Saat mulai berkomunikasi dengan Si Kecil, mungkin akan terlihat sebagai bentuk komunikasi satu arah. Namun meski belum mengerti apa yang kita bicarakan, ia akan tetap merespon percakapan kita dengan tertawa, menangis, kontak mata, atau menggerakkan tubuhnya.

Baca Juga: Cara Tepat Berkomunikasi dengan Bayi Baru Lahir Agar Ia Terampil Bicara

Jika Moms memberi anak perhatian penuh saat ia sedang berbicara, kita akan bisa melihat upaya yang dilakukannya untuk merespon ucapan kita.

Artikel Terkait