SELEBRITI
21 Juni 2018

Jokowi Ulang Tahun ke-57, Ini 6 Fakta Menarik yang Harus Kita Tahu

Sebelum berganti nama menjadi Joko Widodo, Mulyono adalah namanya sewaktu kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tepat pada hari ini, Presiden Joko Widodo alias Jokowi merayakan ulang tahunnya yang ke-57.

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, ulang tahunnya tentu mengundang banyak perhatian dari masyarakat. Tak terkecuali dari kalangan selebriti yang banyak mengunggah ucapan selamat di akun sosial media mereka.

Selama ini, mungkin kita hanya mengenal Jokowi seputar pemerintahannya saja kan? Kali ini, yuk kita kenali fakta menarik tentang presiden kita ini!

Berasal dari Keluarga Sederhana

keluarga sederhana

foto: instagram.com/jokowi

Jokowi rupanya berasal dari keluarga sederhana, lho. Bahkan saat masih kecil, rumahnya sempat tiga kali mengalami penggusuran.

Meski dalam kesulitan, ia tak lantas menyerah bahkan mampu menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada.

Ia memulai karier politiknya dengan menjadi Wali Kota Surakarta pada tahun 2005 dan namanya mulai dikenal setelah dianggap berhasil mengubah wajah Kota Surakarta menjadi kota pariwisata, kota budaya, dan kota batik.

Anak Sulung

nax xulunk

foto: nasional.tempo.co

Tak heran kalau ia sudah terbiasa menjadi pemimpin, hal ini dikarenakan Jokowi merupakan anak sulung dari empat bersaudara.

Tak hanya itu, ia juga menjadi satu-satunya anak lelaki diantara 3 adik perempuannya. Fakta menarik lain, rupanya sebelum berganti nama menjadi Joko Widodo, Presiden kita ini memiliki nama kecil Mulyono.

Baca Juga: Inspiratif, 5 Wanita Ini Sukses Menjadi Pemimpin Negara

Pecinta Makanan Indonesia

makanan indonesia

foto: liputan6.com

Moms tentu penasaran bukan, kira-kira apa makanan yang menjadi kesukaan Jokowi? Ternyata makanan kesukaannya sangat Indonesia sekali, lho.

Koki Istana bahkan sempat membocorkan bahwa Jokowi sangat gemar sop ayam, soto mie, sop bayam hingga tumis pepaya.

Kalau urusan camilan, ia penggemar singkong goreng, jagung rebus, dan lento. Wah sangat sederhana sekali, ya.

Gemar Mengendarai Sepeda Motor

naikmotor

foto: kapanlagi.com

Mungkin sudah tak asing lagi di telinga bila Jokowi gemar mengendarai sepeda motor. Bahkan baru-baru ini, ia mengendarai sendiri sepeda motor chopper Royal Enfield Bullet untuk menyusuri jalan sejauh 20 kilometer.

Perjalanan itu dari depan kantor Kecamatan Bantar Gadung hingga Pantai Pelabuhan Ratu. Bahkan lengkap dengan atribut jaket denim dan sepatu bergambarkan logo grup band metal, Metallica.

Penggemar Musik Metal

metallica

foto: sebarr.com

Siapa sangka ternyata Jokowi seorang penggemar grup musik metal, Metallica. Hal ini terbukti ketika grup musik tersebut datang ke Indonesia, Jokowi menyempatkan diri untuk menghadiri konsernya.

Bahkan yang lebih uniknya lagi saat Perdana Menteri Denmark datang ke Indonesia, Jokowi diberikan album piringan hitam Metallica, lho.

Baca Juga: Retno Marsudi dan 4 Menteri Perempuan Indonesia yang Menarik Perhatian Publik

Presiden Gaul

ngevlog

foto: kitanesia.com

Predikat sebagai Presiden yang gaul dan kekinian nampaknya pantas disandangkan untuk Jokowi. Soalnya, saat ini sedang marak sekali orang membuat vlog atau videoblog.

Seolah tak mau kalah, Presiden kita ini bahkan telah beberapa kali membuat vlog. Bahkan ia pernah membuat vlog bersama vlogger ternama asal Amerika, Casey Neistat.

Memang banyak sekali hal menarik yang dapat diulas dari Presiden Joko Widodo, dari mulai makanan hingga hobinya. Namun yang pasti, kita doakan selalu agar ia selalu sehat dan dapat selalu memimpin negara ini dengan baik. Selamat ulang tahun, Pak Jokowi!

(MDP)

Artikel Terkait