KESEHATAN
12 November 2019

Jumlah Soda yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil, Seberapa Banyak?

Mengandung kafein yang tidak bisa dikonsumsi berlebihan.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Simak jumlah soda yang aman dikonsumsi ibu hamil yuk, Moms. Apalagi jika sebelum hamil Moms merupakan penyuka soda.

Banyak orang menjadikan soda sebagai pilihan setelah kopi. Ditambah lagi, ada mitos yang menyebutkan kalau soda bisa membantu ibu hamil untuk mengurangi rasa mual yang dialaminya.

Sayangnya, kedua-keduanya, hanya bisa dikonsumsi ibu hamil secara terbatas.

Selayaknya kopi, soda juga mengandung kafein sehingga konsumsinya sangat dibatasi bagi ibu hamil.

Padahal, kafein secara berlebihan pada ibu hamil sangat mungkin memicu keguguran, terutama pada trimester pertama.

Sebagian besar ahli menganjurkan Moms mengonsumsi tidak lebih dari 200 miligram kafein per hari.

Dalam setiap kalengnya, soda mengandung 71 miligram kafein, bahkan ada pula soda yang mengandung kafein di bawahnya. Apalagi saat ini sudah ada soda diet yang mengandung kafein hanya 47 gram saja.

Jika melihat jumlah kafeinnya saja, jumlah soda yang aman dikonsumsi ibu hamil adalah empat kaleng setiap harinya. Namun, tentunya ada pertimbangan lain, Moms.

Baca Juga: Ketahui 4 Jenis Minuman yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut Berikut Ini!

Kadar Aspartam di Dalam Soda

Jumlah Soda yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil, Seberapa Banyak 03.jpg

Foto: healthday.com

Selain kafein, masalah pemanis juga membuat soda menjadi masalah bagi ibu hamil, yang bisa mengakibatkan kelebihan berat badan. Bukan hanya pada sang ibu hamil, namun juga sang bayi. Bahkan, soda diet pun tetap mengandung pemanis buatan.

Oleh karena itu, terlalu sering mengkonsumsi minuman yang mengandung soda memiliki kaitan yang erat dengan peningkatan resiko kelebihan berat badan atau obesitas.

David Elmer, MD, seorang ob-gyn di Rumah Sakit Nantucket Cottage di Nantucket, Massachusetts mengatakan soda diet, yang mengandung pemanis buatan seperti aspartam, juga bisa mempengaruhi pertumbuhan janin.

"Sebuah studi dari 15 tahun lalu menunjukkan bahwa aspartam menyebabkan cacat lahir.

“Namun, jika dilihat dengan seksama, studi ini dilakukan kepada tikus percobaan yang lebih rentan mengalami cacat lahir. Tikus tersebut diberi dosis aspartam yang setara dengan apabila seorang ibu mengonsumsi 70 soda diet per hari," jelas Dr. Elmer.

Intinya, meminum soda ketika sedang hamil mungkin bukan hal yang baik, tapi juga bukan hal yang sangat buruk bagi ibu hamil. Dr Elmer mengatakan soda diet mungkin bisa jadi pilihan terbaik, namun, konsumsilah dalam jumlah yang sangat kecil.

“Tidak ada yang pasti jika membicarakan angka aman jumlah soda yang aman dikonsumsi ibu hamil. Namun, konsumsilah secukupnya. Tidak lebih dari satu kaleng soda diet dalam satu hari, dan jangan setiap hari juga,” kata Dr. Elmer.

"Sebagai gantinya, pilihlah secangkir kopi atau teh. Ingatlah untuk terus melacak jumlah kafein yang Anda konsumsi dalam sehari," kata Elisa Zied, MS, RD, CDN, ahli diet di New York City dan penulis Feed Your Family Right.

Baca Juga: Ngeri, Ini Sederet Efek Buruk Minuman Bersoda yang Bisa Pengaruhi Tingkah Laku Anak

Apabila Ibu Hamil Mengonsumsi Soda Berlebihan

Jumlah Soda yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil, Seberapa Banyak 02.jpg

Soda yang berlebihan pada masa kehamilan dikaitkan dengan kemampuan kemampuan kognitif yang buruk pada anak.

Penelitian menunjukkan, saat calon ibu mengonsumsi banyak gula, terutama dari minuman bersoda, anak-anak mereka memiliki kemampuan pemecahan masalah dan ingatan verbal yang lemah.

Anak-anak ini juga memiliki tingkat kecerdasan terkait pengetahuan verbal dan non-verbal yang lebih rendah.

Penelitian juga menemukan bahwa meminum soda saat kehamilan juga dikaitkan dengan kemampuan gerak, visual, dan spasial yang lemah pada saat anak berusia tiga tahun.

Saat menginjak usia 7 tahun, anak juga dilaporkan memiliki kemampuan verbal yang lebih buruk.

Mengutip The Daily Mail, soda yang mengandung banyak gula dan dikonsumsi ibu hamil mungkin membuat anak mereka lebih terkena asma saat berusia 7-9 tahun.

Dalam studi yang dipublikasikan pada Annals of the American Thoracic Society itu, peneliti menyimpulkan terdapat korelasi antara fruktosa dalam minuman manis dan soda yang berpotensi menimbulkan kelainan pada paru-paru.

Baca Juga: Soda dan Risiko Kanker yang Bisa Serang Tubuh Kita

Alternatif Soda yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Jumlah Soda yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil, Seberapa Banyak 01.jpg

Foto: pixabay.com

Kalau ibu hamil memang sangat ingin minum-minuman manis, lebih baik buatlah smoothies atau pressed juice yang tengah hits saat ini dan kalau bisa tanpa gula tambahan.

Namun, akan lebih baik lagi kalau lebih banyak minum air putih yang memang sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

Selain itu, ada pula susu yang diharapkan mampu membantu membuat tulang tetap kuat selama masa kehamilan.

Nah, Moms, itulah penjelasan tentang jumlah soda yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Sekarang, Moms lebih mengerti, ya?

(TPW/DIN)

Artikel Terkait