KESEHATAN
18 Januari 2018

Kaitan Hernia dan Disfungsi Seksual, Benarkah Memicu Kemandulan pada Pria?

Apa iya bisa membuat mandul?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Hernia lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Karena hernia terletak lebih dekat pada testis, maka muncul persepsi bahwa kondisi itu mungkin memengaruhi kesuburan pria.

Apakah operasi hernia menyebabkan masalah disfungsi seksual? Bahkan meskipun tidak menimbulkan masalah disfungsi seksual, apakah hernia akan memengaruhi kesuburan pria? Simak penjelasan berikuti ini.

Baca: Ini Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Kesuburan

Jenis-jenis Hernia

Hernia terjadi ketika organ di area perut yang menonjol melalui dinding jaringan yang dimaksudkan untuk melindunginya agar tetap berada pada tempatnya. Hernia biasanya melibatkan buah zakar (testis).

Ada berbagai jenis hernia testis, yaitu:

Hernia inguinalis: Hernia yang terjadi di saluran inguinalis (paling umum)

Hernia femoralis: Hernia yang terjadi di saluran femoralis

Hernia velpeau: Hernia yang terjadi di depan pembuluh darah femoralis (jarang terjadi)

Bila terjadi hernia testis, sering kali memengaruhi sebagian usus yang dekat ke organ tubuh lainnya. Pada kasus yang parah, usus besar mungkin akan turun ke skrotum pasien.

Tanda dan gejala hernia yang umum termasuk rasa sakit saat mengangkat benda atau batuk, menonjol di sekitar area tulang panggul, dan sensasi berat di daerah selangkangan.

Operasi biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yang memastikan organ internal kembali ke posisi semula dan dinding saluran yang menonjol akan diperbaiki dan diperkuat.

Baca Juga : 6 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Apa Penyebab dan Faktor Risiko Hernia?

Setiap kondisi yang meningkatkan tekanan rongga perut dapat menyebabkan pembentukan atau pembengkakan hernia. Contohnya termasuk:

  1. Kegemukan (obesitas)
  2. Sering mengangkat berat
  3. Bbatuk parah
  4. Penyakit paru kronis
  5. Tegang selama buang air besar atau buang air kecil
  6. Cairan di rongga perut
  7. Riwayat keluarga

Baca Juga : 9 Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Kesuburan Pria

Hernia dan Disfungsi Seksual

Disfungsi seksual bisa mengacu pada banyak faktor. Dalam hal ini terutama berarti ketidakmampuan penis laki-laki untuk mempertahankan ereksi atau disfungsi ereksi. Hernia tidak dapat memengaruhi kemampuan pria untuk mengalami ereksi.

Hernia juga tidak menekan pembuluh darah yang mengendalikan ereksi. Namun hernia yang cukup besar bisa mengganggu fungsi seksual dan ereksi penis.

Baca Juga : Masalah Reproduksi Ini Penyebab Infertilitas Pria!

Operasi Hernia dan Kesuburan Pria

Larry Lipshultz, M.D dari Baylor College of Medicine Scott Department of Urology menyatakan, meskipun tergantung pada sifat hernia dan sifat operasi yang dialami pasien, dalam beberapa kasus, vas deferens (saluran yang mengangkut sperma dari testis ke uretra) mungkin rusak oleh hernia itu sendiri atau karena prosedur operasi, yang memengaruhi aliran sperma saat ejakulasi.

Hal inilah yang bisa membuat pria lebih sulit untuk membuahi melalui hubungan seksual, bahkan meskipun kondisi kesehatan mereka sangat prima.

Meskipun operasi hernia dapat menyebabkan infertilitas pria pada beberapa pasien, yakinlah bahwa risiko terjadinya ini sangat rendah, dan teknologi medis modern dan teknik bedah telah mengurangi kemungkinan risiko dan komplikasi serius.

(ROS)

Sumber: springfieldwellnesscentre.com, healthymerlin.com, emedicinehealth.com

Artikel Terkait