RUPA-RUPA
10 April 2020

Kacang Pistachio dan Berbagai Manfaatnya

Bisa meningkatkan gairah seksual
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Siapa yang tidak suka kacang pistachio? Pistachio merupakan camilan sehat yang paling mudah dibawa bepergian ke manapun.

Pistachio kaya akan serat, protein, vitamin, lemak sehat, dan antioksidan. Mereka adalah kacang-kacangan yang padat nutrisi dengan kandungan lemak rendah.

Tidak hanya enak dijadikan sebagai camilan, ternyata beberapa penelitian menyatakan bahwa kacang ini dapat membantu penurunan berat badan, meningkatkan bakteri flora usus, dan mengatur kadar glukosa darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Kulit Jeruk yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kacang Pistachio

Berikut ini adalah beragam manfaat yang kacang pistachio berikan untuk kesehatan.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat kacang pistachio

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan jurnal Dietary Fiber and Body Weight, kacang pistachio mengandung serat. Asupan serat dapat meningkatkan rasa kenyang dan, pada akhirnya, membantu penurunan berat badan.

Kacang ini juga memiliki efek menguntungkan pada kandungan trigliserida. Mereka dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat untuk menurunkan berat badan, tanpa harus khawatir dengan kandungan lemaknya.

2. Meningkatkan Kesehatan Usus

manfaat kacang pistachio

Foto: nuts.com

Serat dalam pistachio bermanfaat membantu pencernaan dan mencegah sembelit.Bakteri usus memfermentasi serat ini dan menghasilkan asam lemak rantai pendek, yang memiliki beberapa manfaat.

Dapat mencegah kanker usus besar dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Butyrate adalah salah satu asam lemak rantai pendek yang bermanfaat, dan konsumsinya meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Usus, Yuk Dicoba

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat kacang pistachio

Foto: Orami Photo Stock

Pistachio dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan meningkatkan kadar lemak sehat jantung. Mereka juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Pistachio menurunkan kadar lipoprotein, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung . Diet yang mengandung kacang-kacangan ini juga ditemukan menurunkan kadar tekanan darah. Kacang mengandung arginin, asam amino. Arginin juga ditemukan menurunkan tekanan darah.

4. Mengobati Diabetes

manfaat kacang pistachio

Foto: health.clevelandclinic.org

Kadar glukosa ditemukan lebih rendah dengan konsumsi kacang pistachio. Kacang-kacangan juga meningkatkan kadar peptida, hormon yang mengatur kadar glukosa pada penderita diabetes.

Jurnal dalam U.S. National Library of Medicine menyatakan bahwa asupan makanan kacang pistachio bermanfaat untuk memberikan efek positif pada kontrol glikemik, tekanan darah, peradangan, dan obesitas pada individu dengan diabetes.

Baca Juga: Yuk Ketahui 5 Mitos dan Fakta Seputar Diabetes Pada Anak

5. Melawan Peradangan

manfaat kacang pistachio

Foto: verywellhealth.com

Kacang pistachio dipercaya dapat melawan peradangan. Bioaktif yang ada dalam pistachio dapat membantu melawan peradangan.

Properti anti-inflamasi ini dapat digunakan untuk terapi. Pistachio juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Beberapa percaya bahwa kacang ini dapat membantu melawan peradangan.

6. Meningkatkan Kesehatan Seksual

manfaat kacang pistachio

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kacang pistachio ternyata dapat meningkatkan kesuburan. Pistachio dapat bertindak sebagai afrodisiak.

Makan segenggam kacang setiap hari selama tiga minggu terbukti meningkatkan gairah seks pada pria. Mengutip jurnal Nutrients, arginin, fitosterol, dan antioksidan dalam kacang telah terbukti membantu mengobati disfungsi ereksi.

Itu dia Moms beragam manfaat dari kacang pistachio

Artikel Terkait