PARENTING
26 Juli 2019

Kakek Nenek Kurang Perhatian Pada Cucu, Ini Cara Mengatasinya

Kedekatan hubungan kakek nenek harus dijaga
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Pada umumnya, kakek dan nenek mempunyai hubungan yang dekat dengan cucu-cucu mereka. Dapat terbukti dari jadwal rutin kunjungan ke rumah kakek nenek setiap hari libur atau ketika ada momen spesial, kakek nenek yang kerap membelikan hadiah atau memberi jajanan yang disukai oleh cucunya, atau momen ketika kakek nenek yang turut serta dalam proses perkembangan anak karena sering bersama.

Nyatanya, setiap anak memerlukan kasih sayang dan perhatian dari orang-orang terdekatnya, terutama keluarga. Tak hanya orang tua, anak memerlukan kasih sayang dari kakek dan neneknya. Namun, pada beberapa kondisi, ada kakek nenek yang kurang perhatian pada cucunya.

Tentunya ini bukan berarti kakek nenek tidak menyayangi cucunya, namun biasanya ada banyak alasan yang menyebabkan kakek nenek kurang perhatian pada cucunya.

“Kakek dan nenek yang menjadi figur jauh bagi cucunya dapat menyebabkan ia kurang perhatian pada cucunya. Biasanya kondisi ini terjadi karena faktor jarak yang jauh dan hanya bertemu sesekali dengan cucunya,” ujar psikolog klinis, Pramudita Tungga Dewi, pada Kulwap Orami Community, Jumat (21/6) lalu.

Baca Juga: 5 Kegiatan Yang Dapat Mendekatkan Anak dengan Kakek Nenek

Namun, biasanya tipe kakek nenek di atas tetap mencari cara agar tetap mengetahui perkembangan cucunya. Lain lagi dengan tipe the bottom line, yaitu ketika kakek nenek kurang perhatian pada cucunya.

“Tipe kakek-nenek ini memang kurang perhatian pada cucunya. Mereka juga tidak memikirkan cara untuk meningkatkan kedekatan dengan cucu mereka. Sehingga mereka terlihat kurang peduli terhadap apa pun yang dilakukan cucu mereka,” lanjut psikolog Pramudita menjelaskan.

Lalu, adakah cara untuk mengatasi kondisi ini? Tentunya membutuhkan kerja sama antara Moms dan pasangan untuk mendekatkan kembali kakek nenek dengan cucunya. Beberapa hal ini dapat dicoba agar hubungan kakek nenek dengan cucunya kembali terjalin dengan baik.

Baca Juga: Kakek Nenek Sering Belikan Cucu Hadiah, Ini Dampak Buruknya Pada Anak

Kakek Nenek Kurang Perhatian Pada Cucu? Perbaiki Komunikasinya

Kakek-Nenek Kurang Perhatian pada Cucu, Ini Cara Mengatasinya-1.jpg

Komunikasi adalah komponen penting dalam membangun hubungan, termasuk komunikasi antar keluarga. Di dalam membangun kedekatan antara kakek nenek dengan cucunya, dibutuhkan komunikasi yang efektif pula.

Faktor jarak bukan menjadi penghalang bagi kakek nenek untuk mengetahui kondisi cucunya karena sekarang teknologi komunikasi sudah semakin berkembang dengan canggih.

“Misalkan anak sedang sakit, Moms dan pasangan dapat memberitahukan kepada kakek neneknya. Jika perlu, sertakan foto atau video ketika anak mengalami hal tersebut. Hal ini dapat membuat kakek-nenek menerima informasi yang benar-benar nyata. Selain itu, mereka juga merasa dilibatkan dalam proses perkembangan anak,” ungkap psikolog Pramudita yang aktif praktik sebagai associate di APDC (Analisa Personality Development Center).

Komunikasi yang efektif dan berjalan lancar membuat hubungan kakek-nenek dengan cucunya dapat terbina dengan baik dan akhirnya semakin dekat ke depannya.

Baca Juga: 3 Cara Cegah Sikap Manja Cucu pada Kakek-Neneknya

Membuat Kegiatan Bersama Agar Lebih Dekat

Kakek-Nenek Kurang Perhatian pada Cucu, Ini Cara Mengatasinya-2.jpg

Rasanya sangat menyenangkan ketika anak melakukan aktivitas yang ia suka bersama-sama dengan orang tua serta kakek neneknya, ya. Nah, cara ini bisa Moms coba lakukan untuk menjalin kedekatan antara kakek-nenek dengan cucunya.

Luangkan waktu seperti di hari libur sekolah anak untuk melakukan aktivitas tersebut. Pastikan juga Moms dan pasangan selalu memantau tindakan anak agar tetap pada aturan keluarga.

Kegiatan yang dilakukan bersama dapat lebih menguatkan hubungan dan mengenal satu sama lain. Kakek nenek dapat memahami aturan dan pola asuh orang tua, begitu pula dengan orang tua memahami cara interaksi kakek nenek dengan anak mereka.

Sehingga semakin lama kakek nenek dan orang tua dapat menyesuaikan satu sama lain. Cara ini juga membangun kedekatan antara kakek-nenek dengan cucunya.

(DG)

Artikel Terkait