3-12 BULAN
18 Maret 2020

6 Ide Kado Mainan untuk Anak 1 Tahun

Temani aktivitas Si Kecil dengan mainan yang tepat
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Memberikan kado untuk Si Kecil tentu akan membuatnya bahagia. Apalagi jika kado tersebut adalah mainan yang disukainya.

Namun, Moms sepertinya harus mempertimbangkan hal lain selain kesenangan. Contohnya, apakah mainan tersebut bermanfaat atau tidak.

Menemukan hadiah terbaik untuk anak berusia 1 tahun mungkin terdengar mudah. Hal itu karena kegiatan favorit pada usia 1 tahun termasuk mendorong dan menarik, menyatukan dan memisahkan, dan memindahkan barang masuk dan keluar dari kotak.

"Ini adalah waktu yang sangat aktif," kata Tovah Klein, direktur Barnard College Center for Toddler Development dan penulis ‘How Toddlers Thrive’.

“Anak-anak berusia 1 tahun juga berlatih berbicara dan mengenali kata, sehingga mereka siap untuk buku yang mengajarkan kata-kata. Dalam mainan, cari berbagai tekstur yang dapat mereka jelajahi dengan tangan mereka,” kata Marie Conti, kepala The Wetherill School di Gladwyne, Pennsylvania, dan anggota dewan American Montessori Society.

Baca Juga: 7 Permainan Anak untuk Pesta Ulang Tahun Si Kecil

Ide Kado untuk Anak 1 Tahun

Masih mencari kado untuk anak 1 tahun? Coba cari dengan kriteria di bawah ini Moms!

1. Mainan yang Menimbulkan Suara

kado untuk anak 1 tahun.jpg

Foto: urgensi.com

Mainan yang memiliki suara bisa jadi kado bagi anak 1 tahun. Si Kecil akan tertarik untuk memainkannya dan akan merasa senang saat mendengar suara dari hasil pukulannya atau pijatannya pada mainan tersebut.

Mainan alat musik ini bisa dimainkan sendiri atau dimainkan bersama saat playdate bersama anak kecil lainnya. Suara-suara yang dihasilkan tak jarang akan diikuti oleh Si Kecil juga lho, Moms.

Pilihlah mainan yang suaranya bisa diatur dan dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

2. Sensory Block

kado untuk anak 1 tahun 2.jpeg

Foto: sheknows.com

Sensory block dapat menjadi alat untuk berimajinasi juga bereksperimen dengan bentuk.

Tangannya juga akan ikut berkembang karena terus bergerak untuk menemukan bentuk yang diinginkan.

3. Puzzle

kado untuk anak 1 tahun 5.jpg

Foto: pigtailpals.com

Selanjutnya, puzzle adalah ide kado yang tepat untuk anak berusia 1 tahun. Dilansir dari Penfield Building Blocks, puzzle dapat meningkatkan perkembangan kognitif buah hati, motorik, koordinasi mata dan tangan, serta memorinya.

Merangkai puzzle akan membuat imajinasi Si Kecil ikut berkembang. Meski awalnya seperti kebingungan, namun saat menemukan bahwa apa yang disusunnya memiliki gambar utuh, ia akan merasa bahagia.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Alat Musik untuk Anak, Banyak Manfaatnya!

4. Buku Bersuara dan Bertekstur

kado untuk anak 1 tahun 4.jpg

Foto: coolmompicks.com

Selain dapat memperkenalkan kosakata kepada Si Kecil, buku dengan model ini akan menarik anak karena memiliki suara sesuai dengan gambarnya. Misalnya, Moms memilih buku tentang binatang, isinya akan mengenalkan suara binatang.

Ada juga buku yang memperkenalkan beragam tekstur untuk dirasakan oleh Si Kecil. Ini akan menjadi kado yang menyenangkan untuk anak 1 tahun.

Jadi, Moms harus menambahkan fitur sensorik atau fitur mobilitas ke dalam mainan.

“Otak bayi berkembang sangat cepat - sekitar sejuta koneksi saraf per detik,” kata Sarah MacLaughlin, pakar pengembangan anak, penulis, dan penulis senior di Zero to Three.

5. Mainan Building

kado untuk anak 1 tahun 3.jpg

Foto: littlerockfamily.com

Anak sangat menikmati permainan menumpuk, menjatuhkan, dan memukul benda-benda, mengosongkan wadah dan mengisinya kembali.

National Association for the Education of Young Children memaparkan bahwa banyak sekali manfaat mainan balok bangunan, di antaranya:

  • Penyelesaian masalah
  • Imaginasi
  • Mengekspresikan diri
  • Matematika
  • Konsistensi
  • Kreativitas
  • Sains
  • Kepercayaan diri
  • Peningkatan emosinal dan sosiall
  • Perkembangan motorik

Moms bisa memilih set tabung yang memungkinkan anak-anak untuk bereksperimen bahkan saat mandi.

Set balok kayu yang berwarna-warni sering dapat ditemukan di ruang kelas Montessori.

Mainan balok ini dapat ditumpuk, diseimbangkan, dan dikombinasikan dengan yang lain untuk membuat pemandangan kota imajiner dengan jembatan dan bangunan, atau hanya untuk bereksperimen dengan tekstur dan gravitasi.

6. Mainan yang Dapat Didorong

kado untuk anak 1 tahun 6.jpg

Foto: mocka.co.nz

Pada usia 1 tahun, anak-anak ada yang baru saja mulai belajar berjalan, jadi mereka tertarik pada mainan yang bisa berjalan bersama mereka dan mendorong mereka untuk terus berjalan.

Jika biasanya anak mendorong kursi atau meja, Moms bisa memberikan kado mainan yang bisa didorong untuknya.

Selain akan menemani Si Kecil belajar berjalan, mainan ini biasanya juga dilengkapi dengan beberapa tombol yang memiliki suara yang menarik sebagai hiburan saat ia mulai merasa capek berjalan di sekitar rumah.

Baca Juga: 7 Mainan untuk Membantu Perkembangan Anak Autis

Bagaimana Moms, mana kado untuk anak 1 tahun yang akan Moms beli? Selain memberi hiburan, mainan-mainan tersebut juga bermanfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil, lho!

Artikel Terkait