BALITA DAN ANAK
4 April 2020

7 Jenis Kacang-kacangan Ini Baik untuk MPASI Si Kecil

Yuk, berikan kacang-kacangan pada Si Kecil sedari dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ada banyak menu makanan yang bisa diolah jadi MPASI atau menu makanan pendamping ASI. Moms bisa menjadikan daging, sayur, ikan, hingga beragam jenis kacang-kacangan sebagai menu utama MPASI Si Kecil.

Di dalam deretan makanan tersebut mengandung banyak nutrisi yang bisa memaksimalkan tumbuh kembangnya.

"Di usia ini adalah waktu pokok untuk memacu pertumbuhan dan perkembangan otak anak, jadi kami ingin memastikan orang tua memberi mereka nutrisi terbaik," ungkap Jennifer Hyland, RD, CSP, LD, ahli diet anak, dikutip dari Cleveland Clinic.

Salah satu bahan utama yang terbaik untuk dijadikan MPASI adalah kacang-kacangan. Menurut rekomendasi baru-baru ini dari American Academy of Allergy, Asthma and Immunology, kacang-kacangan bisa mulai diperkenalkan kepada Si Kecil mulai dari usia 6 bulan.

Baca Juga: Bolehkah Bayi 6-12 Bulan Makan Selai Kacang?

Jenis Kacang-kacangan untuk MPASI Anak

Terdapat beberapa jenis kacang yang ternyata sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Moms hanya perlu pintar mengolahnya supaya enak disantap Si Kecil.

1. Kacang Tanah

kacang-kacangan untuk mpasi anak

Foto: Food Network

Banyak orang tua yang ragu memperkenalkan kacang ke bayi mereka dengan alasan takut alergi. Padahal Moms tidak akan tahu anak ada alergi kacang atau tidak jika tidak dicoba.

Selain itu, menurut penelitian dari jurnal Americam Academy of Pediatrics dikatakan bahwa memperkenalkan kacang sedini mungkin pada bayi bisa mengurangi risiko alergi kacang hingga 80 persen.

Pengenalannya bisa dilakukan lewat aneka bahan makanan yang mengandung kacang, seperti selai kacang hingga pasta kacang, bukan dari kacang utuh.

"Bayi tidak memiliki kemampuan untuk mengolah kacang utuh menjadi halus dan menelannya dengan benar sampai mereka memiliki molar," ujar Blake Papsin, spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan anak dan kepala otolaringologi di Rumah Sakit Anak Sakit di Toronto, dikutp dari Today Parents.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengenalkan Kacang-kacangan Ke Bayi?

2. Kacang Hijau

kacang-kacangan untuk mpasi anak

Foto: Medica News Today

Di dalam kacang hijau terdapat sederet nutrisi baik, mulai dari serat, protein nabati, karbohidrat, zat besi, fosfor, sodium, ribovlavin, kalsium, vitamin A, B6, C, E, K, dan mineral.

Kandungan tersebut dijamin akan menjaga imunitas tubuh bayi agar maksimal, membantu perkembangan otak dan daya ingat, dan membantu melawan bakteri. Olah kacang hijau jadi nasi tim, bubur kacang hijau, pure hingga agar-agar.

3. Edamame

kacang-kacangan untuk mpasi anak

Foto: Coolmomeats

Kandungan protein dan kalsium di dalam edamame mampu menunjang kebutuhan tubuh Si Kecil untuk memperkuat pertumbuhan tulangnya.

Si kecil juga akan mendapatkan nutrisi lain, seperti vitamin K, vitamin C, asam folat, mangan, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, hingga kalium.

Coba olah edamame jadi pure atau kondiment untuk menu makannya sehari-hari.

Baca Juga: Makan Kacang Saat Menyusui Tingkatkan Reaksi Alergi Bayi?

4. Almond

kacang-kacangan untuk mpasi anak

Foto: Firtscry Parenting

Almond termasuk jenis kacang-kacangan untuk MPASI anak yang direkomendasikan.

Di dalamnya terkandung riboflavin dan L-carnitine yang akan membantu meningkatkan aktivitas otak bayi dan mencegah terjadinya penyakit Alzheimer di masa depan.

5. Kacang Kedelai

kacang-kacangan untuk mpasi anak

Foto: China Daily

Ada kacang kedelai utuh yang bisa Moms sulap jadi pure atau bubur. Namun, ada juga kacang kedelai yang sudah diolah menjadi bahan makanan lain, seperti tahu hingga tempe.

Kedua menu tersebut juga bisa masuk ke dalam daftar menu MPASI Si Kecil.

6. Kacang Merah

kacang-kacangan untuk mpasi anak

Foto: Cookstr

Ada banyak olahan kacang merah untuk MPASI bayi yang bisa Moms coba.

Teksturnya yang lembuh dan empuk membuat kacang merah bisa dinikmati Si Kecil dengan mudah.

Di dalamnya terkandung protein nabat, zat besi, dan serat yang tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan anak.

Baca Juga: Bergizi dan Mudah Dibuat, Ini Resep Mpasi Kacang Kapri untuk Bayi 8 Bulan

7. Kacang Polong

kacang-kacangan untuk mpasi anak

Foto: Daily Mail

Kacang polong jadi salah satu kacang andalan para ibu untuk diberikan pada bayi.

Di dalamnya terkandung vitamin K, asam folat, dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan bayi, seperti membangun imun tubuh, melancarkan pencernaan, dan baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Kini, Moms tinggal pintar-pintar mencari dan memilah menu kacang-kacangan untuk MPASI anak. Selamat mencoba!

Artikel Terkait